News
·
29 Juli 2021 10:35
·
waktu baca 2 menit

Teh Bunga Telang, Minuman Kesehatan Kaya Manfaat

Konten ini diproduksi oleh InfoPBUN
Teh Bunga Telang, Minuman Kesehatan Kaya Manfaat (660202)
searchPerbesar
Kepala Desa Pandu Senjaya Jumilan bersama pengurus PKK desa saat mempromosikan teh bunga telang./InfoPBUN:IST
InfoPBUN, KOTAWARINGIN BARAT - Supaya terhindar dari berbagai penyakit, selain menerapkan pola hidup kesehatan, masyarakat juga perlu menjaga imunitas tubuh agar senantiasa selalu fit.
ADVERTISEMENT
Sistem imun akan berkerja dengan baik apabila ditunjang dengan pemenuhan nutrisi melalui makanan dan minuman yang menyehatkan.
Teh bunga telang merupakan salah satu minuman kesehatan yang kaya manfaat, dan bisa menyembuhkan berbagai penyakit.
Minuman teh ini berasal dari ekstrak bunga telang. Bunga telang merupakan jenis tanaman merambat dengan warna bunga biru keunguan. Bunga inilah yang nantinya dijadikan teh setelah melalui proses pengolahan.
Di Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah salah satu produsen teh bunga telang yakni berada di Desa Pandu Senjaya, Kecamatan Pangkalan Lada. Dipelopori oleh tim penggerak PKK desa setempat, teh bunga telang kini mulai banyak diburu oleh masyarakat.
Kepala Desa Pandu Senjaya, Kamis (29/7/) mengatakan sejumlah warga di desanya selama kurun waktu satu tahun terakhir mulai membudidayakan bunga telang di pekarangan rumah.
ADVERTISEMENT
"Sekitar 1 (satu) tahun yang lalu. Saat itu ada warga kami yang sakit, saran dokter untuk membiasakan minum seduhan kembang telang," ujarnya.
Lanjut Jumilan, melalui anggota PKK di desanya, warga mulai membudidayakan bunga telang sebagai tanaman pekarangan.
"Ternyata ada beberapa orang sembuh. saat itu orang-orang ini memesan (bibit) dari jawa. kemudian saat saya ada pertemuan dgn ibu-ibu PKK saya sampaikan ternyata di desa kami sudah ada yang menanam dan saya coba memperbanyak tanaman itu," terang Jumilan.
Kades Pandu Senjaya menambahkan, rajin mengkonsumsi teh bunga telang berkhasiat menyehatkan tubuh sekaligus berfungsi sebagai obat herbal.
"Untuk khasiatnya yang kami tahu mengobati kanker payu dara, kolestrol, dan lain-lain," imbuhnya.
Pemerintah desa setempat kini telah menjadikan teh bunga telang sebagai produk unggulan desa.
ADVERTISEMENT
Bagi masyarakat yang berminat bisa menghubungi pemerintah desa maupun pengurus PKK Desa Pandu Senjaya.
"Dan saat ini saya jadikan produk unggulan desa yang sudah diketahui PKK Kabupaten Kobar. Kalau ada yang pesan sangat gampang sekali. Di buka lapak desa sudah ada nomer hp desa yg bisa di hubungi. Terbukti sudah ada dari luar desa yang memesan ke kami," tandasnya.