News8 Oktober 2018 17:45

Jokowi Terima Gelar Bangsawan dari Kesultanan Deli

Konten kiriman user
Jokowi Terima Gelar Bangsawan dari Kesultanan Deli  (101422)
Jokowi usai menerima gelar adat dari Kesultanan Deli (Foto: Dok. Biro Pers Setpres)
ADVERTISEMENT
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima gelar adat dari Kesultanan Deli di Istana Maimun, Medan, Sumatera Utara, pada Minggu (9/10/2018). Jokowi menerima gelar Tuanku Sri Indera Utama yang merupakan gelar bangsawan tertinggu di Kesultanan Deli. Gelar tersebut diberikan oleh Sultan Deli Tuanku Sultan Mahmud Arya Lamantjiji Perkasa Alam yang merupakan Sultan Deli ke-14.
Prosesi pemberian gelar dimulai dengan pemasangan Tengkulok oleh Pemangku Sultan Deli, Tengku Hamdy Osman Delikhan Al-Haj dan dilanjutkan dengan penyematan pin dan keris oleh Sultan Deli. Setelah gelar disahkan, sejumlah utusan dan pemangku jabatan dari sejumlah kerajaan bergiliran memberikan tepung tawar pada Jokowi.
Usai menerima gelar, Jokowi memberikan sambutan sebagai tanda terima kasih atas gelar adat yang diberika kepadanya.
ADVERTISEMENT
“Buah cempedak bentuknya bujur, sangat disuka oleh semua. Adat Deli sangatlah luhur, mari kita jaga bersama,” kata Jokowi di Istana Maimoon, Medan.
Gelar bangsawan tertinggi ini diberikan kepada Jokowi karena ia dinilai telah berupaya keras dalam menjalankan program pemerintahan, membangun negara, dan mensejahterakan kehidupan rakyat Indonesia.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white