Konten dari Pengguna

4 Kue Khas Banjarmasin yang Wajib Dicoba Wisatawan

Jendela Dunia
Menyajikan informasi untuk menginspirasi dan menambah wawasan pembaca
19 September 2023 16:09 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Jendela Dunia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi kue khas Banjarmasin, sumber foto: unsplash.com/Nadya Spetnitskaya
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi kue khas Banjarmasin, sumber foto: unsplash.com/Nadya Spetnitskaya
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Banjarmasin adalah ibu kota Kalimantan Selatan. Kota ini tidak hanya terkenal dengan keindahan alam dan budayanya, tetapi juga dengan kulinernya yang beragam dan lezat. Misalnya, adalah beberapa kue khas Banjarmasin.
ADVERTISEMENT
Kue-kue tersebut memiliki rasa yang lezat dan nikmat, sehingga ketika sedang liburan ke Banjarmasin wajib untuk mencobanya. Selain mencoba di sana, kue-kue tersebut juga bisa dijadikan buah tangan untuk keluarga.

4 Kue Khas Banjarmasin

Ilustrasi kue khas Banjarmasin, sumber foto: unsplash.com/Yeh Xintong
Dikutip dari buku Aneka Jajanan Khas Banjarmasin, Alysha Junita Iskandar, dijelaskan bahwa ada beberapa kue asli Banjarmasin yang memiliki cita rasa dan bentuk yang unik. Kue-kue ini bisa dijadikan sebagai camilan, oleh-oleh, atau bahkan sebagai sesajen.
Berikut ini adalah beberapa kue khas Banjarmasin yang wajib dicoba wisatawan saat berkunjung ke Kota Seribu Sungai ini.

1. Ipau

Ipau adalah kue yang mirip dengan pizza Italia, tetapi dengan bahan dan isian yang berbeda. Ipau terbuat dari tepung yang dibuat tipis lalu diberi isian sayur, daging, dan kentang.
ADVERTISEMENT
Ipau biasanya disajikan dalam bentuk lipat, ceper, atau gunung. Ipau memiliki aroma kelezatan ala Timur Tengah di setiap gigitannya. Ipau paling mudah ditemukan saat bulan Ramadhan di Pasar Wadai Ramadhan yang terletak di Kampung Arab.

2. Amparan Tatak Pisang

Amparan Tatak Pisang adalah kue basah yang terbuat dari tepung beras dan santan yang dikukus bersama pisang. Kue ini memiliki tekstur yang lembut dan manis di mulut. Amparan Tatak Pisang biasa disajikan dalam nampan besar dengan alas daun pisang.

3. Bolu Gulung Hj. Enong

Bolu Gulung Hj. Enong adalah salah satu kue khas Banjarmasin yang paling terkenal dan banyak dicari oleh wisatawan. Bolu Gulung Hj. Enong memiliki tekstur yang lembut, empuk, dan tidak terlalu manis.

4. Kue Lam

Kue Lam adalah kue tradisional yang terbuat dari tepung beras dan pandan yang dikukus dalam cetakan bulat atau kotak. Kue Lam memiliki warna hijau muda dan rasa manis gurih.
ADVERTISEMENT
Kue Lam biasanya disajikan dengan parutan kelapa atau gula merah cair sebagai sausnya.
Empat kue khas Banjarmasin tersebut adalah bagian dari kuliner yang wajib dicoba wisatawan saat berkunjung ke kota Banjarmasin. Kue-kue tersebut tidak hanya enak, tetapi juga memiliki nilai sejarah dan budaya yang tinggi. (WWN)