9 Makanan Khas Maroko yang Populer dan Terenak

Menyajikan informasi untuk menginspirasi dan menambah wawasan pembaca
Konten dari Pengguna
29 Agustus 2023 11:26 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Jendela Dunia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi makanan khas maroko. Sumber: www.unsplash.com
ADVERTISEMENT
Ada banyak makanan khas Maroko yang populer dan terenak, salah satunya Chicken Tajine. Dikenal dengan sajian santapan yang ekstotik, menu khas Maroko terkenal kaya rempah dengan pengaruh dari berbagai budaya seperti Arab, suku Berber, dan Spanyol.
ADVERTISEMENT
Menurut buku Journey To Andalusia: Jelajah 3 Daulah, Marfuah Panji Astuti (2017:36), tajine adalah tembikar khas Maroko yang digunakan untuk mengolah aneka bahan makanan, seperti daging kambing, sapi, ayam, dan lainnya.

Rekomendasi Makanan Khas Maroko

Ilustrasi makanan khas maroko. Sumber: www.unsplash.com
Maroko adalah negara yang terkenal dengan kekayaan budayanya, termasuk dalam hal kuliner. Kelezatan makanan khas Maroko sudah sangat terkenal di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Berikut rekomendasi makanan kaya rasa dan kaya pengaruh budaya ini.

1. Chicken Tajine

Tajine adalah hidangan khas Maroko yang terkenal di seluruh dunia. Wadah tanah liat bernama tajine inilah yang memberikan rasa yang khas pada makanan.
Tajine bisa berisi daging selain ayam, bisa domba atau sapi, sayuran, dan rempah-rempah seperti kulit jeruk, jintan, dan kayu manis.
ADVERTISEMENT

2. Couscous

Couscous adalah hidangan yang terbuat dari butiran gandum yang diukus. Biasanya disajikan dengan daging (seperti ayam, domba, atau sapi), sayuran, dan saus kaya rempah-rempah.
Couscous sangat populer di Maroko dan menjadi hidangan pokok dalam budaya kuliner mereka.

3. Harira

Harira adalah sup yang terkenal di Maroko, terutama selama bulan Ramadhan. Sup ini terbuat dari tomat, lentil, daging (biasanya domba), dan rempah-rempah seperti jahe, kayu manis, dan kacang arab.

4. Pastilla

Pastilla adalah hidangan gurih yang biasanya terbuat dari daging ayam yang dimasak dengan rempah-rempah seperti kayu manis, jahe, dan saffron.
Daging ayam yang dimasak kemudian dibungkus dengan lembaran filo pastry dan ditaburi dengan gula bubuk dan kayu manis. Ini adalah hidangan yang unik dan memiliki rasa yang menggugah selera.
ADVERTISEMENT

5. Briwats

Briwats adalah hidangan penutup tradisional Maroko yang terbuat dari lembaran filo pastry yang diisi dengan kacang, madu, krim kacang, atau buah kering. Hidangan ini digoreng hingga renyah dan sering disajikan dengan teh mint.

6. Loubia

Makanan ini adalah hidangan tradisional yang terbuat dari kacang putih rebus dan saus berbahan dasar tomat. Biasanya disajikan sebagai hidangan pembuka dengan ketumbar atau peterseli, lalu disantap bersama roti.
Karena sederhana, proses pembuatannya cepat, dan rasanya yang lezat, loubia pun banyak ditemukan di rumah-rumah di seluruh Maroko.

7. Chebakia

Chebakia merupakan kue khas Maroko yang teksturnya kenyal, renyah, dan aromanya sangat harum. Rasanya manis, chebakia biasanya disajikan bersama harira saat bulan Ramadan.
Kue ini dibuat dengan menyusun potongan-potongan adonan menjadi bentuk seperti bunga. Kemudian digoreng, dilapisi madu dan ditaburi biji wijen.
ADVERTISEMENT

8. Maakouda

Makanan khas ini merupakan gorengan kentang tradisional yang polos. Namun, seiring berjalannya waktu, maakouda banyak dikreasikan dengan isian berupa daging, ikan tuna, atau keju.
Maakouda terbuat dari kentang, tepung, bawang putih, garam, merica, dan peterseli. Mula-mula kentang direbus, dihaluskan, lalu dicampur dengan bahan-bahan lain, digoreng dalam minyak panas hingga warnanya berubah menjadi cokelat keemasan.

9. Rfisa

Menu ini adalah salah satu hidangan keluarga terbaik karena dihidangkan dalam reuni keluarga dan acara-acara keagamaan, atau Zarda menurut orang Maroko.
Makanan khas Maroko ini lebih banyak disiapkan pada saat-saat melahirkan karena dipersiapkan untuk wanita yang baru saja melahirkan.
Melihat deretan menu lezat ini, kira-kira makanan khas Maroko mana yang jadi favorit?
ADVERTISEMENT
Apalagi karakteristik masakan Maroko yang menggunakan rempah-rempah secara melimpah, disebutkan berkhasiat untuk kesehatan dan kecantikan sehingga semakin populer dan digemari. Tertarik mencoba?(VAN)