5 Daya Tarik Taman Nasional Komodo untuk Wisatawan

Menyajikan informasi untuk menginspirasi dan menambah wawasan pembaca
Konten dari Pengguna
9 Agustus 2022 22:39
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Jendela Dunia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Daya Tarik Taman Nasional Komodo, Foto/Unsplash/Chandler Cruttenden
zoom-in-whitePerbesar
Daya Tarik Taman Nasional Komodo, Foto/Unsplash/Chandler Cruttenden
ADVERTISEMENT
Taman Nasional Komodo merupakan taman nasional yang ramai dikunjungi wisatawan dari seluruh dunia karena keindahan alam dan daya tarik satwa uniknya yaitu kadal komodo. Taman Nasional Komodo merupakan tempat wisata yang berada di Kepulauan Sunda di wilayah perabatasan Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat. Taman nasional ini mencakup tiga pulau besar, yaitu Komodo, Padar dan Rinca.
ADVERTISEMENT
Taman Nasional Komodo memiliki banyak sekali tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi saat Anda berlibur di Nusa Tenggara Timur. Bukan hanya para wisatawan domestik saja yang tertarik untuk berkunjung ke tempat wisata ini, namun para wisatawan mancanegara pun turut meramaikan suasana di pulau Komodo.

Daya Tarik Taman Nasional Komodo

Dengan keaneka ragaman hayati yang tersimpan di pulau ini maka tak heran jika kawasan ini menjadi destinasi wisata favorit bagi para wisatawan. Anda yang ingin liburan disini harus menyiapkan kamera untuk mengabadikan momen disini. Berikut daya tarik Taman Nasional Pulau Komodo yang wajib Anda masukkan ke dalam daftar kegiatan selama di sana:

1. Menyaksikan Komodo dari jarak dekat

Salah satu tujuan para pengunjung datang di kawasan wisata ini tak lain adalah untuk menyaksikan hewan langka yang dilindungi di Taman Nasional Komodo secara langsung.
ADVERTISEMENT
Kalau biasanya Anda melihat komodo melalui gambar di halaman majalah atau Google, maka inilah saatnya bagi Anda untuk melihat langsung hewan komodo, di kawasan Taman Nasional ini para pengunjung dapat melihat kadar raksasa dengan ukuran sekitar 2-3 m dan berat sekitar 165 kg yang terkenal itu.
Saat menyaksikan hewan ini dari dekat anda diharapkan ditemani oleh pawang atau tim ranger yang akan menjaga keamanan anda. Tim ranger tersebut bertugas untuk memandu wisata para pengunjung yang ingin menyaksikan komodo dari dekat dengan aman.

2. Melakukan aktivitas Snorkling

Taman Nasional Komodo terletak tepat di jantung segitiga terumbu karang Asia Pasifik. Hal ini menjadikannya sebagai salah satu surga bawah laut terkaya di dunia.
Dengan hamparan warna-warni terumbu karang, ragam spesies ikan yang menghuni kawasan ini, termasuk daya tarik utamanya yakni berinteraksi secara langsung dengan ikan pari manta, ikan hiu, dan dugong, pastinya diving di Taman Nasional Komodo akan jadi pengalaman liburan Anda yang tak akan terlupakan!
ADVERTISEMENT
Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di kawasan wisata ini adalah menyaksikan para penduduk Pulau Komodo yang melakukan rutinitas harian mereka.

3. Melihat Kelelawar

Objek wisata ini semakin menarik perhatian wisatawan, dengan adanya aktivitas unik yaitu melihat kelelawar yang berbondong-bondong terbang dengan cantik. Para pengunjung dapat menyewa kapal khusus untuk menuju ke Pulau Kalong untuk menyaksikan pemandangan indah ini secara langsung.

4. Menikmati indahnya sunrise dan sunset

Di Taman Nasional Pulau Komodo ini terdapat pulau Kanawa yang menyediakan beberapa resort untuk Anda kunjungi. Anda bisa menyewa resort tersebut dengan harga sekitar 200.000/orang untuk tempat beristirahat sembari menyaksikan keindahan panorama pulau Kanawa.

5. Wisata Lengkap di Pulau Rinca

Atraksi yang cukup lengkap, bisa Anda temukan di Pulau Rinca. Pulau yang satu ini jadi incaran para wisatawan, sebab dapat melakukan berbagai aktivitas sekaligus, seperti menyusuri hutan bakau yang masih alami, melihat satwa liar seperti komodo, rusa timor, kerbau liar, monyet ekor panjang, dan masih banyak lagi di hamparan padang savana, nah pulau ini sering di datangi wisatawan dari manca negara. Pokoknya, jangan lewatkan berkunjung ke Pulau Rinca ya saat Anda punya kesempatan ke Taman Nasional Komodo!
ADVERTISEMENT
Demikian informasi daya tarik Taman Nasional Komodo, Anda tertarik berlibur disini?(NANDA)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020