4 Tempat Wisata Kuliner Solo yang Lagi Hits, Wajib Dicoba

Menyajikan informasi untuk menginspirasi dan menambah wawasan pembaca
Konten dari Pengguna
19 September 2023 15:43
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Jendela Dunia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi tempat wisata kuliner Solo yang lagi hits. Sumber: Unsplash/ Mufid Majnun.
ADVERTISEMENT
Ingin mencoba kulineran yang enak di kota Solo? Sebaiknya ketahui terlebih dahulu beberapa rekomendasi tempat wisata kuliner Solo yang lagi hits dan wajib dicoba bagi wisatawan yang tengah liburan ke kota tersebut.
ADVERTISEMENT
Meski merupakan kota kecil, tetapi Solo memiliki potensi wisata yang sangat besar. Salah satunya, yakni dari sisi wisata kuliner, yang berhasil menarik minat wisatawan karena memiliki tempat yang Instagramable dan makanan enak dan lezat.

Tempat Wisata Kuliner Solo yang Lagi Hits

Ilustrasi tempat wisata kuliner Solo yang lagi hits. Sumber: Unsplash/ arif ubayy.
Solo menjadi salah satu kota yang kerap disebut sebagai surganya para pecinta kuliner, karena kota yang satu ini menyuguhkan ragam kuliner dengan cita rasa luar biasa. Berikut ini rekomendasi tempat wisata kuliner Solo yang lagi hits dan wajib dikunjungi.

1. Nasi Liwet Wongso Lemu

Dikutip dari situs indonesia.travel, nasi liwet Solo merupakan olahan nasi putih yang diracik dengan santan, kaldu ayam, daun salam, serai, dan rempah pilihan hingga menghasilkan aroma yang menggugah selera.
Untuk melengkapi hidangan khas tersebut, nasi liwet juga diberi ayam suwir yang dilengkapi dengan sayur labu, telur rebus, dan sambal sedikit. Biasanya nasi dijajakan dengan harga mulai dari Rp10.000 hingga Rp25.000
ADVERTISEMENT
Salah satu tempat warung nasi liwet yang terkenal dengan kelezatannya adalah Nasi Liwet Wongso Lemu, warung ini sudah berdiri sejak tahun 1950 dan hampir tak pernah sepi pengunjung.
Kuliner satu ini berada di Jalan Teuku Umar, Keprabon dan bisa dikunjungi setiap hari mulai dari pukul 16.00 - 01.00 dini hari.

2. Serabi Notosuman

Serabi Notosuman dikenal sebagai salah satu wisata kuliner Solo yang sangat legendaris karena telah berdiri sejak 1923. Serabi ini masih menjadi makanan yang paling diburu wisatawan.
Serabi Notosuman dibuat menggunakan adonan tepung beras dan juga santan. Serabi di tempat ini memiliki tekstur yang lembut dengan pinggiran renyah karena dimasak dengan cara tradisional, yakni dengan menggunakan tungku kecil.
Serabi Notosuman menawarkan cita rasa yang lezat dengan berbagai varian rasa yang menggoda selera. Serabi ini dijual mulai dari harga Rp20.000 hingga Rp25.000 setiap porsinya.
ADVERTISEMENT
Selain bisa dinikmati di lokasi, serabi ini juga bisa dijadikan sebagai oleh-oleh dari Solo. Bagi yang ingin mencicipi kuliner Solo ini, Serabi Notosuman berada di ke Jalan Mohammad Yamin No 28, Solo.

3. Nasi Soto Ayam Gading

Tempat kuliner yang wajib dikunjungi saat berada di Solo selanjutnya adalah Nasi Soto Ayam Gading. Soto ini berada di kawasan Gading Kidul dan bisa dijumpai pada saat pagi hari pukul 06.00 WIB.
Satu porsi soto terdiri dari nasi, suwiran daging ayam, mie sohun, dan kentang yang disiram dengan kuah bening. Selain itu, terdapat aneka lauk lainmya yang bisa dijadikan pelengkap, seperti ampela, sate usus, dan sate telur puyuh.
Menariknya, Nasi Soto Ayam Gading ini menjadi wisata kuliner Solo langganan Presiden Joko Widodo dan para pejabat negara.
ADVERTISEMENT
Bagi yang ingin mencicipi makanan ini, Nasi Soto Ayam Gading berada di Jalan Brigjen Sudiarto No 75. Makanan satu ini paling cocok untuk sarapan di pagi hari.

4. Sate Kambing Mbok Galak

Warung sate kambing Mbok Galak menjadi salah satu tempat kuliner yang legendaris dan sangat populer di Solo. Bahkan sate kambing ini sudah ada sejak Presiden Soeharto.
Kabarnya, Presiden Joko Widodo dan para pejabat negara lainnya juga kerap mampir ke tempat ini saat berkunjung ke Solo untuk mencicipi sate kambingnya yang enak dan lezat.
Satu porsi sate buntel di tempat ini terdiri dari dua tusuk olahan daging kambing muda yang dililit pada sebilah bambu, seperti sate lilit dari Bali.
Makanan khas Solo ini terletak di pinggir Jalan Mangun Sarkoro No. 122, Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah.
ADVERTISEMENT
Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata kuliner Solo lagi hits, wajib dikunjungi saat berkunjung ke kota tersebut. Segera rencanakan waktu liburan bersama keluarga. (IND)
editor-avatar-0