5 Cara Menjaga Hubungan yang Baik dengan Teman

Irfan Fadhilah
Mahasiswa di Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.
Konten dari Pengguna
22 Januari 2023 10:28 WIB
·
waktu baca 5 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Irfan Fadhilah tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi berkumpul bersama teman-teman. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi berkumpul bersama teman-teman. Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Keberadaan teman kerap kali ditemukan pada kehidupan kita, baik itu kehidupan di sekolah, kantor, universitas, atau di tempat-tempat lainnya. Dengan adanya teman, tentunya dapat mempermudah urusan kita, karena manusia tidak mungkin bisa hidup tanpa bantuan dari orang lain, bahkan karena keberadaan teman juga yang akan mendatangkan kebahagiaan bagi beberapa orang.
ADVERTISEMENT
Berawal dari kebahagiaan yang kita dapat melalui banyaknya teman yang kita punya, dapat memunculkan banyak kenangan yang indah, bagi beberapa orang menginginkan untuk bisa berkumpul dengan para teman seperti dahulu kala. Ketika kenangan yang indah itu menghampiri, banyak dari orang-orang yang hanya bisa menatap foto para teman lama, sambil membayangkan andai saja kita bisa bertemu kembali seperti dahulu kala.
Salah satu media yang paling banyak memunculkan kenangan untuk dapat berkumpul kembali dengan para teman lama yaitu media sosial. Setiap individu pasti memiliki teman ratusan hingga ribuan orang di media sosial, yang sebelumnya sangat sering sekali berkomunikasi dengan kita ketika bersekolah ataupun bekerja pada dahulu kala.
Namun, ketika kita tamat dari sekolah ataupun pensiun dari pekerjaan, belum tentu kita tetap berkomunikasi dengan semuanya, dari sekian banyak teman yang ada pada akun media sosial tersebut. Pastinya banyak yang hanya berteman melalui media sosial tanpa pernah berkomunikasi lagi.
ADVERTISEMENT
Umumnya, penyebab dari putusnya komunikasi dengan teman lama bisa diakibatkan oleh kurangnya bertemu dengan teman lama, atau bisa jadi lokasi kita dengan para teman lama sudah terpisah oleh jarak yang jauh. Kalaupun kita tetap berada di lokasi yang sama dengan para teman lama, banyak dari orang-orang tetap tidak bertemu dikarenakan masing-masing dari mereka sudah memiliki teman yang baru, dan masih banyak lagi penyebab lain kenapa para teman lama tidak berkumpul seperti dahulu lagi.
Agar dapat bertemu kembali dengan para teman lamamu, berikut di bawah ini adalah beberapa cara agar bisa mengumpulkan teman seperti dahulu lagi, yaitu;

1. Hilangkan sifat gengsi ketika ingin mengajak bertemu dengan para teman lama

Ilustrasi sedang menghubungi para teman lama melalui telepon seluler. Foto/Unsplash/Marília Castelli.
Demi mengumpulkan kembali para teman lama yang sudah lama tidak pernah berkomunikasi lagi, hilangkan sifat gengsi antar satu dengan yang lainnya. Karena sebenarnya banyak dari teman-teman yang ingin menjalin komunikasi seperti dahulu lagi, namun dikarenakan adanya sifat gengsi untuk mengajak orang lain, maka berkumpulnya para teman lama itu hanyalah sekadar mimpi.
ADVERTISEMENT
Sifat gengsi disebabkan oleh ketakutan beberapa individu terhadap penolakan dari individu lainnya. Misalnya, seperti kita mengajak para teman lama, namun teman lama tersebut menolak ajakan dari kita. Maka dari itu, kalaupun mereka menolak ajakan dari kita, bisa jadi mereka memang sedang sibuk, ataupun memang bertemu kita bukan prioritas utama untuk mereka. Untuk dapat mengetahui reaksi dari para teman lama ketika kita mengajak mereka untuk berkumpul, maka harus ada salah satu dari teman lama yang menghilangkan sifat gengsinya.

2. Menciptakan hubungan pertemanan yang saling menguntungkan

Ilustrasi teman yang rela memberikan tumpangan, ketika ada teman yang lain sedang mengalami kesulitan. Foto/Unsplash/Omotayo Tajudeen.
Hubungan pertemanan banyak terjadi akibat saling membutuhkan antara satu orang dengan orang yang lainnya, dan itu didasari oleh adanya keuntungan yang akan didapat melalui kedua belah pihak yang sedang menjalin pertemanan. Namun, hal tersebut tidak selalu berjalan dengan sesuai keinginan kita. Karena terkadang masih ada saja teman yang justru merugikan kita, baik itu dari segi materi maupun dari segi ilmu pengetahuan.
ADVERTISEMENT
Ketika para teman lama merasakan dirugikan akibat dari perbuatan kita terhadap mereka, maka para teman lama tersebut tidak akan merasa segan untuk menjauh dari kita. Dan dia akan berusaha agar mendapatkan teman yang baru. Karena jika dia mempertahankan hubungan pertemanan dengan kita, maka akan semakin banyak kerugian yang dia rasakan. Sebaiknya, kita harus introspeksi diri agar para teman lama mau berkumpul lagi dengan kita.

3. Membantu teman ketika sedang membutuhkan bantuan dari kita

Ilustrasi membantu teman dengan cara mengirimkan pinjaman uang melalui rekening bank. Foto/Unsplash/Tech Daily.
Para teman yang kita punya pasti memiliki kebutuhan yang bervariasi. Namun, tidak semua kebutuhan yang bisa dipenuhi oleh beberapa teman tersebut. Misalnya, mungkin teman kita sedang membutuhkan bantuan berupa uang dikarenakan dia sedang kekurangan uang, dan hanya kita yang mampu membantunya untuk memberikan pinjaman uang berupa uang.
ADVERTISEMENT
Maka dari itu, semoga kita dapat selalu membantu teman yang sedang merasakan kesulitan, baik itu kesulitan ekonomi, ilmu pengetahuan, dan lainnya. Jangan kita malah sengaja menghindar ketika teman sedang membutuhkan bantuan dari kita. Kalaupun kita memang sedang tidak sanggup untuk membantu teman, maka kita harus menjelaskannya dengan alasan yang memang benar-benar sedang kita alami saat ini. Dan jangan berusaha menipu teman sendiri, karena itu akan berdampak buruk terhadap hubungan kita dengan teman.

4. Selalu mengerti keadaan teman kita

Ilustrasi kondisi teman yang sedang mengalami stres, kehabisan uang karena kalah main judi. Foto/Unsplash/Tim Gouw.
Hal ini kebalikan dari membantu teman yang sedang kesulitan. Ketika kita yang sedang membutuhkan bantuan dari para teman, kita haruslah mengerti keadaan para teman terlebih dahulu. Lalu, ketika kita memang sudah mengetahui bahwa teman kita juga merasa kesulitan, maka jangan menambah beban pikirannya ketika mendengar bahwa kita membutuhkan pertolongan darinya.
ADVERTISEMENT
Tidak salah memang jika kita menanyakan terlebih dahulu apakah dia sanggup membantu kita atau tidak. Alangkah baiknya jika memang kita sudah mengetahui kesulitan yang dia punya, sebisa mungkin jangan menambah beban pikiran dia. Karena ada beberapa orang yang mudah mengalami stres ketika bertambah beban pikirannya. Kalau dia mengalami stres yang berlebihan akibat perbuatan dari kita, bisa jadi dia malah menjauhi kita demi menenangkan beban pikiran dia. Maka dari itu, kita harus meminta pertolongan kepada orang yang memang benar-benar sedang tidak mengalami kesulitan pada kehidupannya.

5. Hindari perilaku membandingkan teman

Ilustrasi sedang merasakan pening karena kebaikannya selalu dibandingkan dengan kebaikan teman yang lain. Foto/Unsplash/Ahmad Gunnaivi.
Perilaku yang suka membanding-bandingkan antara teman yang satu dengan teman yang lainnya sangatlah berdampak buruk terhadap hubungan pertemanan kalian ke depannya, karena hal tersebut akan menimbulkan pemikiran dari teman kita yang menyatakan bahwa kehidupan dia tidak bisa membuat teman lainnya bahagia.
ADVERTISEMENT
Hal tersebut dapat memicu teman agar menjauhi kita untuk selamanya, dia akan mencari teman yang lainnya yang memang bisa menerima kehadiran dirinya. Oleh karena itu, kita harus terima apa pun kelebihan dan kekurangan yang teman kita punya. Lagipula tidak akan ada seseorang yang memang benar-benar sempurna, selalu ada kekurangan dibalik itu semua.
Semoga lima cara di atas dapat membantu kamu untuk bisa berkumpul kembali dengan para teman lama, ya!