Konten dari Pengguna

3 Kopi Enak di Semarang yang Legendaris

Jendela Dunia
Menyajikan informasi untuk menginspirasi dan menambah wawasan pembaca
25 April 2024 11:22 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Jendela Dunia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Kopi enak di Semarang. Foto hanyalah ilustrasi, bukan tempat yang sebenarnya. Sumber: Unsplash/Yanapi Senaud
zoom-in-whitePerbesar
Kopi enak di Semarang. Foto hanyalah ilustrasi, bukan tempat yang sebenarnya. Sumber: Unsplash/Yanapi Senaud
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Kopi enak di Semarang tidak hanya sekadar menawarkan minuman, tetapi juga gaya hidup dan budaya yang ada di sekitarnya. Beberapa kedai kopi di kota ini telah menjadi ikon yang melegenda dengan tradisi menyajikan kopi berkualitas sejak puluhan tahun lalu.
ADVERTISEMENT
Di antara banyak pilihan, ada tiga tempat yang patut dikunjungi oleh pencinta kopi dan mereka yang ingin menikmati suasana khas Semarang yang autentik.

3 Kopi Enak di Semarang yang Terkenal dan Legendaris

Kopi enak di Semarang. Foto hanyalah ilustrasi, bukan tempat yang sebenarnya. Sumber: Unsplash/Tyler Nix
Salah satu tempat yang menyediakan kopi enak di Semarang ini bahkan telah melayani para penggemar kopi sejak tahun 1920-an. Artinya, kedai ini telah melewati berbagai generasi dengan resep dan cara penyajian yang tetap mempertahankan ciri khasnya. Berikut ulasan selengkapnya.

1. Warung Kopi Margo Redjo

Warung Kopi Margo Redjo menawarkan pengalaman unik sejak pertama kali dibuka pada tahun 1920-an. Warung ini terus beroperasi hingga sekarang, dikelola oleh generasi ketiga.
Biji kopi yang disediakan di warung ini telah mendapatkan popularitas yang luas, bahkan dijual hingga ke Singapura dan Malaysia.
ADVERTISEMENT
Pelanggan dapat memilih berbagai jenis kopi seperti robusta dan luwak. Berlokasi di Jl. Wotgandul Barat No.14, Kranggan, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah, warung ini buka dari jam 09.00 hingga 17.00 setiap hari. Harga yang ditawarkan sangat terjangkau, dengan kopi tubruk seharga Rp10.000 dan V60 seharga Rp15.000.

2. Strada Coffee & Cafe

Dikutip dari stradacoffee.com, Strada Coffee & Cafe didirikan oleh Evani Jesslyn, yang terinspirasi oleh kecintaannya pada kopi. Setelah mengikuti kelas Barista di Singapura dan meraih sertifikasi Q Grader dari Coffee Quality Institute, Evani membentuk konsep untuk Strada Cafe. Tujuannya adalah menciptakan sebuah kafe yang berkomitmen menyediakan kopi berkualitas tinggi.
Selain menjual kopi, kafe ini juga secara rutin menyelenggarakan pelatihan tentang budaya kopi dan berbagai teknik penyeduhan. Strada Cafe berlokasi di Jl. Letnan Jenderal S. Parman No.47A, Gajahmungkur, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, dengan jam operasional dari 07.00 hingga 22.00.
ADVERTISEMENT
Kafe ini menyediakan berbagai jenis kopi, dari Gayo hingga Papua, yang disajikan dengan metode seperti V60 dan Kalita Wave.

3. Kampoeng Kopi Banaran

Kampoeng Kopi Banaran telah berhasil memperluas pasar produk biji kopinya hingga ke Italia dan Amerika, membuktikan kualitasnya di kancah internasional. Di kedai ini, pengunjung dapat menikmati kopi dengan cita rasa unik yang menggabungkan rasa asam, pahit, dan aroma moka yang khas.
Harga per gelas kopi ditawarkan mulai dari Rp15.000. Kedai ini terletak sedikit di luar kota Semarang, tepatnya di Jl. Raya Semarang-Bawen KM 1,5, Bawen, Semarang, yang membuatnya menjadi tempat yang sempurna untuk melepaskan penat dari keramaian kota.
Kampoeng Kopi Banaran buka setiap hari dari pukul 07.00 hingga 22.00 WIB, memberikan kesempatan yang luas bagi siapa saja untuk menikmati sajian kopi berkualitas.
ADVERTISEMENT
Berkunjung ke tempat-tempat yang menyediakan kopi enak di Semarang ini tidak hanya akan memuaskan pencarian akan kopi berkualitas, tetapi juga memberi kesempatan untuk merasakan gaya hidup di kota yang kaya sejarah ini. (CR)