Konten dari Pengguna

12 Oleh-Oleh Khas Singapura Favorit Wisatawan

Jendela Dunia
Menyajikan informasi untuk menginspirasi dan menambah wawasan pembaca
12 April 2024 10:14 WIB
·
waktu baca 7 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Jendela Dunia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi untuk oleh-oleh khas Singapura. Foto: Unsplash/Joshua Ang
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi untuk oleh-oleh khas Singapura. Foto: Unsplash/Joshua Ang
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Oleh-oleh khas Singapura banyak diincar wisatawan yang berkunjung ke Negeri Singa tersebut. Kekhasan suatu barang atau makanan di suatu daerah mampu mengingatkan seseorang pada asal oleh-oleh tersebut, sehingga dapat menimbulkan kesan.
ADVERTISEMENT
Oleh-oleh atau buah tangan merupakan sesuatu yang dibawa oleh orang yang baru saja mengunjungi daerah atau tempat wisata. Jenis buah tangan itu terdiri dari makanan, suvenir, kain atau benda khas tempat yang dikunjungi lainnya (repo.undiksha.ac.id).
Singapura adalah negara yang seringkali menjadi destinasi wisata. Selain karena suasana lingkungannya yang memukau, Singapura juga dikenal dengan ragam buah tangan unik dan memiliki ciri khas yang mampu menarik minat wisatawan.

Oleh-Oleh Khas Singapura

Jika berkunjung ke Singapura, tak lengkap rasanya bila wisatawan tak membawa oleh-oleh khas yang begitu beragam dan hanya bisa didapatkan di negara tersebut. Berikut adalah beberapa oleh-oleh khas Singapura favorit wisatawan sebagai referensi:

1. Merlion Suvenir

Merlion merupakan lambang khas negara Singapura. Bentuk kepala singa serta badannya yang terdiri dari ekor dan sirip ikan, menjadikan segala hal yang berbau Merlion mengingatkan wisatawan dan masyarakat umumnya pada negara tersebut.
ADVERTISEMENT
Beberapa suvenir khas Singapura yang selalu menjadi incaran para wisatawan adalah gantungan kunci, patung kecil atau miniatur Merlion, dan masih banyak lagi. Bentuknya yang unik dan kecil menjadikan jenis suvenir ini mudah dibawa saat perjalanan.
Wisatawan dapat membeli suvenir ini dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan jenis oleh-oleh lain, serta keberadaan suvenir seperti gantungan kunci dan miniatur dapat ditemui hampir di seluruh penjuru negara Singapura.

2. Tembikar Tradisional Peranakan

Dari namanya saja, pembaca dapat mengetahui bahwa jenis tembikar ini merupakan oleh-oleh khas suatu daerah, dalam hal ini negara Singapura. Jika ingin membeli, pengunjung ditawarkan dengan berbagai jenis fungsi tembikar.
Lukisan cantik dan unik khas Singapura bisa pengunjung dapatkan dalam bentuk vas, lampu, mangkuk, pot, hingga piring. Selain menjadi barang untuk oleh-oleh, tembikar ini juga sangat cocok untuk menjadi tambahan perabotan atau pajangan di rumah.
ADVERTISEMENT
Jika ingin membeli tembikar jenis ini, pengunjung harus pergi ke Thow Kwang Pottery Jungle yang merupakan salah satu destinasi wisata seni di Negeri Singa ini. Jangan lupa untuk memastikan barang dalam keadaan aman saat dibawa bepergian.

3. Kaos Singapura

Kaos adalah oleh-oleh yang banyak diburu masyarakat, kemana pun masyarakat berkunjung. Begitu pun dengan negara Singapura, di sini pengunjung dapat menemukan banyak pilihan warna dan desain kaos khas Singapura yang unik dan menarik.
Kaos khas Singapura juga menjadi bagian dari suvenir Merlion, karena dominasi desainnya yang selalu memiliki gambar lambang Negeri Singa tersebut. Kaos Singapura sangat cocok dijadikan oleh-oleh karena bentuk dan cara simpannya yang tidak sulit.
Pengunjung dapat menemukan eksistensi kaos Singapura di berbagai tempat di negara tersebut. Dari kisaran harga yang terjangkau hingga harga yang tinggi bisa pengunjung pilih berdasarkan kualitas yang diinginkan.
Ilustrasi Oleh-oleh Khas Singapura. Unsplash/Jessica Weiller

4. Orchid Perfume

ADVERTISEMENT
Orchid Perfume atau parfum anggrek merupakan oleh-oleh khas negara Singapura selanjutnya, karena selain dikenal sebagai Negeri Singa, Singapura juga dikenal dengan Kota Taman yang berisi berbagai jenis bunga.
Salah satu jenis bunga yang paling ikonik, yaitu bunga anggrek. Olahan parfum dengan ekstrak bunga anggrek ini dapat mengingatkan pengunjung kepada ciri khas kota di Singapura yang memiliki keindahan bunga-bunga yang cantik.
Untuk mendapatkan orchid perfume khas negara ini, pengunjung harus merogoh kocek sekitar 28 sampai 106 dolar Singapura atau kisaran Rp310.000–Rp1.200.000, tergantung pada ukuran botol dan banyaknya isi parfum.

5. Tiger Balm

Jika mencari oleh-oleh di Singapura, Tiger Balm hampir selalu direkomendasikan oleh berbagai sumber. Produk ini merupakan olesan herbal legendaris yang berasal dari istana kaisar Tiongkok kuno dan memiliki berbagai manfaat dalam meredakan sakit.
ADVERTISEMENT
Oleh karena itu, Tiger Balm dapat dipilih sebagai oleh-oleh, karena selain kekhasan negara Singapura, produk ini juga memiliki khasiat yang tidak akan tersia-siakan, seperti meredakan sakit kepala, nyeri otot, hingga menyembuhkan rasa gatal akibat nyamuk.
Tiger Balm memiliki bentuk kemasan yang kecil, sehingga mudah dibawa dalam perjalanan. Kepopuleran produk ini di Singapura menjadikannya mudah ditemui di banyak tempat, dari mulai toko suvenir hingga apotek di sana.

6. Cokelat Singapura

Beralih pada oleh-oleh khas Singapura dalam bentuk makanan, cokelat singapura akan menjadi pilihan utama para wisatawan. Eksistensinya yang melimpah dengan berbagai jenis bahan dan bentuk, menjadikan oleh-oleh ini disukai masyarakat.
Salah satu bentuk coklat yang menjadi ciri khas sekaligus favorit di negara ini adalah coklat dengan bentuk Merlion. Bentuknya yang unik, terkadang membuat wisatawan sangat menyayangkan untuk memakannya.
ADVERTISEMENT
Jika berkunjung ke Singapura, pengunjung akan disuguhkan dengan berbagai toko coklat dengan merk yang bervariasi. Produk ini cocok dijadikan buah tangan bagi kerabat atau saudara yang menyukai makanan manis, atau menjadi kudapan sendiri.

7. Bak Kwa

Bak Kwa merupakan olahan daging asap yang menjadi khas Singapura. Pada dasarnya, jenis makanan ini dikenal menggunakan olahan daging babi.
Namun, bagi pengunjung yang tidak bisa memakan daging babi, Bak Kwa juga tersedia dari olahan daging ayam dan sapi.
Perpaduan rasa manis, gurih, serta wangi asap (smokey) yang menggugah mampu menggiurkan lidah para wisatawan. Jenis makanan ini dapat dijadikan sebagai menu pendamping nasi maupun dimakan secara langsung.
Bak Kwa sendiri jika di Indonesia dikenal seperti dendeng. Terdapat beberapa tempat yang menyediakan Bak Kwa di Singapura yang dapat pengunjung pilih. Harga Bak Kwa berada pada kisaran 52 dolar Singapura atau sekitar Rp50.000.
ADVERTISEMENT

8. Salted Egg Fish Skin

Salted egg fish skin merupakan produk camilan khas negara Singapura yang terbuat dari kulit ikan salmon dan dilapisi dengan saus yang terbuat dari kuning telur. Camilan ini cocok dijadikan sebagai oleh-oleh karena rasanya yang tidak perlu diragukan lagi.
Sebagaimana produk untuk oleh-oleh lainnya, salted egg fish skin ini dapat pengunjung temui di berbagai tempat di Singapura. Selain itu, harga per bungkusnya terhitung sangat terjangkau untuk ukuran produk berkualitas, yaitu kisaran Rp115.000.
Ilustrasi Oleh-oleh Khas Singapura. Unsplash/Kina

9. Pasta Laksa

Laksa adalah cita rasa khas yang mengingatkan masyarakat pada negara yang dijuluki Negeri Singa tersebut. Berbagai bentuk olahan dengan cita rasa laksa tersedia di negara ini, salah satunya yaitu pasta laksa yang sangat ramah dijadikan buah tangan.
Terdapat berbagai merk pasta laksa dengan cita rasa yang tidak jauh berbeda yang dapat pengunjung pilih apabila datang ke Singapura. Harga jualnya berkisar antara 5 sampai 1o dolar Singapura atau setara dengan Rp5.000 – Rp100.000 saja.
ADVERTISEMENT

10. Selai Kaya

Selai Kaya merupakan salah satu panganan manis khas Singapura yang berbahan dasar santan. Selai ini juga dapat dijadikan pelengkap berbagai makanan, seperti topping pada roti lapis sehingga menciptakan rasa yang menarik.
Selai ini biasanya dijual dalam bentuk kemasan kaca yang membuat pembeli harus berhati-hati membawanya. Pengunjung dapat mencari selai kaya ini di beberapa tempat, di antaranya yaitu Ya Kun dan Kiliney yang dikenal sebagai tempat jual selai kaya terbaik.

11. Snack Khas Singapura

Snack atau camilan adalah salah satu jenis makanan yang paling diminati masyarakat, karena selain rasanya yang enak, camilan juga akan terasa ringan ketika dikunyah di mulut. Singapura menjadi negara yang memproduksi camilannya tersendiri.
Ciri khas Singapura dapat pengunjung nikmati melalui berbagai jenis camilan, mulai dari keripik rasa laksa, kari ikan, nasi ayam, hingga berbagai rasa camilan unik lainnya. Pengunjung bisa mendapatkan jenis camilan ini di berbagai pusat perbelanjaan.
ADVERTISEMENT

12. Singapore Sling

Jika poin-poin sebelumnya adalah terkait makanan, maka Singapore Sling merupakan produk olahan minuman ringan yang dapat dijadikan oleh-oleh dengan ciri khas Singapura, karena produk ini diproduksi asli dari negara tersebut dari tahun 1915.
Minuman ini merupakan sling cocktail yang berbahan dasar gin, sehingga tidak semua pengunjung dapat menikmatinya. Produk yang dikemas dalam botol ini dijual di berbagai tempat oleh-oleh yang ada di Singapura.
Itulah beberapa oleh-oleh khas Singapura favorit wisatawan yang dapat pembaca pertimbangkan untuk dipilih saat berkunjung ke Negeri Singa tersebut. Pastikan menyimpannya dengan baik untuk menghindari kerusakan selama perjalanan.