News
·
18 Mei 2021 15:21

Pendatang Masuk Kotawaringin Barat Wajib Karantina 5 Hari

Konten ini diproduksi oleh InfoPBUN

Selain wajib swab PCR bagi pendatang yang menggunakan jalur laut dan udara, aturan terbaru wajibkan karantina selama 5 hari.

Pendatang Masuk Kotawaringin Barat Wajib Karantina 5 Hari (407711)
searchPerbesar
Edaran terakit pendatang yang masuk ke Kotawaringin Barat, wajib karantina 5 hari.
InfoPBUN, KOTAWARING BARAT- Pemerintah Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, masih mewajibkan warga pendatang yang masuk ke wilayah Kotawaringin Barat untuk jalur udara dan laut menunjukkan surat bebas COVID-19 berupa swab PCR. Selain itu aturan terbaru pemda Kotawringin Barat mewajibkan warga pendatang menjalani karantina selama 5 hari.
ADVERTISEMENT
Hal tersebut menindaklanjuti Surat Edaran (SE) Gubernur Kalimantan Tengah No. 443.1/61/Satgas COVID-19 tangga 6 Mei 2021 perihal Petunjuk Perjalanan Orang Dalam Masa Pandemi COVID-19 di Provinsi Kalimantan Tengah. Dan berdasarkan hasil rapat satgas penanganan COVID-19 di Kotawaringin Barat pada tanggal 17 Mei 2021. Surat Edaran pelaku perjalana dari luar provinsi Kalimantan Tengah yang masuk wilayah Kotawaringin Barat wajib melakukan karantina 5x24 jam.
Surat Edaran bertanda tangan Bupati Kotawaringin Barat, Nurhidayah, tersebut berisi 5 poin penting bagi pelaku perjalanan yang masuk ke wilayah Provinsi Kalimantan Tengah, termasuk Kotawaringin Barat sebagi berikut.
  1. Bagi perusahaan diwajibkan menyiapkan ruangan karantina beserta fasilitasnya.
  2. Fasilitas ruang karantina yang disiapkan oleh perusahaan akan dicek oleh Satgas COVID-19 terkait kelayakan dan ketersediaanya.
  3. Perusahaan wajib melaporkan jumlah/kapasitas ruang karantina, jumlah tenaga kerja yang datan dan tanggal kedatangan kepada Satgas COVID-19 baik tingkat Kecamatan dan Kabupaten.
  4. Perusahaan yang belum siap atau belum memiliki fasilitas karantina agar menggunakan hotel atau penginapan yang direkomendasikan oleh Pemda dengan biaya ditanggung perusahaan atau pelaku perjalanan.
  5. Bagi pelaku perjalanan yang bukan karyawan swasta, wajib melapor kepada ketua RT, dan melaksanakan karantina mandiri selama 5x24 jam serta dalam pengawasan satgas.
ADVERTISEMENT