Konten dari Pengguna

Cara Cek Saldo Kartu KRL dengan Handphone

Jendela Dunia
Menyajikan informasi untuk menginspirasi dan menambah wawasan pembaca
9 Mei 2024 14:42 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Jendela Dunia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Cara cek saldo kartu KRL. Foto hanya ilustrasi, bukan gambar sebenarnya. Sumber: Unsplash/ Fasyah Halim.
zoom-in-whitePerbesar
Cara cek saldo kartu KRL. Foto hanya ilustrasi, bukan gambar sebenarnya. Sumber: Unsplash/ Fasyah Halim.
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Mengetahui cara cek saldo kartu KRL dengan handphone akan memudahkan para penumpang untuk mengetahui sisa saldo sebelum melakukan perjalanan. Sehingga lebih praktis dibandingkan harus mengecek secara konvensional.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari situs jakarta.go.id, KRL atau Kereta Rel Listrik adalah salah satu moda tranportasi umum yang digunakan oleh masyarakat. Terutama bagi masyarakat perkotaan yang ada di Jabodetabek dan Jogja-Solo.
Perlu diketahui bahwa untuk bisa naik KRL, saat ini penumpang bisa langsung membayar tanpa membeli tiket di loket. Salah satunya, yakni dengan menggunakan Kartu Multi Trip KRL atau kartu uang elektronik (e-Money) yang sudah diisi saldo terlebih dahulu.

Cara Cek Saldo Kartu KRL dengan Handphone yang Mudah Diikuti

Cara cek saldo kartu KRL. Foto hanya ilustrasi, bukan gambar sebenarnya. Sumber: Unsplash/ Fasyah Halim.
Setidaknya terdapat beberapa cara cek saldo kartu KRL menggunakan handphone yang mudah dan praktis, yakni melalui aplikasi C-Acces dan juga fitur NFT. Berikut informasi selengkapnya.

1. Via Aplikasi C-Access

Cara cek saldo KRL menggunakan handphone selanjutnya yakni dengan menginstal aplikasi C-Access. Aplikasi ini juga bisa di-download secara gratis di Play Store bagi pengguna Android dan App Store untuk pengguna IOS di perangkat handphone. Berikut langkah-langkahnya.
ADVERTISEMENT

3. Fitur NFC

Cara ini hanya bisa digunakan bagi perangkat handphone yang memiliki fitur NFC. Untuk mengecek saldo kartu KRL, maka bisa buka menu NFC dan tempelkan kartu ke perangkat handphone untuk melihat jumlah sisa saldo yang ada.
Penting untuk diketahui, penumpang KRL juga tetap dapat melakukan pengecekan saldo secara konvensional di loket pembayaran di stasiun. Namun, tentu saja harus menggunakan perangkat handphone memberikan akses yang lebih praktis dan cepat
ADVERTISEMENT
Bagaimana? Mudah, bukan? Itulah beberapa cara cek saldo kartu KRL menggunakan handphone. Semoga bisa lebih memudahkan penumpang KRL untuk mengecek saldo tanpa harus datang stasiun. (IND)