7 Pantai di Banjarmasin yang Indah dan Eksotis

Jendela Dunia
Menyajikan informasi untuk menginspirasi dan menambah wawasan pembaca
Konten dari Pengguna
15 Januari 2024 22:25 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Jendela Dunia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Pantai di Banjarmasin. Foto: Unsplash/Sean Oulashin.
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Pantai di Banjarmasin. Foto: Unsplash/Sean Oulashin.
ADVERTISEMENT
Tak hanya terkenal dengan julukan Seribu Sungai, Kota Banjarmasin juga dikenal memiliki banyak sekali destinasi wisata lain, satu diantaranya yaitu pantai. Pantai di Banjarmasin menjadi salah satu objek wisata yang cukup banyak diminati masyarakat.
ADVERTISEMENT
Mengutip dari Jurnal Oseanografi, Kusumawati, dkk. (2015), Banjarmasin merupakan ibukota dari Kalimantan Selatan yang juga merupakan salah satu gerbang dalam perekonomian di Indonesia. Banyaknya hasil bumi itu membuat Banjarmasin menjadi kota niaga.
Selain hasil bumi, beberapa ikon Banjarmasin seperti wisata Pasar Terapung dan pantai menjadi sesuatu yang dapat menarik wisatawan untuk berkunjung ke Banjarmasin. Pantai di Banjarmasin cukup menjadi favorit, karena ramah untuk keluarga.

7 Pantai di Banjarmasin yang Indah

Ilustrasi Pantai di Banjarmasin. Foto: Unsplash/frank mckenna.
Berikut adalah beberapa pantai di Banjarmasin yang memiliki pemandangan indah dan eksotis yang wajib dikunjungi saat berkunjung di Banjarmasin:

1. Pantai Angsana

Pantai Banjarmasin yang indah pertama adalah Pantai Angsana. Pantai Angsana adalah lokasi wisata yang terletak di Kecamatan Angsana. Jika ditempuh dari Kota Banjarmasin akan menghabiskan waktu sekitar 5 jam.
ADVERTISEMENT
Pantai Angsana memiliki suasana yang tenang dan damai. Selain itu, Pantai Angsana terletak di perkebunan sawit, sehingga pemandangan sekitar pantai semakin indah.

2. Pantai Gedambaan

Selanjutnya ada Pantai Gedambaan. Pantai Gedambaan memiliki hamparan pasir putih yang bersih dan akan tampak berkilau saat terkena sinar matahari. Pantai Gedambaan disebut juga dengan Pantai Sarang Tiung.

3. Pantai Asmara

Pantai Asmara tergolong destinasi wisata yang masih baru di Kalimantan Selatan. Lokasinya berada di Desa Muara Asam-asam. Di Pantai Asmara, pengunjung dapat bersantai di sekitar tepi pantai atau berenang karena memiliki ombak yang tenang.
Selain itu, Pantai Asmara juga dilengkapi oleh beberapa spot-spot foto yang instagramable yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung.

4. Pantai Batu Buaya

Sesuai dengan namanya, Pantai Batu Buaya memiliki banyak bebatuan, gundukan pasir, dan batuan karang yang tersebar di sekitar pantai. Pantai ini memiliki keindahan alam yang tak bisa dilewatkan.
ADVERTISEMENT

5. Pantai Pagatan

Pantai Pagatan adalah salah satu pantai yang terkenal karena adanya acara ritual Macceratasi atau pesta laut khas nelayan keturunan suku Bugis asli di kawasan pantai.
Selain itu, pantai ini memiliki panorama lautan biru dan pasir putih yang menjadi daya tarik utama. Pengunjung juga dapat menyaksikan sunset di sore hari.

6. Pantai Joras

Pantai Joras memiliki suasana mirip dengan lokasi syuting drakor Goblin. Air yang jernih dan angin yang sepoi-sepoi menjadi daya tarik utama dari pantai ini.
Pantai ini sangat cocok untuk me time karena suasananya yang sepi. Hal ini disebabkan tak banyak perumahan warga lokal yang berada di sekitar pantai.

7. Pulau Birah-birahan

Pulau Birah-birahan merupakan pulau yang memiliki pemandangan luar biasa eksotis. Pengunjung dapat menjelajahi pulau, memancing, hingga melakukan snorkeling atau diving untuk menikmati keindahan alam bawah laut dari pulau ini.
ADVERTISEMENT
Demikian adalah beberapa pantai di Banjarmasin yang indah dan eksotis. Jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati panorama pantai yang khas di Banjarmasin saat sedang berkunjung di kota ini. (Nisa)