Konten dari Pengguna

191 Contoh Pantun Nasehat yang Menenteramkan Hati

Inspirasi Kata
Menyajikan artikel berisi kata-kata, kutipan, dan kalimat yang menginspirasi pembaca.
5 Mei 2024 12:53 WIB
·
waktu baca 20 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Inspirasi Kata tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi contoh pantun nasehat, Pexels/Designecologist
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi contoh pantun nasehat, Pexels/Designecologist
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pantun merupakan salah satu bentuk budaya dan karya sastra yang dituturkan secara turun temurun. Pantun memiliki beberapa jenis, salah satunta adalah pantun nasehat. Contoh pantun nasehat dapat dijadikan salah satu media untuk bertutur.
ADVERTISEMENT
Nasehat adalah ajaran atau pelajaran baik. Nasehat juga dapat berupa anjuran, petunjuk, peringatan, dan teguran yang baik. Ajaran ini dapat disampaikan secara langsung maupun tidak langsung. Salah satu cara menyampaikannya adalah melalui media pantun.

Pengertian Pantun

Ilustrasi contoh pantun nasehat, Pexels/Anna Tarazevich
Pantun merupakan salah satu jenis puisi lama. Pantun tersebar dalam berbagai bahasa di sekitar daerah Asia Tenggara, terutama Melayu. Karya seni ini mendapat pengakuan dari UNESCO sebagai warisan budaya tak benda pada tahun 2020.

1. Persebaran Pantun di Asia Tenggara

Kesamaan rumpun budaya di Indonesia menyebabkan pantun tersebar ke berbagai daerah. Berikut adalah nama lain pantun dalam bahasa-bahasa di Indonesia.

2. Ciri-ciri Pantun

Pantun memiliki ciri yang membedakannya dengan jenis karya sastra lain. Berikut adalah ciri-ciri pantun.
ADVERTISEMENT

Jenis Pantun

Ilustrasi contoh pantun nasehat, Pexels/Thought Catalog
Pantun dapat dibagi menjadi dua jenis berdasarkan baris dan isi. Berikut adalah pembagian jenis pantun berserta penjelasannya.

1. Berdasarkan Baris

Pantun terdiri dari 2,4,8,10,12 dan 14 berdasarkan barisnya. Ada juga pantun yang terdiri dari 16,18 dan 20 baris, namun sangat jarang. Pantun 2 baris disebut juga sebagai karmina, pantun kilat atau pantun dua serangkai.

2. Berdasarkan Isi

Jenis pantun yang kedua dapat dibagi berdasarkan isinya. Pantun jenis ini digolongkan mengikuti isi yeng terdapat setelah sampiran. Berikut adalah jenis pantun berdasarkan isinya.
ADVERTISEMENT

Contoh Pantun Nasehat

Ilustrasi contoh pantun nasehat, Pexels/Jess Bailey Designs
Terdapat berbagai pantun yang dapat digunakan untuk menyampaikan nasehat. Berikut adalah contoh pantun nasehat yang menenteramkan hati.

1. Pantun Nasehat Kesehatan

Pantun nasehat kesehatan berisi nasehat mengenai kesehatan dan cara menjaganya. Berikut adalah contoh pantun nasehat kesehatan.
ADVERTISEMENT

2. Pantun Nasehat Kesuksesan

Pantun nasehat kesuksesan dibuat untuk menginspirasi seseorang agar sukses. Berikut adalah contoh pantun nasehat kesuksesan.
ADVERTISEMENT

3. Pantun Nasehat Kehidupan

Pantun nasehat kehidupan dapat diberikan kepada kaum muda yang sedang merintis usaha agar lebih semangat. Berikut adalah pantun nasehat kehidupan.
ADVERTISEMENT

4. Pantun Nasehat Percintaan

Pantun nasehat percintaan dapat diberikan kepada pemuda yang sedang jatuh cinta. Berikut adalah pantun nasehat percintaan.
ADVERTISEMENT

5. Pantun Nasehat Pendidikan

Pantun nasehat pendidikan dapat diberikan kepada anak yang sedang belajar agar lebih semangat. Berikut adalah pantun nasehat pendidikan.
ADVERTISEMENT

6. Pantun Nasehat Kebersihan

Pantun nasehat kebersihan dapat dijadikan motivasi untuk menjaga kebersihan lingkungan. Berikut adalah pantun nasehat kebersihan.
ADVERTISEMENT

7. Pantun Nasehat Agama

Pantun nasehat agama dapat digunakan untuk menyampaikan nasehat agama. Berikut adalah pantun nasehat agama.
ADVERTISEMENT
Contoh pantun nasehat dapat diberikan kepada orang yang membutuhkan nasehat tanpa bermaksud menyinggung. Pantun nasehat dapat digunakan sebagai penentram hati ketika dilanda kesusahan dan kesedihan (Fia)