4 Makanan Khas Minangkabau yang Wajib Dicoba Wisatawan

Jendela Dunia
Menyajikan informasi untuk menginspirasi dan menambah wawasan pembaca
Konten dari Pengguna
5 September 2023 14:49 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Jendela Dunia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi makanan khas Minangkabau, sumber foto: unsplash.com/Aldrin Rachman Pradana
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi makanan khas Minangkabau, sumber foto: unsplash.com/Aldrin Rachman Pradana
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Makanan khas Minangkabau terkenal dengan rasanya yang lezat dan kaya dengan rempah-rempah. Masakan Minangkabau juga dikenal dengan nama masakan Padang, padahal sebenarnya Minangkabau bukan hanya Padang tapi meliputi Sumatera Barat.
ADVERTISEMENT
Beberapa masakan khas Minangkabau terkenal di seluruh Indonesia, bahkan beberapa di antaranya dikenal oleh masyarakat internasional. Sebagai contoh adalah rendang, masakan tersebut bahkan masuk ke jajaran makanan terenak di dunia.

4 Makanan Khas Minangkabau yang Wajib Dicoba Wisatawan Saat Liburan ke Sumatera Barat

Ilustrasi makanan khas Minangkabau, sumber foto: unsplash.com/Erlia Abdul Hak
Minangkabau adalah salah satu suku bangsa yang terkenal dengan kekayaan budaya dan kuliner. Daerah ini memiliki banyak makanan khas yang lezat, unik, dan kaya akan bumbu.
Berikut ini adalah beberapa makanan khas Minangkabau yang wajib dicicipi saat berkunjung ke sana, dikutip dari buku Makanan Khas Minangkabau karya Zoe, (2021).

1. Rendang

Rendang adalah makanan khas Minangkabau yang sudah mendunia. Makanan ini terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan santan dan berbagai macam rempah-rempah seperti kunyit, jahe, lengkuas, cabai, bawang merah, bawang putih, dan lain-lain.
ADVERTISEMENT
Proses memasaknya membutuhkan waktu yang lama, sehingga daging menjadi empuk dan bumbu meresap ke dalamnya. Rendang memiliki rasa yang gurih, pedas, dan wangi aromatik yang khas dari rempahnya. Rendang cocok disantap dengan nasi putih yang masih hangat.

2. Sate Padang

Sate Padang adalah makanan khas Minangkabau yang terdiri dari potongan daging yang ditusuk kemudian dibakar seperti sate pada umumnya. Yang unik dari sate padang adalah kuah kental yang disiramkan setelah sate matang.
Kuah tersebut berwarna kuning yang terbuat dari santan, tepung beras, kunyit, jahe, cabai, dan bumbu lainnya. Kuah ini memiliki rasa yang pedas, asam, dan gurih. Kuah tersebut berbeda dengan sate pada umumnya yang terbuat dari bumbu kacang.

3. Asam Padeh

Asam Padeh merupakan makanan khas Minang yang biasanya terbuat dari bahan utama seperti tongkol, ikan pari, ikan gabus, ayam kampung, atau daging sapi. Asam Padeh memiliki rasa yang asam, pedas, dan segar. Asam Padeh biasanya disajikan dengan nasi putih atau lontong.
ADVERTISEMENT

4. Dendeng Balado

Dendeng Balado adalah makanan khas Minangkabau yang terbuat dari irisan tipis daging sapi yang digoreng kering dan dicampur dengan sambal balado. Dendeng Balado memiliki rasa yang pedas, manis, dan gurih.
Makanan khas Minangkabau memiliki rasa yang kuat dan khas. Selain itu, juga cocok dengan lidah orang Indonesia sehingga makanan ini memiliki banyak penggemar. (ARD)