5 Tips Penting Perencanaan Keuangan Cocok untuk Single dan Keluarga

Konten Media Partner
25 November 2022 18:38
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Sumber: www.alinea.id
zoom-in-whitePerbesar
Sumber: www.alinea.id
ADVERTISEMENT
Untuk sebagian orang merencanakan dan mengatur keuangan itu hal yang sangat penting, karena dengan merencanakan keuangan kita tahu bagaiman uang masuk dan uang keluar yang kita gunakan apakah sudah seimbang, atau kita malah boros.
ADVERTISEMENT
Perencanaan keuangan tidak perlu kamu buat pusing. Zaman digital sudah banyak aplikasi bertebaran bagaimana cara mengatur keuangan. Yang terpenting adalah pencatatan yang rinci dan konsisten. Yuk, simak 5 tips perencanaan keuangan yang bisa kamu tiru dalam hal mengatur pengeluaran dan pemasukan kamu.
  1. Hitung dan catat total semua pendapatan
Ini hal yang penting, agar kamu bisa mengetahui dan membagi-bagi keuangan tersebut jadinya setiap bulan kamu tahu pendapatan kamu apakah sesuai dengan pengeluarannya setiap bulan.
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
  1. Buat anggaran pengeluaran setiap bulan
Bahkan anggaran kamu membeli sayur saja harus kamu catat, agar seimbang tentunya. Dengan begini kamu tahu pengeluaran dalam sebulan apakah kamu boros atau hemat.
  1. Tentukan skala prioritas
Jangan abaikan hal-hal yang prioritas seperti biaya sekolah anak, rumah, dan lainnya. Pastikan kamu mengutamakan yang prioritas terlebih dahulu.
ADVERTISEMENT
  1. Siapkan dana darurat
Kejadian atau musibah memang tidak tahu kapan terjadi, tidak ada salahnya kamu mempersiapkan dana darurat seperti dana untuk berobat, atau dana untuk kebutuhan mendesak lainnya.
  1. Menghindari utang
Agar pengeluaran dan pemasukan tetap seimbang tidak ada salahnya kita menghindari utang, agar setiap bulannya pengeluaran kamu bisa kondisikan, apa lagi jika kamu berutang dalam waktu jangka lama. Alangkah baiknya menghindari hutan agar hidupmu damai.