Masjid Hassan II Maroko, dekat Pantai dengan Pemandangan Indah

Jendela Dunia
Menyajikan informasi untuk menginspirasi dan menambah wawasan pembaca
Konten dari Pengguna
10 Juli 2024 14:02 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Jendela Dunia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Daya Tarik Masjid Hassan II Maroko. Foto hanya ilustrasi bukan tempat sebenarnya. Sumber foto: Unsplash.com/Egle Sidaraviciute
zoom-in-whitePerbesar
Daya Tarik Masjid Hassan II Maroko. Foto hanya ilustrasi bukan tempat sebenarnya. Sumber foto: Unsplash.com/Egle Sidaraviciute
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Maroko merupakan salah satu negara yang berada di ujung barat laut Afrika. Negara ini memiliki sejarah panjang dan berbagai bangunan menarik untuk dikunjungi. Salah satu yang cukup terkenal di negara ini adalah Masjid Hassan II Maroko.
ADVERTISEMENT
Masjid ini menjadi salah satu ikon wisata di Maroko, terutama untuk masyarakat muslim. Hal tersebut tidak lepas dari keindahan dari masjid yang dibangun di pinggir pantai ini.

Daya Tarik Masjid Hassan II Maroko

Daya Tarik Masjid Hassan II Maroko. Foto hanya ilustrasi bukan tempat sebenarnya. Sumber foto: Unsplash.com/Egle Sidaraviciute
Dikutip dari buku Perjalanan Lintas Batas, Musdah Mulia, (2024), Maroko atau Kerajaan Maroko adalah sebuah negara yang memiliki garis pantai cukup panjang dan menjadi salah satu negara yang terkenal sebagai destinasi wisata di dunia.
Ada banyak tempat wisata terkenal di negara ini. Maroko merupakan negara yang mayoritas penduduknya adalah muslim. Di mana sekitar 98 persen dari populasi penduduk di negara ini menganut agama Islam.
Jadi, tidak heran jika berkunjung ke negara ini menemukan banyak masjid dengan desain arsitekturnya indah dan menawan. Salah satu yang sangat terkenal adalah Masjid Hassan II Maroko.
ADVERTISEMENT
Masjid ini merupakan masjid yang terkenal dengan keindahan pemandangannya yang luar biasa. Hal tersebut sebenarnya tidak lepas dari lokasinya yang berada di pinggir pantai dan memiliki pemandangan langsung ke laut lepas.
Salah satu keunikan dari masjid ini adalah menaranya yang menjulang tinggi. Masjid ini memiliki menara yang tingginya 210 meter atau jika disandingkan dengan bangunan setara 60 lantai. Tentunya dari puncak menara pemandangannya sangat indah.
Bangunan masjid ini memiliki sejarah dalam proses pembangunannya. Masjid ini dibangun pada masa pemerintahan Raja Hassan II sekaligus menjadi salah satu pembangunan ambisius pada masa itu.
Masjid ini bukan hanya memiliki pemandangan yang bisa memanjakan pengunjung yang datang. Akan tetapi, juga bisa digunakan untuk berbagai kegiatan masyarakat karena mampu menampung sekitar 25.000 jemaah di dalamnya.
ADVERTISEMENT
Halaman dari masjid ini juga sangat luas, sehingga bisa digunakan untuk menampung sekitar 80.000 jemaah.
Keindahan arsitektur masjid ini tak berhenti di situ. Pengunjung akan disuguhkan dengan berbagai elemen dekoratif yang rumit dan penuh makna, seperti ukiran kaligrafi yang menghiasi dinding dan langit-langit masjid, serta mozaik berwarna-warni yang memukau.
Lantai masjid terbuat dari marmer Italia yang berkilauan, sehingga menambah kesan mewah dan megah pada bangunan ini.
Itulah ulasan mengenai Masjid Hassan II Maroko yang merupakan salah satu masjid ikonik dengan pemandangan indah di negara tersebut. (WWN)