Yuk Malam Mingguan di Pantai Padang

Bahren
Dosen Sastra Minangkabau Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas
Konten dari Pengguna
5 November 2023 13:37 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Bahren tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Suasana Malam Minggu di Kawasan Danau CImpago. Foto kolksi Pribadi
zoom-in-whitePerbesar
Suasana Malam Minggu di Kawasan Danau CImpago. Foto kolksi Pribadi
ADVERTISEMENT
Yuk, Malam Mingguan di Pantai Padang
Apakah anda warga Padang?, atau kebetulan sedang berada di Padang pada akhir pekan ini. Jika jawabannya "iya", maka jangan lewatkan untuk menghabiskan malam minggu yang panjang ini di Pantai Padang. Pantai yang memiliki Panjang lebih kurang 1KM ini terbentang langsung menghadap Samudra Hindia. Kondisi inilah agaknya yang menyebabkan Pantai ini ombaknya tidak pernah tenang.
ADVERTISEMENT
Pantai yang terletak di jalan samudra ini adalah batas sebelah barat kota Padang yang langsung dengan Samudera Hindia. Jika anda ingin menghabiskan malam minggu di sekitar pantai ini anda bisa saja memulainya dari ujung selatan. Saran saya pergilah sebelum magrib ke pantai ini. Jika cuaca cerah maka kita akan dapat merasakan indahnya sunset secara langsung. Kita bahkan dapat mengabadikan moment ini tanpa ada halangan pepohonan atau pun bangunan-bangunan yang menghalangi karena kita berada presisi di pinggir pantai. Setelah puas menikmati indahnya sunset dan langit bewarna jingga. Bagi anda yang seorang Muslim dapat langsung merasakan sensasi sholat di masjid Al-Hakim, masjid yang berdiri tepat di ujung selatan pantai Padang ini, masjid ini hanya berjarak beberapa meter saja dari pinggir pantai. Soal parkir kendaraan anda jangan cemas, kawasan masjid ini memiliki lahan parkir yang sangat luas.
Sisi Lain kawansan Danau Cimpago di PAntai Padang. Foto KOleksi Pribadi
Setelah anda sholat magrib di masjid Al-Hakim anda dapat langsung menikmati kulineran murah meriah yang dijajakan di sekitar masjid. Mulai dari jajanan harga seribuan rupiah hingga puluhan ribu ada di sini. Anda juga bisa bergerak sedikit demi sedikit ke arah utara sembari menyisir jalan samudra. Di sisi kiri kanan jalan anda bisa mencicipi jajanan khas pinggir pantai seperti jagung bakar, pisang baka, kelapa muda yang harganya cukup terjangkau mulai dari lima ribuan sampai lima belas ribu tergantung porsi yang anda minta. Anda bisa turun dari kendaraan dan menikmati jajanan itu sembari menikmati indahnya malam minggu dengan duduk-duduk di bawah tenda payung yang disediakan penjual jajanan. Jika anda ingin tempat yang lebih privat dan suasana lebih nyaman dan santai anda bisa singgah di resto-resto yang ada di sisi sebelah timur pantai Padang. Anda tentunya bisa menikmati aneka makan dan minuman yang lebih variatif dari sekedar jagung bakar, pisang bakar atau kelapa muda. Soal biaya anda tidak perlu khawatir resto yang ada tetap menawarkan harga yang bersahabat dengan kantong kita. Mulai belasan ribu hingga puluhan ribu, semuanya tentu tergantung dari menu yang kita pilih.
ADVERTISEMENT
Jika anda memiliki dana yang pas-pasan atau tidak terlalu banyak, anda dapat melanjutkan perjalanan sedikit lagi ke arah utara tepatnya di sekitar daerah jalan Damar dan jalan Olo Ladang. Di pantai sekitar daerah ini jajanan nya cukup murah meriah karena mereka hanya menawarkan makanan cepat saji yang murah dan kekinian. Ada berbagai macam sate seafood yang harganya seribu, atau tahu dan bakso bakar juga di jual dengan harga seribuan. Jika anda haus bisa menikmati segarnya air kelapa muda dengan harga mulai dari enam ribu rupiah saja perbuah.
Anda tentunya juga dapat berhenti dan parkir di daerah inin tapi sayangnya di sekitar daerah ini anda hanya bisa menikmati malam panjang sembari duduk di sepanjang cek dam yang menjadi pembatas antara jalan raya dengan pantai. Di daerah ini tidak ada kursi dan tenda yang di sediakan penjual makanan dan jajanan. Jika anda ingin kebutuhan yang lain di sepanjang pantai di dalam Damar dan Olo ladang ini juga ada penjual pakaian, aneka minuman cepat saji dan kebutuhan lain nya. Ada beberapa kedai dan lapak pedagang yang menggelar dagangan itu.
ADVERTISEMENT
Malam semakin larut, anda harus semakin ke utara jalan Samudra. Anda juga bisa menikmati suasana riuh rendah di sekitar danau Cimpago, tepatnya di daerah Purus dua hingga Purus Atas. Di sepanjang Danau Cimpago (embung buatan) untuk menampung air hujan dan pasang naik air laut. Anda akan disuguhi lapau panjang. Deretan puluhan resto dan kafe dengan hiasan lampu kelap kelip dan warna warni. Suguhan beraneka ragam musik dan nyanyian bisa anda dapatkan di sepanjang lapau panjang ini. Tepat di sisi pantainya, barisan kursi dan tenda yang menghadap langsung ke Samudera Hindia juga rapi berjejer seolah mempersilakan anda untuk menikmati dan menghabiskan malam minggu ini di pantai Padang hingga larut malam.
ADVERTISEMENT
Aneka jajanan tradisional dan ala kafe juga tersedia tentunya di sekitar danau Cimpago ini. Anda dapat menikmati gurihnya langkitang (kerang kecil rebus) dengan bumbu gulai Padang. Atau kriuknya kerupuk singkong dengan toping mie atau bihun goreng dengan siraman kuah sate sbari menyeruput es kelapa muda atau kopi hitam.
Jika anda pergi bersama dengan keluarga maka hanya dengan modal tidak lebih dari 100 ribu anda telah dapat menikmati malam panjang di Pantai Padang dengan tetap bisa kulineran murah meriah. Biaya ini tentunya di luar biaya transportasi dari dan menuju ke Pantai Padang. Selamat bermalam minggu.