Pantai Mandala Ria di Bulukumba untuk Liburan dengan View Cantik

Jendela Dunia
Menyajikan informasi untuk menginspirasi dan menambah wawasan pembaca
Konten dari Pengguna
26 Januari 2024 12:29 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Jendela Dunia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Pantai Mandala Ria, Foto: Pexels/Asad Photo Maldives
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Pantai Mandala Ria, Foto: Pexels/Asad Photo Maldives
ADVERTISEMENT
Pantai Mandala Ria di Bulukumba, Sulawesi Selatan ini menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat liburan. Pantai Mandala Ria ini juga menjadi destinasi wisata yang berkualitas internasional.
ADVERTISEMENT
Mengutip dari Akses Jalan Hubungkan Pantai Apparalang dan Mandala Ria, dalam situs sulselprov.go.id, Pantai Mandala Ria berasal dari pemberian nama yang diberikan oleh kepala desa waktu itu, Mustari, berdasarkan peristiwa pembebasan Irian Barat pada tahun 1962.
Pada saat itu, Jendral Mandala di desa ini diminta untuk dibuat 20 kapal dalam 20 hari dan terwujud. Objek wisata ini juga berdekatan dengan objek wisata lainnya, yaitu Pantai Apparalang. Liburan ke pantai ini pengunjung bisa menyaksikan proses pembuatan kapal pinisi dan sejarahnya.

Lokasi dan Cara ke Pantai Mandala Ria di Bulukumba

Ilustrasi Pantai Mandala Ria, Foto: Pexels/Pixabay
Lokasi Pantai Mandala Ria berada di Desa Ara, Lembanna, Kecamatan Bontobahari, Bulukumba, Sulawesi Selatan. Pantai ini memiliki jarak sekitar 35 km dari pusat Kota Bulukumba.
ADVERTISEMENT
Untuk yang dari luar Sulawesi, jika ingin berkunjung ke pantai ini diperkirakan jaraknya sekitar 4-5 jam.
Untuk menuju ke Pantai Mandala Ria, pengunjung bisa langsung mengambil jalur ke arah Kabupaten Bulukumba. Setelah sampai di Kabupaten Bulukumba, pengunjung bisa terus mengikuti jalan porosnya.
Setelah kira-kira 45 menit perjalanan,maka pengunjung akan melihat papan penanda jalan. Selanjutnya, ikuti penanda jalan tersebut sampai pengunjung sampai di lokasi wisata Pantai Mandala Ria, Bulukumba.
Tetap selalu berhati-hati saat melewati perjalanan ke Pantai Mandala Ria. Karena beberapa jalannya memang kurang bagus.

Daya Tarik dan Fasilitas di Pantai Mandala Ria di Bulukumba untuk Liburan

Ilustrasi Pantai Mandala Ria. Foto: Pexels/Asad Photo Maldives
Pantai Mandala Ria memiliki pemandangan yang menakjubkan. Di sini para pengunjung akan menikmati suasana alami dengan pasir putih dan air laut yang jernih.
ADVERTISEMENT
Di pantai ini pun pengunjung akan disuguhkan dengan terumbu karang dan biota laut. Karena air lautnya jernih, maka pengunjung bisa melihat panorama laut yang ada.
Di pantai ini pun ada banyak fasilitas yang memberikan kemudahan bagi para pengunjungnya. Fasilitasnya antara lain ada gazebo yang jumlahnya cukup banyak di pinggir pantai, ada kedai makanan dan minuman, spot foto Instagramable, hingga tersedia area parkir kendaraan.

Harga Tiket Masuk dan Beragam Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Pantai Mandala Ria di Bulukumba

Ilustrasi Pantai Mandala Ria, Foto: Pexels/Asad Photo Maldives
Untuk harga tiket masuk ke Pantai Mandala Ria, jika pengunjung hanya ingin berekreasi bersama orang-orang tersayang, maka akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp5.000.
Namun, jika pengunjung ingin camping atau kemah di pantai ini, maka harus membayar tiket sebesar Rp10.000.
ADVERTISEMENT
Adapun untuk aktivitas yang bisa dilakukan pengunjung di Pantai Mandala Ria yaitu antara lain, bersantai bersama orang tersayang dengan nyaman dan tenang, pengunjung juga bisa bermain air di pantai, dan juga mengabadikan momen dengan berfoto di sekitaran pantai.
Demikian informasi tentang Pantai Mandala Ria di Bulukumba untuk liburan dengan view cantik. Nikmati waktu liburan bersama keluarga, teman, dan kerabat lainnya dengan mengunjungi pantai cantik ini. (IF)