Curug Citiis Jonggol: Air Terjun yang Sejuk dan Cocok untuk Menyendiri

Jendela Dunia
Menyajikan informasi untuk menginspirasi dan menambah wawasan pembaca
Konten dari Pengguna
11 Juni 2024 14:39 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Jendela Dunia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Curug Citiis Jonggol. Foto hanya ilustrasi, bukan tempat sebenarnya. Sumber: unsplash.com
zoom-in-whitePerbesar
Curug Citiis Jonggol. Foto hanya ilustrasi, bukan tempat sebenarnya. Sumber: unsplash.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Curug Citiis Jonggol menawarkan suasana air terjun yang sejuk dengan pemandangan yang indah dan memesona. Tempat ini cocok untuk menyendiri karena lokasinya yang cukup tersembunyi di tengah pepohonan.
ADVERTISEMENT
Nama air terjun ini berasal dari bahasa Sunda yaitu Curug dan Citiis. Curug sendiri memiliki arti air terjun sedang ci berarti air dan ti’is/tiris berarti dingin sehingga jika digabung memiliki arti air terjun yang dingin.

Daya Tarik Air Terjun Curug Citiis Jonggol

Curug Citiis Jonggol. Foto hanya ilustrasi, bukan tempat sebenarnya. Sumber: unsplash.com
Ketika berkunjung ke Curug Citiis Jonggol, wisatawan dapat merasakan suasana air terjun yang cukup dingin dan tenang. Ditambah lagi wilayah di sekitar air terjun ini masih banyak pepohonan sehingga menambah suasana sejuk khas pegunungan.
Air terjun ini terletak cukup tersembunyi sehingga tidak terlalu ramai dan cocok untuk wisatawan yang ingin menyendiri dan menghindari kerumunan. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 8 sampai 10 meter dengan aliran sungai yang berdekatan dengan Curug Cilandak.
ADVERTISEMENT
Di dekat air terjun sudah ditata rapi dengan gazebo untuk beristirahat sembari menikmati pemandangan alam. Ada juga kolam renang yang bisa digunakan untuk sekedar berendam ataupun berenang.

Lokasi, Jam buka, Harga Tiket, dan Cara ke Curug Citiis Jonggol

Curug Citiis Jonggol. Foto hanyalah ilustrasi, bukan tempat yang sebenarnya. Sumber: Unsplash/Haerul Am
Banyak orang yang mengira bahwa air terjun ini terletak di Kecamatan Jonggol, padahal sebenarnya terletak di Kecamatan Sukamakmur. Meskipun begitu, dikutip dari website resmi Kabupaten Bogor https://bogorkab.go.id, kedua kecamatan tersebut masih berada di Kabupaten Bogor, Jawa Barat.
Air terjun ini lebih tepatnya terletak di Desa Sukaresmi, Kec. Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Buka setiap hari dari pukul 05.00 sampai 18.00 WIB.
Ketika berkunjung ke tempat ini wisatawan perlu menyiapkan uang antara Rp5000 sampai Rp10.000 untuk biaya parkir. Untuk bisa berkunjung ke tempat ini, wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum.
ADVERTISEMENT
Apabila menggunakan kendaraan pribadi dan berangkat dari daerah Cibubur, wisatawan bisa ke arah Cileungsi dan melewati fly over Cileungsi. Setelah ini lurus terus sampai ke Kecamatan Jonggol.
Setelah itu, wisatawan akan menemukan alun-alun Jonggol dan sebelum alun-alun tersebut belok kanan ke arah Kecamatan Sukamakmur. Lalu belok kanan dan masuk ke Jalan Raya Dayeuh dan akan sampai ke Pasar Dayeuh.
Setelah itu belok kiri dan wisatawan akan memasuki wilayah pemukiman dan melewati jembatan Cipamingkis. Lalu jalanan akan menanjak dan ketika terlihat banner pada sisi kiri jalan, belok kiri untuk memasuki kawasan objek wisata ini.
Demikian informasi mengenai Curug Citiis Jonggol yang sejuk dan menenangkan. Dengan berkunjung ke tempat ini diharapkan wisatawan dapat menenangkan hati dan pikiran dari kesibukan sehari-hari. (SAN)
ADVERTISEMENT