Begini Cara Masuk Gerbang Tol Bagi Pemula

Jendela Dunia
Menyajikan informasi untuk menginspirasi dan menambah wawasan pembaca
Konten dari Pengguna
14 Juli 2022 15:24 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Jendela Dunia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
cara masuk gerbang tol bagi pemula, foto unplash, novita ramadhani
zoom-in-whitePerbesar
cara masuk gerbang tol bagi pemula, foto unplash, novita ramadhani
ADVERTISEMENT
Jalan Tol adalah jalan umum atau tertutup di mana para penggunanya dikenakan biaya untuk melintasinya sesuai tarif yang berlaku. Informasi cara masuk gerbang tol bagi pemula tentunya sangat dibutuhkan sehingga akan diulas dalam artikel berikut ini.
ADVERTISEMENT
Banyaknya pengguna jalan tol, nampaknya masih banyak yang melanggar peraturan tata tertib,apalagi pengemudi pemula.

Cara Masuk Gerbang Tol Bagi Pemula Penting!

Pada saat memasuki jalan tol tentunya tidak boleh asal nyelonong masuk ke jalur tol yang ada. Ada beberapa peraturan yang harus dilakukan saat memasuki jalan tol. Berikut ini cara masuk gerbang tol bagi pemula.

1. Mempunyai Kartu E-Toll dengan Saldo Cukup

Untuk masuk gerbang tol, pastikan Anda memiliki kartu E-Toll dan saldo yang cukup. Karena sudah tidak melayani dengan pembayaran uang tunai, untuk melakukan pengecekan saldo E-Toll Anda dapat melakukan di Indomaret atau Alfamaret.

2. Pahami Rute Jalan Tol

Untuk memudahkan mengetahui rute jalan tol, Anda bisa menggunakan Goggle Maps. Informasi rute jalan tol juga dapat ditanyakan pada petugas yang ada di gerbang-gerbang tol yang dilewati.
ADVERTISEMENT

3. Perhatikan Petunjuk Arah Jalan Tol

Di jalan tol tidak menyediakan jalan untuk putar balik, karena itu perhatikanlah rambu-rambu petunjuk arah yang ada di jalan tol tersebut.

4. Gunakan Lajur Kiri

Gunakan lajur kiri saat berada di jalan tol, karena lajur kanan hanya untuk mendahului kendaraan lain. Tidak dibenarkan jika Anda mendahului dari lajur kiri, karena hal tersebut membahayakan diri sendiri dan orang lain.

5. Jaga Jarak Aman

Jangan terlalu dekat dengan kendaraan lain saat berada di jalan tol. Jarak aman di tol yaitu sekitar 20-30 meter bila kecepatan berkisar 20-30 km/jam.

6. Gunakan Rem dan Transmisi dengan Benar

Jika melakukan pengereman dengan pedal rem atau dengan penurunan gigi tranmisi, lakukanlah sebelum mobil berada di tikungan.

7. Hindari Kepanikan

Jika mobil Anda tiba-tiba mogok atau ada masalah, tetaplah tenang, dan jangan melakukan pengereman secara mendadak. Lakukan pengereman secara perlahan dan cari area parkir darurat yang berada di sisi bahu jalan sebelah kiri, jangan lupa hidupin lampu sein kiri.
ADVERTISEMENT

8. Jauhkan HP

Mengendarai mobil dengan bermain hp tentunya sangat membahayakan. Lakukanlah bermain hp saat Anda sudah sampai di tujuan.
Nah, itulah beberapa cara masuk gerbang tol bagi pemula, agar perjalanan Anda aman dan sampai tujuan dengan selamat.(Diah)