4 Destinasi Wisata di Banyuwangi yang Wajib Dikunjungi saat Liburan

Jendela Dunia
Menyajikan informasi untuk menginspirasi dan menambah wawasan pembaca
Konten dari Pengguna
14 Januari 2024 22:50 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Jendela Dunia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Destinasi Wisata di Banyuwangi, Unsplash/ Maksym Ivashchenko
zoom-in-whitePerbesar
Destinasi Wisata di Banyuwangi, Unsplash/ Maksym Ivashchenko
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Destinasi wisata di Banyuwangi menjadi salah satu tujuan liburan keluarga yang bisa dikunjungi. Banyuwangi merupakan kabupaten yang memiliki tempat wisata yang indah dan memukau, mulai dari pantai, pegunungan, dan masih banyak lainnya.
ADVERTISEMENT
Banyuwangi adalah kabupaten terbesar di Provinsi Jawa Timur. Jika pernah ke Bali melalui jalur darat, tentu akan melewati daerah ini. Keindahan alam kota di ujung timur pulau Jawa juga tak kalah indah untuk dinikmati.

4 Destinasi Wisata di Banyuwangi yang Menarik

Destinasi Wisata di Banyuwangi. Unsplash/ Khamkéo Vilaysing
Mengutip dari banyuwangitourism.com, berikut adalah beberapa rekomendasi destinasi wisata di Banyuwangi yang menarik:

1. Kawah Ijen

Kawah ijen bisa dibilang merupakan tempat terpopuler di Banyuwangi bagi wisatawan.
Terletak di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Kawah Ijen terkenal bukan saja karena kawah hijaunya yang menawarkan panorama indah, tapi juga pertambangan belerangnya yang ikonik.
Kawah Ijen juga memiliki fenomena unik Blue Fire atau api biru. Api biru ini adalah hasil dari terbakarnya gas sulfur yang muncul dari retakan Gunung Api Ijen yang memiliki temperatur hingga 600 derajat celcius.
ADVERTISEMENT
Api biru di Ijen ini adalah yang terbesar di dunia, dan satu lokasi lainnya di dunia yang memiliki fenomena ini hanyalah di Gunung Dallol di Ethiopia.

2. Taman Nasional Baluran

Tempat wisata di Banyuwangi lainnya yang tak kalah populer adalah Taman Nasional Baluran. Terlebih lagi, setelah video klip Raisa yang berjudul "Jatuh Hati" juga syuting di Taman Nasional Baluran.
Pemandangan ala savana Afrika yang ternyata ada di Jawa Timur ini menjadi daya tarik utama Taman Nasional Baluran.
Meski secara teknis Taman Nasional Baluran masuk dalam daerah Kabupaten Situbondo, namun Baluran terkenal sebagai salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi kalau liburan ke Banyuwangi karena memang tidak terlalu jauh dari pusat kota Banyuwangi.
ADVERTISEMENT
Dengan mobil, Taman Nasional Baluran bisa dicapai sekitar 1,5 jam dari Banyuwangi.

3. Taman Blambangan

Jika kebetulan sedang berada di pusat Kota Banyuwangi, jangan lupa untuk memasukkan Taman Blambangan ke dalam daftar destinasi tempat wisata Banyuwangi.
Berada di jantung kota Banyuwangi, tempat ini sangat mudah diakses karena berada di antara jalan-jalan utama yang ada.
Taman kebanggaan masyarakat Banyuwangi ini menyuguhkan berbagai fasilitas yang dapat dinikmati, antara lain jalur untuk jogging, lapangan basket, arena skateboard, dan lokasi wisata kuliner yang mampu memuaskan rasa lapar pengunjungnya.
Terdapat juga Gesibu Blambangan yang merupakan Gelanggang Seni dan Budaya. Uniknya, bangunan ini bentuknya menyerupai candi sehingga menjadi suatu hal yang sangat ikonik.

4. Air Terjun Lider

Objek wisata di Banyuwangi satu ini memiliki ketinggian mencapai 60 meter dan merupakan air terjun tertinggi di Banyuwangi, Jawa Timur. Berada di kawasan lereng gunung, Air Terjun Lider menawarkan nuansa menyegarkan dan indah.
ADVERTISEMENT
Jika pengunjung mendatangi tempat wisata Banyuwangi ini pada saat yang tepat, pengunjung mungkin bisa berkesempatan melihat pelangi yang tercipta dari percikan air yang terpantulkan cahaya matahari.
Demikian beberapa rekomendasi destinasi wisata di Banyuwangi yang menarik untuk dikunjungi. Jangan lewatkan untuk mengunjungi beberapa tempat menarik di Banyuwangi! (manda).