25 Oleh-Oleh Khas Madinah yang Tidak Boleh Lewatkan

Jendela Dunia
Menyajikan informasi untuk menginspirasi dan menambah wawasan pembaca
Konten dari Pengguna
27 Mei 2024 5:25 WIB
·
waktu baca 7 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Jendela Dunia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Oleh-Oleh Khas Madinah. Foto:pexels/Piotr Arnoldes
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Oleh-Oleh Khas Madinah. Foto:pexels/Piotr Arnoldes
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Selain berziarah ke Masjid Nabawi dan tempat-tempat suci lainnya, para jamaah umrah dan haji membawa pulang oleh-oleh khas Madinah bukan hanya soal membawa barang, namun juga sebagai kenang-kenangan
ADVERTISEMENT
Mengutip “Motif dan Preferensi Umroh Masyarakat Menengah Kota Yogyakarta Pada Tahun 2015-2017”, Fawwaz H, (2018:1), ada berbagai macam oleh-oleh yang terdapat di kota Madinah

Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Madinah

Ilustrasi Oleh-Oleh Khas Madinah. Foto: pexels/Quintin Gellar
Madinah, kota suci kedua bagi umat Islam setelah Mekah, tidak hanya menjadi tujuan ibadah, tetapi juga tempat untuk menemukan berbagai macam oleh-oleh khas yang bisa dibawa pulang. Berikut adalah oleh-oleh khas Madinah yang tidak boleh dilewatkan:

Kurma Ajwa

Kurma Ajwa adalah salah satu jenis kurma yang sangat terkenal di Madinah. Kurma ini sering disebut sebagai “Kurma Nabi” karena dipercaya menjadi favorit Nabi Muhammad saw.
Kurma Ajwa memiliki warna hitam dan tekstur yang lebih lembut dibandingkan jenis kurma lainnya. Rasa manisnya yang khas membuat kurma ini menjadi oleh-oleh yang sangat dicari.
ADVERTISEMENT
Kurma Ajwa tidak hanya memiliki rasa yang enak tetapi juga dipercaya memiliki banyak manfaat kesehatan. Kurma ini kaya akan serat, vitamin, dan mineral yang penting untuk tubuh.
Beberapa penelitian bahkan menunjukkan bahwa konsumsi kurma Ajwa dapat membantu mencegah penyakit jantung dan meningkatkan kesehatan pencernaan.

Air Zamzam

Air Zamzam memang berasal dari Mekah, namun banyak dijual di Madinah. Air ini memiliki makna religius yang tinggi dan dipercaya memiliki banyak khasiat penyembuhan.
Air Zamzam menjadi oleh-oleh yang sangat istimewa karena sejarahnya yang terkait erat dengan kisah Hajar dan Nabi Ismail a.s..

Madu Madinah

Madu dari Madinah terkenal akan kualitasnya yang tinggi. Madu ini sering kali berasal dari bunga pohon kurma atau bunga-bunga lain yang tumbuh di sekitar Madinah.
ADVERTISEMENT
Rasa dan khasiatnya yang khas menjadikannya oleh-oleh yang sangat dicari. Madu ini dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan menyembuhkan berbagai penyakit.

Tasbih

Tasbih merupakan alat untuk berdzikir yang sangat populer di kalangan umat Islam. Tasbih yang dijual di Madinah biasanya terbuat dari bahan-bahan alami seperti kayu atau batu yang berasal dari daerah sekitar.
Tasbih ini tidak hanya digunakan untuk beribadah tetapi juga sering dijadikan sebagai kenang-kenangan atau hadiah.

Miswak

Miswak atau kayu siwak adalah alat tradisional untuk membersihkan gigi yang sudah digunakan sejak zaman Nabi Muhammad SAW.
Miswak dari Madinah terkenal karena kualitasnya yang sangat baik dan diyakini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan gigi dan mulut. Miswak ini sering dibeli oleh jamaah haji dan umrah sebagai oleh-oleh yang berguna.
ADVERTISEMENT

Pakaian ihram

Pakaian ihram yang dijual di Madinah biasanya terbuat dari kain yang nyaman dan berkualitas. Pakaian ini digunakan selama pelaksanaan ibadah haji dan umrah, menjadikannya oleh-oleh yang bermakna religius tinggi.
Pakaian ihram untuk laki-laki terdiri dari dua lembar kain putih tanpa jahitan, sementara untuk perempuan terdiri dari pakaian yang sederhana dan tertutup.

Minyak Wangi (Attar)

Minyak wangi atau attar dari Madinah terkenal dengan kualitas dan aromanya yang khas. Minyak ini sering kali terbuat dari bahan-bahan alami dan memiliki berbagai macam aroma, menjadikannya oleh-oleh yang elegan dan bermakna.
Attar ini tidak mengandung alkohol, sehingga cocok digunakan dalam berbagai kesempatan, termasuk saat beribadah.

Kismis

Kismis dari Madinah, terutama yang berasal dari daerah sekitar, memiliki rasa manis dan tekstur lembut. Kismis ini dikenal lebih lezat dan bergizi dibandingkan dengan kismis dari daerah lain.
ADVERTISEMENT
Kismis sering kali digunakan sebagai camilan sehat atau tambahan dalam berbagai hidangan.

Buku dan Al-Quran

Banyak jamaah yang membeli Al-Quran dan buku-buku Islam dari Madinah karena pilihan yang banyak dan kualitas cetakan yang baik. Buku-buku ini sering kali memiliki tafsir dan penjelasan yang mendalam, menjadikannya oleh-oleh yang sangat berharga.
Al-Quran dari Madinah sering dicetak dengan kaligrafi indah dan dilengkapi dengan terjemahan dalam berbagai bahasa.

Sajadah

Sajadah dari Madinah biasanya memiliki desain yang indah dan kualitas kain yang baik. Sajadah ini sering dibeli oleh jamaah haji dan umrah sebagai oleh-oleh karena selain digunakan untuk beribadah, juga bisa menjadi kenang-kenangan dari tanah suci.

Buah Tin

Buah tin adalah salah satu buah yang disebutkan dalam Al-Quran dan sering ditemukan dalam bentuk kering di Madinah. Buah ini dikenal memiliki rasa yang manis dan tekstur yang lembut.
ADVERTISEMENT
Buah tin kering sering dibeli sebagai oleh-oleh karena rasanya yang enak dan manfaat kesehatannya yang banyak.

Cokelat Arab

Cokelat Arab, yang sering dipadukan dengan kurma atau kacang-kacangan, menjadi oleh-oleh yang lezat dan khas. Rasa cokelat ini berbeda dari cokelat biasa karena kombinasi bahan khas Arab yang digunakan.
Cokelat Arab biasanya memiliki rasa yang kaya dan aroma yang harum.

Kacang Arab

Kacang-kacangan seperti kacang almond dan pistachio yang dibumbui dengan rempah-rempah khas Arab juga menjadi oleh-oleh favorit. Kacang-kacangan ini memiliki rasa gurih dan tekstur yang renyah.
Kacang Arab sering kali dijadikan camilan atau tambahan dalam berbagai hidangan.

Kain Penutup Kabah Miniatur

Miniatur kain penutup Kabah sering dijadikan oleh-oleh karena memiliki nilai simbolis yang tinggi. Kain ini biasanya dibuat dengan sangat detail dan sering dijadikan sebagai hiasan di rumah.
ADVERTISEMENT
Miniatur ini mengingatkan pada Kabah yang menjadi pusat ibadah umat Islam di seluruh dunia.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun dari Madinah, terutama yang diproduksi secara lokal, dikenal memiliki kualitas yang sangat baik. Minyak ini sering digunakan untuk memasak atau sebagai suplemen kesehatan alami.
Minyak zaitun dari Madinah terkenal karena rasa dan manfaat kesehatannya yang banyak.

Kerudung dan Jilbab

Kerudung dan jilbab dari Madinah memiliki berbagai macam model dan bahan yang nyaman digunakan. Desainnya yang indah dan kualitas bahannya membuatnya menjadi oleh-oleh yang disukai.
Banyak jamaah membeli kerudung dan jilbab sebagai oleh-oleh untuk diri sendiri atau hadiah bagi keluarga dan teman.

Souvenir Islami

Berbagai macam souvenir Islami seperti gantungan kunci, hiasan dinding, dan lain-lain sering dibeli sebagai kenang-kenangan dari Madinah. Souvenir ini biasanya memiliki desain yang unik dan bernilai religius.
ADVERTISEMENT

Bukhur (Dupa Arab)

Bukhur atau dupa Arab yang digunakan untuk memberikan aroma harum di rumah sering dibeli sebagai oleh-oleh karena aromanya yang khas dan menenangkan.
Dupa ini sering digunakan dalam berbagai acara keagamaan dan juga sebagai pengharum rumah. Bukhur dari Madinah terkenal karena kualitas dan aromanya yang tahan lama.

Almond Berlapis Gula

Almond yang dilapisi dengan gula sering ditemukan di pasar-pasar Madinah dan menjadi oleh-oleh yang populer karena rasanya yang manis dan teksturnya yang renyah. Camilan ini sering dibeli sebagai oleh-oleh karena selain enak, juga unik dan khas dari Madinah.

Perhiasan Emas

Madinah juga terkenal dengan toko-toko emasnya. Banyak jamaah yang membeli perhiasan emas sebagai oleh-oleh karena desainnya yang unik dan kualitasnya yang tinggi. Perhiasan emas dari Madinah sering dijadikan sebagai kenang-kenangan atau hadiah yang berharga.
ADVERTISEMENT

Kopi Arab

Kopi Arab dari Madinah memiliki rasa yang khas dan aroma yang kuat. Kopi ini sering disajikan dengan tambahan rempah-rempah seperti kapulaga, yang memberikan cita rasa unik.

Kurma Sukkari

Selain Kurma Ajwa, Kurma Sukkari juga sangat populer di Madinah. Kurma ini terkenal karena rasa manisnya yang lembut dan teksturnya yang juicy, menjadikannya favorit bagi banyak orang.

Sabun Zaitun

Sabun zaitun dari Madinah dibuat dari minyak zaitun murni dan bahan alami lainnya. Sabun ini dikenal baik untuk kulit, memberikan kelembutan dan kelembaban yang alami.

Air Mawar

Air mawar dari Madinah sering digunakan untuk perawatan kulit dan rambut. Aromanya yang harum dan manfaatnya yang menyegarkan membuatnya menjadi oleh-oleh yang sangat diminati.

Baju Gamis

Baju gamis dari Madinah tersedia dalam berbagai desain dan bahan yang nyaman. Baju ini tidak hanya digunakan untuk beribadah tetapi juga cocok dipakai sehari-hari, membuatnya menjadi oleh-oleh yang sangat praktis.
ADVERTISEMENT
Oleh-oleh khas Madinah ini tidak hanya berfungsi sebagai kenang-kenangan tetapi juga sebagai tanda kasih dan berbagi berkah dari perjalanan spiritual yang dilakukan.
Membawa pulang oleh-oleh dari Madinah berarti membawa pulang sedikit dari keberkahan dan keistimewaan kota suci ini, serta berbagi kebahagiaan dengan keluarga dan teman-teman di rumah.