11 Cara Menghilangkan Bau Ketiak dengan Mudah dan Ampuh

Menyajikan beragam informasi terbaru, terkini dan mengedukasi.
Konten dari Pengguna
14 Maret 2022 18:48
·
waktu baca 6 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Kabar Harian tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
11 Cara Menghilangkan Bau Ketiak dengan Mudah dan Ampuh  (66978)
zoom-in-whitePerbesar
Cara menghilangkan bau ketiak penting untuk diketahui agar seseorang lebih percaya diri dan lebih nyaman dalam melakukan berbagai macam aktivitas. Foto: Unsplash.com
ADVERTISEMENT
Bau ketiak merupakan salah satu permasalahan yang menyebabkan seseorang merasa tidak percaya diri. Oleh sebab itu, cara menghilangkan bau ketiak sangat penting untuk diketahui.
ADVERTISEMENT
Bau ketiak biasanya diakibatkan oleh tubuh yang mengeluarkan banyak keringat, khususnya di bagian ketiak. Namun, keringat bukanlah faktor utama penyebab munculnya bau ketiak, melainkan kuman atau bakteri di kulit.
Ketika ketiak banyak memproduksi keringat, bakteri di kulit akan mudah berkembang biak, kemudian memecah protein pada keringat menjadi zat asam. Ketiak pun akan menghasilkan bau yang tidak sedap.
Selain itu, bau ketiak juga disebabkan oleh faktor-faktor yang ada dalam tubuh manusia. Bau ketiak membuat seseorang tidak nyaman dan bahkan malu untuk berhadapan dengan orang lain.
Oleh sebab itu, cara mengatasi bau ketiak perlu untuk dipahami. Lantas, bagaimana cara menghilangkan bau ketiak?
Simak beberapa cara untuk menghilangkan bau ketiak di bawah ini yang dapat membantu untuk mengatasi masalah tersebut.
ADVERTISEMENT

Apa Penyebab Ketiak Berbau?

11 Cara Menghilangkan Bau Ketiak dengan Mudah dan Ampuh  (66979)
zoom-in-whitePerbesar
Apa penyebab ketiak berbau? Salah satu faktor penyebabnya adalah produksi keringat yang berlebihan. Foto: Unsplash.com
Sebelum memahami cara untuk menghilangkan bau ketiak, ketahui berbagai penyebab ketiak berbau agar dapat melakukan langkah yang tepat untuk menghilangkannya. Berikut berbagai faktor yang dapat menyebabkan ketiak berbau.
1. Bakteri di Daerah Ketiak
Penyebab utama dari munculnya bau tak sedap di area ketiak adalah bakteri. Menurut Dina Rahmawanty dan Destria Indah Sari dalam Buku Ajar Teknologi Kosmetik, bakteri penyebab bau ketiak adalah bakteri Coryneform.
Jumlah bakteri di daerah ketiak sangat mempengaruhi bau ketiak. Semakin banyak jumlah bakteri ini di daerah ketiak, semakin bau pula daerah tersebut.
2. Produksi Keringat yang Berlebihan
Faktor kedua yang menyebabkan munculnya bau tidak sedap di area ketiak adalah produksi keringat yang berlebihan. Seperti yang disebutkan sebelumnya, keringat bukanlah hal utama yang menyebabkan keringat.
ADVERTISEMENT
Beberapa zat dalam keringat diubah oleh bakteri-bakteri tertentu sehingga memproduksi asam yang berlebihan. Oleh sebab itu, badan pun menjadi bau akibat hal tersebut.
3. Pola Makan
Pola makan adalah faktor yang secara tidak langsung menimbulkan bau tidak sedap di area ketiak. Ada beberapa jenis makanan yang jika dikonsumsi secara berlebihan akan membuat tubuh mengeluarkan bau tidak sedap.
Contohnya adalah bawang, rempah kari yang mengandung zat alisin, makanan yang mengandung zat sulfur dan sulfida, dan lain-lain. Selain itu, sering memakan makanan yang pedas akan memicu meningkatnya produksi keringat, sehingga kemungkinan ketiak akan bau sangatlah besar.
4. Obesitas
Obesitas merupakan salah satu faktor yang dapat menimbulkan bau ketiak. Orang-orang dengan kondisi ini banyak memproduksi keringat, sehingga area ketiak mudah basah dan menghasilkan aroma yang tidak sedap.
ADVERTISEMENT
5. Stres
Stres merupakan faktor yang secara tidak langsung menyebabkan bau ketiak. Banyak penelitian membuktikan bahwa stres dapat meningkatkan produksi keringat berlebihan yang mengakibatkan daerah tubuh tertentu, termasuk ketiak, menghasilkan bau tidak sedap.
6. Minyak Wangi yang Bercampur dengan Keringat
Pada sebagian orang, minyak wangi disemprotkan di area ketiak bertujuan untuk menghindari bau ketiak. Padahal, hal tersebut hanya akan memicu timbulnya bau ketiak karena akan menghasilkan bau yang menyengat.
7. Kondisi Kesehatan
Ada beberapa masalah pada kesehatan tubuh yang menyebabkan tubuh memproduksi keringat yang berlebihan. Contohnya adalah penyakit-penyakit yang berhubungan dengan gangguan pada sistem metabolisme tubuh.
Orang yang mengidap penyakit gangguan pada metabolisme tubuh biasanya akan menghasilkan bau badan yang tidak sedap, khususnya pada area ketiak.
ADVERTISEMENT

Cara Menghilangkan Bau Ketiak

11 Cara Menghilangkan Bau Ketiak dengan Mudah dan Ampuh  (66980)
zoom-in-whitePerbesar
Memakai deodoran merupakan salah satu cara menghilangkan bau ketiak. Foto: Unsplash.com
Setelah memahami apa saja faktor yang menyebabkan ketiak berbau, ketahuilah cara-cara untuk mengatasi bau ketiak.
Dikutip dari buku Beautyclopedia: 110 Rahasia Cantik Alami yang ditulis oleh Go Dok, berikut macam-macam cara menghilangkan bau ketiak dengan ampuh.
1. Mandi 2 kali Sehari
Cara pertama untuk menghilangkan bau ketiak adalah menjaga kebersihan tubuh dengan cara mandi 2 kali sehari. Cara ini dapat mengatasi perkembangbiakan bakteri penyebab bau ketiak.
Selain itu, mandi dua kali sehari dapat membuat tubuh bersih dari bakteri-bakteri jahat, termasuk bakteri-bakteri yang menyebabkan bau pada daerah ketiak.
2. Gunakan Sabun Antibakteri
Seperti yang telah diketahui, bakteri merupakan faktor utama yang menyebabkan munculnya bau tidak sedap pada bagian ketiak. Mengatasi hal tersebut dapat dilakukan dengan cara menggunakan sabun antibakteri pada daerah ketiak saat mandi.
ADVERTISEMENT
Dengan begitu, bakteri-bakteri yang ada pada tubuh, khususnya daerah ketiak akan terhambat pertumbuhannya.
3. Mencukur Bulu Ketiak
Bulu ketiak sering kali menjadi penyebab terhambatnya proses penguapan keringat pada bagian ketiak yang mengakibatkan ketiak tetap basah dan berbau. Oleh sebab itu, mencukur bulu ketiak secara berkala dapat membantu untuk menghilangkan bau ketiak.
4. Memakai Deodoran
Deodoran adalah suatu produk yang berisikan zat-zat kimia tertentu yang dirancang untuk mengatasi bau kurang sedap pada bagian ketiak. Saat ini, ada banyak jenis deodoran di pasaran yang bisa digunakan sesuai dengan tipe kulit masing-masing.
5. Menggunakan Pakaian Penyerap Keringat
Salah satu cara untuk mengatasi bau ketiak adalah menggunakan pakaian yang berbahan wol, sutra, dan katun yang dapat memberikan ruang bagi kulit, sehingga keringat dapat menguap dengan baik.
ADVERTISEMENT
Pakaian jenis ini juga dapat menyerap keringat, sehingga ketiak pun tidak akan menghasilkan bau tidak sedap.
6. Hindari Mengonsumsi Makanan Pedas secara Berlebihan
Mengonsumsi makanan yang pedas akan membuat tubuh semakin banyak mengeluarkan keringat. Hal ini tentunya dapat memicu munculnya bau tidak sedap di area tubuh, termasuk pada bagian ketiak

Cara Menghilangkan Bau Ketiak secara Alami

11 Cara Menghilangkan Bau Ketiak dengan Mudah dan Ampuh  (66981)
zoom-in-whitePerbesar
Cara menghilangkan bau ketiak secara alami dapat dilakukan dengan memanfaatkan perasan air jeruk nipis dan kapur sirih. Foto: Unsplash.com
Selain beberapa cara di atas, ada sejumlah cara alami untuk mengatasi bau ketiak. Sejumlah cara tersebut dapat dilakukan dengan mudah menggunakan bahan-bahan alami.
Apa saja cara menghilangkan bau ketiak secara alami dan mudah? Simak selengkapnya di bawah ini.
1. Gunakan Jeruk Nipis
Jeruk nipis merupakan salah satu bahan alami yang dapat mengatasi bau ketiak. Cara menghilangkan bau ketiak permanen dengan jeruk nipis adalah dengan mencampurkan perasan air jeruk nipis dengan sedikit kapur sirih, kemudian gosokkan ke area ketiak dan sejumlah bagian tubuh yang berbau kurang sedap.
ADVERTISEMENT
2. Memakai Daun Sirih
Selain jeruk nipis, daun sirih merupakan salah satu bahan alami yang dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan bau ketiak. Caranya adalah dengan mencampurkan daun sirih dan kapur, lalu dihaluskan secara kasar (tidak perlu terlalu halus). Kemudian, oleskan bahan tersebut ke bagian ketiak.
3. Campuran Kopi, Ketan Hitam, dan Beras
Cara menghilangkan bau ketiak dengan kopi, ketan hitam, dan beras dapat dilakukan dengan menghaluskan seluruh bahan tersebut, kemudian mencampurkannya secara merata, lalu mengoleskannya ke area ketiak. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
4. Memakai Cuka Apel
Cuka apel merupakan salah satu bahan yang dapat digunakan untuk mengatasi bau tidak sedap pada area ketiak. Beberapa zat pada cuka apel dapat bersifat sebagai antibakteri sehingga mampu untuk menghilangkan bau ketiak.
ADVERTISEMENT
Cara penggunaannya adalah cukup dengan mengoleskan cuka sari apel pada bagian ketiak secara merata. Lakukan secara rutin untuk dapat mengatasi bau ketiak dengan cepat dan tepat.
5. Mengonsumsi Rebusan Air Kemangi
Kemangi adalah tumbuhan yang mengandung minyak atsiri yang diyakini dapat menghilangkan bau tidak sedap pada beberapa bagian tubuh. Kemangi juga bersifat antibakteri, sehingga bahan ini adalah bahan yang tepat untuk mengatasi bau ketiak.
Cara penggunaannya adalah dengan mengeringkan daun kemangi dan menumbuk hingga halus. Selanjutnya adalah menyeduh bahan tersebut dengan air hangat lalu disaring kemudian diminum secara rutin.
Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan bau ketiak. Dengan begitu, rasa percaya diri pun akan meningkat dan akan lebih nyaman dalam melakukan berbagai macam aktivitas. Selamat mencoba!
ADVERTISEMENT
(SAI)
Apa penyebab ketiak berbau?
chevron-down
Menghilangkan bau ketiak pakai apa?
chevron-down
Bagaimana cara menghilangkan bau ketiak secara alami?
chevron-down
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020