Bola & Sports
·
15 September 2021 18:17
·
waktu baca 3 menit

Teknik Dasar dalam Permainan Bola Voli, Ini Penjelasannya

Konten ini diproduksi oleh Info Sport
Teknik Dasar dalam Permainan Bola Voli, Ini Penjelasannya (150447)
searchPerbesar
Ilustrasi Permainan Voli (Sumber: Pexels)
Teknik dasar dalam permainan bola voli harus dikuasai dan dipahami oleh setiap pemain pemula. Meski terbilang sulit, teknik tersebut dapat memengaruhi permainan.
ADVERTISEMENT
Olahraga yang termasuk dalam jenis cabang olahraga bola besar ini dimainkan secara berkelompok. Voli diciptakan oleh oleh William G. Morgan, yaitu seorang pengajar pendidikan jasmani di Young Men Christian Association (YMCA) di Kota Holyoke, Amerika Serikat.
Olahraga yang awalnya bernama "minonette" ini ternyata menyita perhatian masyarakat. Terlebih, ada berbagai aksi menawan yang kerap dipertunjukkan oleh para pemain profesional saat bertanding.
Dikutip dari buku Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (2018) terbitan Kemendikbud, secara umum terdapat lima teknik dasar bola voli yang perlu dikuasai oleh setiap pemain.
Kali ini, Info Sport akan sebutkan teknik dasar dalam permainan bola voli yang perlu dikuasai.

Teknik Dasar dalam Permainan Bola Voli

Supaya kamu makin memahami permainan bola voli beserta teknik permainannya, berikut ini adalah teknik gerak dasar dalam permainan bola voli:
ADVERTISEMENT

1. Servis

Teknik Dasar dalam Permainan Bola Voli, Ini Penjelasannya (150448)
searchPerbesar
Ilustrasi Servis (Sumber: pixabay.com)
Servis merupakan teknik pertama yang harus dikuasai oleh pemain voli. Teknik servis dapat diartikan sebagai gerakan atau pukulan awal yang menandai dimulainya permainan voli.
Servis sendiri terdiri dari beberapa macam teknik, yaitu servis bawah, servis mengapung (floating overhand), overhand round-house service (hook service), dan jumping service.

2. Passing Bawah

Teknik Dasar dalam Permainan Bola Voli, Ini Penjelasannya (150449)
searchPerbesar
Ilustrasi Passing Bawah (Sumber: pexels.com)
Teknik dasar passing bola voli ini berfungsi untuk menerima, menahan, dan mengendalikan bola servis yang dilambungkan oleh lawan.
Seperti namanya, passing bawah dilakukan dengan posisi tangan berada di bawah, baik menggunakan satu tangan atau dua tangan. Teknik tersebut biasa digunakan sebagai benteng pertahanan untuk menahan smash dari tim lawan.

3. Passing Atas

Teknik ini digunakan untuk mengambil bola yang melambung di atas. Passing atas juga berfungsi untuk memberikan umpan kepada pemain yang ingin memulai serangan.
ADVERTISEMENT
Passing atas umumnya memposisikan tangan setinggi wajah pemain dengan jari-jari tangan yang terbuka lebar dan membentuk mangkuk.
Supaya teknik ini berjalan mulus, maka dibutuhkan kerja sama tim yang sempurna untuk melakukannya.

4. Smash

Teknik Dasar dalam Permainan Bola Voli, Ini Penjelasannya (150450)
searchPerbesar
Ilustrasi Smash (Sumber: pexels.com)
Teknik smash digunakan untuk menyerang ke area pertahanan lawan. Caranya adalah dengan memukul bola bagian atas dengan cepat dan kencang.
Pada penerapannya, teknik yang satu ini membutuhkan kekuatan otot lengan dan telapak tangan yang kuat.
Tak hanya itu, smash pun tak harus memukul bola dengan cepat dan kencang. Beberapa pemain bola voli pun juga menggunakan teknik ini dengan sentuhan yang lembut untuk membuat pertahanan tim lawan menjadi lengah, sehingga sulit mengembalikan smash tersebut.

5. Blocking

Teknik blocking digunakan untuk menghalangi dan menahan bola dari serangan lawan.
ADVERTISEMENT
Umumnya, pemain yang memiliki postur tubuh tinggi ditugaskan untuk melakukan teknik blocking. Biasanya, teknik ini dapat dikerjakan oleh satu hingga tiga pemain.
Hal itu dilakukan agar menutup serangan lawan, kemudian bola tetap tertahan atau memantul kembali ke area permainan tim lawan.
Demikian teknik dasar dalam permainan bola voli yang bisa kamu pelajari dan kuasai dengan mudah.
(ANH)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white