5 Makanan Khas Batang Jawa Tengah yang Menggugah Selera

Jendela Dunia
Menyajikan informasi untuk menginspirasi dan menambah wawasan pembaca
Konten dari Pengguna
19 September 2023 15:50 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Jendela Dunia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Makanan khas Batang, foto hanya ilustrasi: Unsplash/Rafly Alfaridzy
zoom-in-whitePerbesar
Makanan khas Batang, foto hanya ilustrasi: Unsplash/Rafly Alfaridzy
ADVERTISEMENT
Berkunjung ke Kabupaten Batang tidak lengkap jika tidak mencicipi aneka kulinernya. Apalagi ada banyak makanan khas Batang yang memiliki cita rasa lezat dan wajib dicoba saat berkunjung ke sana.
ADVERTISEMENT
Mengutip dari situs resmi profil.batangkab.go.id, Batang merupakan salah satu kabupaten yang ada di wilayah Jawa Tengah dan berada di kawasan pantai utara Jawa Tengah. Kabupaten ini juga berada di jalur utama yang menghubungkan Jakarta-Surabaya.

5 Makanan Khas Batang Jawa Tengah yang Wajib Dicoba

Makanan khas Batang, foto hanya ilustrasi: Unsplash/Anisa Wulan Asri
Kabupaten Batang memiliki kuliner yang lezat dan menarik bagi wisatawan maupun warga setempat. Inilah deretan makanan khas Batang Jawa Tengah yang menggugah selera dan wajib untuk dicoba.

1. Lontong Lemprak

Makanan pertama ada lontong lemprak. Hidangan ini merupakan opor ayam dengan bumbu rempah-rempah yang khas. Biasanya ayam yang digunakan adalah ayam kampung sehingga rasanya menjadi gurih. Sesuai namanya, lontong lemprak disantap bersama lontong dan opor ayam tersebut.

2. Sotong Ireng

Selanjutnya ada sotong ireng. Ireng dalam bahasa Jawa berarti hitam, hal ini sesuai dengan warna makanannya yang berwarna hitam. Kuliner olahan sotong ini dimasak dengan bumbu khas yang nantinya disiram dengan santan untuk menghasilkan rasa gurih.
ADVERTISEMENT
Cara memasaknya dengan ditumis dan bagian tinta pada sotong tidak dibersihkan. Sehingga hasil masakannya menjadi hitam. Karena itulah nama makanan satu ini menjadi sotong ireng.

3. Soto Kebo

Makanan khas Batang berikutnya adalah soto kebo. Soto kebo menjadi salah satu kuliner yang cukup unik. Sama seperti soto lainnya, yang membedakan adalah daging yang digunakan untuk isian soto adalah daging kerbau. Rasa soto ini mirip dengan kuah tauto dengan rempah yang khas.

4. Carabikang

Bagi yang menyukai makanan manis, maka jangan lewatkan mencoba carabikang atau corobikang. Makanan ini merupakan salah satu jenis kue tradisional dengan yang berwarna-warni dan bentuknya mekar seperti bunga. Rasa manis dengan tekstur lembut ini cocok dijadikan camilan.

5. Gethuk Mawur

Terakhir, ada gethuk mawur, yaitu jenis getuk yang bentuknya tidak beraturan. Getuk ini dibuat dari bahan dasar singkong yang nantinya disajikan bersama parutan kelapa. Rasa manis dan gurih bisa dirasakan saat mencicipi makanan satu ini.
ADVERTISEMENT
Itu dia beberapa makanan khas Batang yang memiliki cita rasa lezat dan sayang jika dilewatkan. Kira-kira dari deretan makanan tersebut, manakah yang tertarik untuk dicoba secara langsung? (PRI)