Intip Alun-Alun Terbesar di Jawa Tengah dengan Pohon Beringinnya

Jendela Dunia
Menyajikan informasi untuk menginspirasi dan menambah wawasan pembaca
Konten dari Pengguna
19 Desember 2023 15:14 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Jendela Dunia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Alun Alun Terbesar Di Jawa Tengah, Foto: Unsplash/Antonio Correa d Almeida.
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Alun Alun Terbesar Di Jawa Tengah, Foto: Unsplash/Antonio Correa d Almeida.
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Alun-alun adalah lapangan terbuka yang luas dan dikelilingi jalan-jalan utama di kota atau kabupaten. Hampir setiap kota kabupaten di Jawa Tengah memiliki alun-alun. Namun tidak banyak masyarakat yang mengetahui lokasi alun-alun terbesar di Jawa Tengah.
ADVERTISEMENT
Jawa Tengah sendiri terdiri dari 29 kabupaten dan enam kota. Setiap kabupaten atau kota memiliki alun-alun yang berfungsi sebagai pusat keramaian. Bahkan acara-acara pemerintah kabupaten atau kota juga sering diadakan di alun-alun.

Alun-Alun Terbesar di Jawa Tengah

Ilustrasi Alun Alun Terbesar Di Jawa Tengah, Foto: Unsplash/stockinasia.
Dari sekian banyak alun-alun yang ada di Jawa Tengah, terdapat beberapa yang mendapatkan predikat terluas diantara yang lainnya. Dikutip dari laman purworejokab.go.id, alun-alun terbesar di Jawa Tengah adalah alun-alun Purworejo.
Alun-alun Kabupaten Purworejo dibangun sejak tahun 1830 dan merupakan salah satu alun-alun terbesar di Pulau Jawa dengan luas mencapai 62.500 m² atau 6 hektar.
Alun-alun yang dianggap terluas di Jawa Tengah ini tidak memiliki poros utara-selatan tetapi diputar 37 derajat mengikuti pola jaringan jalan. Sekeliling alun-alun juga terdapat beberapa bangunan penting seperti Masjid Agung Darul Muttaqin Purworejo, Gereja GPIB, dan Kantor Kodim.
ADVERTISEMENT

Daya Tarik Alun-Alun Purworejo

Ilustrasi Alun Alun Terbesar Di Jawa Tengah, Foto: Unsplash/sanzios85.
Pada awalnya, alun-alun Purworejo adalah tempat latihan militer. Namun, seiring berkembangnya waktu membuat revitalisasi sebagai tempat wisata yang ramah lingkungan, murah meriah, dan memiliki ruang terbuka publik yang nyaman.
Ada beberapa daya tarik alun-alun Purworejo, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Pohon Beringin Tua

Terdapat peninggalan berupa pohon beringin tua di tengah alun-alun Kabupaten Purworejo. Pohon tersebut pernah diganti pada tahun 1973 dengan dua pohon merupakan pemberian Sri Sultan Hamengku Buwono IX.
Pohon beringin tersebut masih bediri dengan kokoh di alun-alun Purworejo. Bahkan pohon tersebut memiliki nama yaitu Ki Suryoputro untuk sebelah timur dan Ki Dewo Atmodjo untuk sebelah barat.

2. Fasilitas

Adanya revitalisasi yang dilakukan pemerintah membuat alun-alun ini terlihat lebih indah. Apalagi ditambah dengan berbagai fasilitas yang diberikan.
ADVERTISEMENT
Tidak hanya luas, alun-alun Purworejo ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap mulai dari wahana olahraga, kuliner, taman bermain anak hingga beragam spot foto yang menarik.

3. Pusat Kuliner

Di sebelah selatan alun-alun juga terdapat pusat kuliner yang diberi nama Romansa Kuliner Purworejo. Pengunjung yang datang bisa menikmati berbagai makanan khas Purworejo di sini.
Itulah alun-alun terbesari di Jawa Tengah, yaitu alun-alun Purworejo. Alun-alun ini dikenal dengan pohon beringin tuanya yang masih berdiri kokoh hingga saat ini. (Umi)