Goa Kreo, Gua Unik yang Terbentuk di Tengah Waduk di Semarang

Jendela Dunia
Menyajikan informasi untuk menginspirasi dan menambah wawasan pembaca
Konten dari Pengguna
20 Mei 2024 14:56 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Jendela Dunia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Goa Kreo (Foto hanya ilustrasi, bukan tempat sebenarnya) Sumber: unsplash.com/ Devon Janse van Rensburg
zoom-in-whitePerbesar
Goa Kreo (Foto hanya ilustrasi, bukan tempat sebenarnya) Sumber: unsplash.com/ Devon Janse van Rensburg
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Goa Kreo berada di tengah waduk Jatibarang Semarang. Gua tersebut memiliki keindahan bawah tanah yang memesona. Pengunjung yang datang ke sini akan menemukan pemandangan bebatuan alami di dalamnya.
ADVERTISEMENT
Selain itu, ada cerita menarik mengenai penghuni gua berupa kera-kera yang dianggap sebagai utusan wali untuk menjaga daerah tersebut. Pengunjung yang datang ke sini bisa menyegarkan pikiran sekaligus wisata sejarah.

Lokasi Goa Kreo, Jam Buka dan Harga Tiketnya

Goa Kreo (Foto hanya ilustrasi, bukan tempat sebenarnya) Sumber: unsplash.com/ Bruno van der Kraan
Mengutip dari situs pariwisata.semarangkota.go.id, Gua Kreo adalah salah satu dari banyak situs gua yang tersembunyi dan menawarkan petualangan misterius ke dalam dunia bawah tanah yang memesona.
Masyarakat percaya bahwa gua ini pernah digunakan sebagai tempat peristirahatan Sunan Kalijaga ketika mencari kayu jati yang digunakan untuk membangun Masjid Agung Demak.
Goa di sini tidak begitu besar, namun cukup panjang dan ada beberapa gua lagi di dalamnya yang membuat penasaran. Kreo sendiri bermakna "jagalah". Konon kera-kera itu mendapat mandat dari Sunan Kalijaga untuk menjaga kawasan tersebut dari para penjahat.
ADVERTISEMENT
Adapun gua ini punya hawa yang sejuk dan pemandangan waduk Jatibarang yang terhampar luas dengan airnya yang tenang. Pengunjung setelah dari gua bisa menjajal naik perahu cepat untuk menjelajahi waduk yang luas ini.
Terdapat jembatan yang ikonik yang bisa digunakan berfoto di dekat waduk, tersedia banyak toko bagi yang lapar dan ingin memberi makan monyet.
Untuk memasuki area gua, pengunjung dikenakan tarif masuk yang murah meriah, yaitu Rp10.000 saja per orang. Pengunjung akan melihat banyak kawanan kera liar yang hidup di sekitar gua.
Lokasi Goa Kreo berada di Jl. Raya Goa Kreo, Kandri, Kec. Gunung Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah 50222. Tempat ini buka setiap hari mulai jam 08.00–17.00 WIB.
ADVERTISEMENT
Untuk menuju gua, pengunjung dapat naik angkutan umum karena lokasinya yang strategis. Dari Tugu Muda Semarang, perjalanannya hanya memerlukan waktu 22 menit.
Goa Kreo menyimpan keunikan berupa letaknya yang ada di tengah waduk serta memiliki beberapa gua lagi di bagian dalamnya. Area di sekitar gua ini berupa waduk dan banyak ditemukan hewan berupa kera yang menghuni kawasan tersebut. (IMA)