Konten dari Pengguna

5 Tempat Wisata di Bontang dengan Pemandangan Indah

Jendela Dunia
Menyajikan informasi untuk menginspirasi dan menambah wawasan pembaca
25 Mei 2024 14:47 WIB
·
waktu baca 4 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Jendela Dunia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Tempat Wisata di Bontang. Foto hanya ilustrasi, bukan tempat yang sebenarnya. Sumber: unsplash.com/Barkah Wibowo
zoom-in-whitePerbesar
Tempat Wisata di Bontang. Foto hanya ilustrasi, bukan tempat yang sebenarnya. Sumber: unsplash.com/Barkah Wibowo
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Bontang merupakan salah satu kota di Provinsi Kalimantan Timur yang menyimpan deretan tempat wisata dengan pemandangan indah. Tempat wisata di Bontang sangat lengkap. Tidak hanya wisata alam dan bahari, wisata sejarah dan budaya pun ada.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari website resminya dispopar.bontangkota.go.id, Bontang terkenal sebagai kota industri, lengkap dengan segala fasilitasnya. Seiring berjalannya waktu, Kota Bontang berkembang hingga menjadi salah satu destinasi utama bagi masyarakat Kalimantan Timur.

5 Tempat Wisata di Bontang

Tempat Wisata di Bontang. Foto hanya ilustrasi, bukan tempat sebenarnya. Sumber: unsplash.com/Vanessa
Pesona Kota Bontang menjadi populer bagi masyarakat setempat maupun warga asing yang sedang berlibur. Wisata alam menjadi alternatif tempat berkumpul dan berlibur bersama sanak keluarga dan teman untuk menikmati pesona alam.
Menikmati pemandangan di tempat wisata menjadi salah satu obat penat di tengah kesibukan rutinitas. Inilah deretan tempat wisata di Bontang yang wajib dikunjungi.

1. Taman Graha Mangrove BSD

Taman Wisata Graha Mangrove BSD (TWGM BSD) merupakan salah satu alternatif wisata alam di Kota Bontang. TWGM BSD ini terletak di perumahan BSD (Bukit Sekatup Damai) Jalan Gunung Batur.
ADVERTISEMENT
Hutan mangrove yang rapat membuat wilayah ini menjadi sangat asri dan nyaman untuk bersantai. Pengunjung juga bisa melihat aneka tumbuhan mangrove, pengunjung juga dapat melihat satwa lain seperti Bekantan dan beberapa jenis burung.
Perahu dayung juga disediakan oleh pengelola setempat untuk mengajak pengunjung berkeliling di hutan mangrove. Pengunjung dapat berfoto dan menikmati suasana hutan mangrove menggunakan perahu dayung.

2. Pulau Beras Basah

Pulau dengan julukan surganya Bontang ini memiliki keindahan pemandangan yang luar biasa indah. Pesona pasir putih dan lautnya yang biru jernih menjadikan daya tarik tersendiri pada Pulau Beras Basah.
Aktivitas yang digemari di pulau ini adalah snorkeling untuk melihat keindahan hewan laut dan terumbu karang. Apabila pengunjung tidak membawa alat snorkeling, di sini juga sudah disediakan penyewaan alat.
ADVERTISEMENT

3. Pulau Segajah

Pulau Segajah terletak berdekatan dengan Pulau Beras Basah. Hal ini membuat para pengunjung semakin tertarik berkunjung karena dapat berwisata ke dua pulau di waktu yang berdekatan.
Pulau Segajah hanya dibuka untuk pengunjung saat siang hari, melainkan saat air laut sedang surut. Saat malam hari Pulau Segajah ini mulai tidak terlihat karena air pasang yang menutupi permukaan pulau. Inilah yang menjadi keunikan pada pulau ini.
Keunikan lainnya terdapat pada bentuk pulau yang menyerupai hewan Gajah sehingga pulau ini dinamakan Pulau Segajah. Air lautnya sangat jernih, sehingga pengunjung juga dapat melihat organisme laut, seperti bintang laut, bulu babi, dan terumbu karang.

4. Lembah Permai Adventure Park

Lembah Permai Adventure Park merupakan tempat wisata yang wajib dikunjungi. Selain pemandangan alamnya indah, Lembah Permai juga menyediakan wahana-wahana menantang yang menyenangkan dan cocok untuk liburan keluarga.
ADVERTISEMENT
Wahana yang disediakan di antaranya flying fox dan outbound, high rope, bersepeda, dan kolam renang. Harga tiket untuk masuk ke Lembah Permai Adventure Park ini hanya Rp50.000.
Pengunjung juga bisa menikmati udara yang sejuk dengan pemandangan sungai bersih. Restoran dan fasilitas umum lainnya juga disediakan oleh pihak pengelola wisata.

5. Desa Wisata Bontang Kuala

Desa wisata Bontang Kuala merupakan tempat wisata dengan ciri khas pemukiman nelayan di atas laut atau pemukiman apung. Letak desa wisata Bontang Kuala ini ada di pesisir timur Kota Bontang.
Saat ini di Bontang Kuala sudah tersedia penginapan yang dapat disewa untuk para pengunjung yang ingin bermalam. Selain melihat kampung apung, di Bontang Kuala ini pengunjung dapat membeli produk UMKM yang dikelola masyarakat setempat.
ADVERTISEMENT
Pengunjung juga dapat melihat Cagar Budaya Masjid Tua Al Wahhab yang menyimpan sejarah perkembangan Islam di Bontang. Daya tarik ini membuat desa wisata Bontang Kuala menjadi lengkap untuk dapat dikunjungi.
Beberapa rekomendasi tempat wisata di Bontang, Kalimantan Timur ini menjadi pilihan destinasi yang populer karena memiliki pemandangan yang indah. Selain dapat menghilangkan penat, juga akan mendapatkan pengalaman yang tidak terlupakan. (NAI)