Konten dari Pengguna

4 Minuman Khas Italia yang Populer dan Paling Digemari

Jendela Dunia
Menyajikan informasi untuk menginspirasi dan menambah wawasan pembaca
11 September 2023 15:13 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Jendela Dunia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Minuman Khas Italia. Sumber: Pexels/Wolfgang
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Minuman Khas Italia. Sumber: Pexels/Wolfgang
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Italia tidak hanya terkenal dengan pizza atau pasta saja. Sebab, minuman khas Italia juga tidak kalah populer dan digemari. Mau tahu apa saja?
ADVERTISEMENT
Sebelumnya, perlu diketahui dikutip dari Buku Let’s Go Negeri Pizza Italia, Chia Wong, Italia adalah sebuah negara di Eropa Selatan yang wilayahnya melingkupi daratan dan hamparan laut dengan sekumpulan pulau indah yang menakjubkan.

4 Minuman Khas Italia

Ilustrasi Minuman Khas Italia. Sumber: Pexels/Chevanon Photography
Negara ini memiliki beragam minuman yang terkenal di seluruh dunia. Berikut adalah minuman khas Italia yang memikat lidah orang-orang.

1. Vanilla Latte

Minuman Italia pertama yang populer dan paling digemari adalah vanilla latte. Ini menjadi sudah menjadi minuman favorit banyak orang di belahan dunia.
Uniknya, vanilla latte dapat dinikmati dengan dua cara, yaitu dingin dan panas sesuai selera. Selain itu, proses steaming susu yang tepat juga menjadi salah satu hal penting yang menjadikan minuman ini memiliki cita rasa khas.
ADVERTISEMENT

2. Espresso

Tentu sudah tidak asing dengan minuman ini bukan? Ya, espresso adalah jenis minuman yang berasal dari Italia.
Espresso adalah jenis minuman kopi yang kental dan disiapkan dengan cepat. Ini juga merupakan dasar dari minuman kopi lainnya, seperti cappuccino dan latte. Orang Italia sendiri biasanya menikmati espresso dalam cangkir kecil yang dinikmati setelah makan.

3. Cappuccino

Selanjutnya, cappucino adalah minuman kopi yang terbuat dari espresso, susu panas, dan busa susu. Untuk membuat cappucino yang lezat harus memperhitungkan rasio antara ketiga bahan tadi.
Berbeda dengan espresso, cappuccino lebih sering dihidangkan dalam cangkir lebih besar dan biasanya diberi lagi taburan bubuk coklat di atasnya.

4. Granita

Sedangkan granita terbuat dari es yang digiling dengan kopi, buah, dan bahan-bahan lainnya yang menghasilkan tekstur mirip, seperti es serut. Prosesnya dimulai dengan mencampurkan air dengan sirup atau jus buah segar, gula, dan beberapa tetes sari lemon.
ADVERTISEMENT
Setelah itu, campuran tadi dimasukkan ke dalam loyang yang dibekukan selama beberapa jam. Rasanya manis, segar dengan tekstur unik mirip kristal es yang lembut.
Itulah empat minuman khas Italia yang populer dan paling digemari tidak hanya di Italia tetapi juga seluruh dunia. Dari keempat minuman di atas, kira-kira yang mana jadi favorit? (ERI)