8 Jenis Visa Amerika Serikat dan Kegunaannya

Menyajikan informasi untuk menginspirasi dan menambah wawasan pembaca
Konten dari Pengguna
10 Juli 2022 15:03
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Jendela Dunia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
 Jenis Visa Amerika Serikat dan Kegunaannya, https://unsplash.com/@agusdietrich
zoom-in-whitePerbesar
Jenis Visa Amerika Serikat dan Kegunaannya, https://unsplash.com/@agusdietrich
ADVERTISEMENT
Jenis visa Amerika Serikat ada beragam dan mengakomodasi kegunaan yang berbeda-beda. Jadi, Anda hanya dibatasi melakukan aktivitas tertentu berdasarkan tipe yang Anda miliki. Apabila Anda ketahuan melanggar ketentuan visa tersebut, Anda tentu akan dijerat sesuai aturan hukum yang berlaku di Amerika Serikat.
ADVERTISEMENT

Jenis Visa Amerika Serikat dan Kegunaannya

Ketika Anda mendaftarkan aplikasi visa AS di kantor kedutaan besar, Anda tentu ditanya apa tujuan Anda untuk datang ke sana. Sebab, setiap jenis visa Amerika Serikat tersebut memiliki syarat yang berbeda-beda untuk memperolehnya.
Simak uraian mengenai aneka jenis visa Amerika Serikat dan kegunaannya masing-masing menurut situs www.worldatlas.com :

1. Tipe A

Visa Tipe A dikeluarkan untuk pelatihan resmi pemerintah. Ada tipe A-1, A-2, dan A-3. A-1 dikeluarkan untuk otoritas pemerintah asing dan keluarga mereka termasuk utusan, petugas konsuler, perwakilan panggilan dan menteri pemerintah.
Tipe A-2 dikeluarkan untuk otoritas pemerintah asing lainnya bersama dengan perwakilan mereka. A-3 dikeluarkan untuk pekerja individu, peserta dan perwakilan dari pemegang Visa A-1 dan A-2.
ADVERTISEMENT

2. Tipe B

Jenis Visa Amerika Serikat tipe B terdiri dari B-1 dan B-2. Visa ini dikeluarkan untuk warga asing non-imigran untuk tujuan bisnis singkat (B-1) atau liburan (B-2). Jika Anda berencana berlibur ke amerika berarti menggunakan visa jenis B-2.

3. Tipe C

Tipe C merupakan visa non-migran yang dikeluarkan untuk warga negara asing yang sedang melakukan perjalanan ke negara lain melalui Amerika Serikat. Tipe C-1 dikeluarkan untuk orang yang sedang dalam perjalanan, C-2 untuk orang luar yang sedang dalam perjalanan ke Amerika Serikat dan C-3 untuk otoritas pemerintah asing dan keluarga mereka dalam perjalanan.
Artinya, visa ini juga bisa didapatkan ketika seseorang tersebut sudah berada di Amerika, masa berlaku visa Amerika sudah habis dan ingin menetap disana sementara waktu untuk melanjutkan perjalanan ke negara lain.
ADVERTISEMENT

4. Tipe D

Visa tipe D dikeluarkan untuk anggota awak dari pesawat dan kapal. Sedangkan visa DV-1 diberikan kepada pemenang lotere Visa Diversity, dan DV-2 untuk teman dan anak-anak pemenang lotere visa.

5. Tipe F

Jenis Visa ini dikeluarkan untuk siswa asing yang datang untuk belajar di Amerika Serikat. Ada dua jenis visa Pelajar. Visa F-1 dan J-1. Visa F-1 dikeluarkan untuk siswa penuh yang terdaftar dalam program ilmiah. Visa ini juga diterbitkan untuk mahasiswa di program bahasa.
Visa F-1 memberikan izin kepada pelajar untuk tetap tinggal di Amerika Serikat selama seluruh periode studi dan tambahan 2 bulan. Ini adalah prasyarat wajib bagi setiap siswa asing dan berakhir setelah periode yang dinyatakan dalam formulir I-20 di mana siswa harus menyelesaikan ujian akhir mereka.
ADVERTISEMENT

6. Tipe J-1

Visa J-1 dikeluarkan untuk mahasiswa pertukaran atau Exchange Visitor Visa. Visa ini berlaku untuk waktu yang lama setelah itu siswa berkomitmen untuk kembali ke negara asalnya. Visa J-1 hanya berlaku untuk tujuan akademis dan dikeluarkan untuk siswa yang mencari pengalaman praktis yang tidak ditemukan di negara asal mereka.

7. Tipe G

Visa ini dikeluarkan untuk pekerja dari asosiasi global yang berlokasi di Amerika Serikat. Ini juga dikeluarkan untuk otoritas pemerintah dan duta besar yang merupakan pekerja dari organisasi-organisasi ini.

8. Visa H1-B

Visa ini merupakan jenis visa pekerja sementara (pekerja terampil) yang dikeluarkan untuk pekerja terampil sementara yang memiliki spesialisasi di bidang atau pekerjaan tertentu. Untuk mendapatkan ini, seseorang harus memiliki hubungan karyawan-bos dan harus berpenghasilan di atas upah yang berlaku dari pekerjaan itu.
ADVERTISEMENT
Ada juga visa Green Card atau visa tinggal permanen yang memberi wewenang kepada seseorang untuk menetap dan bekerja di Amerika Serikat secara permanen.
Jadi, jenis visa Amerika Serikat mana yang rencananya kamu ajukan? Jangan sampai salah karena akibatnya bisa fatal. Semoga membantu.(Dyan)
editor-avatar-0
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020