3 Contoh Sambutan Halal Bihalal di Sekolah

Menyajikan beragam informasi terbaru, terkini dan mengedukasi.
Konten dari Pengguna
11 Mei 2022 17:15
·
waktu baca 5 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Kabar Harian tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
3 Contoh Sambutan Halal Bihalal di Sekolah (465602)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi sambutan halal bihalal di sekolah. Foto: Pexels.com
ADVERTISEMENT
Halal bihalal merupakan momen untuk saling bermaaf-maafan setelah perayaan Hari Raya Idulfitri. Acara ini biasa diselenggarakan di sekolah atau tempat lain. Bagi yang sedang mencari sambutan halal bihalal di sekolah mari simak contohnya berikut ini.
ADVERTISEMENT
Menurut buku Lentera Al-Qur'an Kisah dan Hikmah Kehidupan karangan Muhammad Quraish Shihab, makna halal bihalal ialah aktivitas untuk menyelesaikan masalah yang menghadang terjalinnya keharmoniasan hubungan.
Setelah menjalani puasa Ramadan, umat Islam merayakan Hari Raya Idulfitri. Menjelang Hari Raya ini biasanya aktivitas sekolah diliburkan.
Kemudian pada hari pertama masuk sekolah setelah libur Hari Raya Idulfitri, beberapa sekolah banyak yang menyelenggarakan acara Halal Bihalal atau maaf-maafan.
Tak hanya sekolah, beberapa komunitas ataupun keluarga besar juga mengadakan dan mengundang saudara-saudaranya untuk acara halal bihalal.
Biasanya acara Halal Bihalal diisi dengan sambutan dan tausiyah. Bagi kamu yang sedang mencari ide sambutan halal bihalal di sekolah, simak contohnya di bawah ini.

Contoh Sambutan Halal Bihalal di Sekolah

3 Contoh Sambutan Halal Bihalal di Sekolah (465603)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi acara halal bihalala. Foto: Unsplash.com

Contoh 1 Sambutan Halal Bihalal di Sekolah

ADVERTISEMENT
Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh
Bismillahirrahmaanirrahiim
Alhamdulillahi rabbil'alamin
Wabihi nasta'inu'ala 'umuridunya waddin
Washolatu wassalamu’ala asrofil anbiya i walmursalin wa’ala aalihi wasohbihi ajma’in.
Amma ba’du
Yang saya hormati, Bapak dan Ibu staf Dewan Guru SMA Bakti Jaya
Yang kami muliakan Ustaz Muhammad Rizki
Serta murid-murid yang berbahagia
Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya.
Pada hari ini kita masih diberi kesehatan dan kesempatan untuk menghadiri acara Halal Bihalal.
Selawat dan salam semoga selalu tercurah pada junjungan kita Nabi Muhammad Rasulullah SAW beserta keluarganya, sahabatnya, dan para pengikutnya hingga akhir zaman.
Bapak, Ibu, dan murid-murid yang saya cintai,
Pada hari yang berbahagia ini, izinkan saya selaku kepala sekolah untuk menyampaikan sepatah dua patah kata dalam acara Halal Bihalal ini.
ADVERTISEMENT
Pertama saya ingin mengucapkan terima kasih ke semua hadirin yang bersedia hadir ke acara Halal Bihalal ini. Tentunya acara ini diadakan dengan tujuan untuk menjalin tali silaturahmi di lingkungan sekolah. Maka dari itu pada kesempatan kali ini hendaknya kita saling bermaaf-maafan.
Selain itu, saya juga ingin mengucapkan terima kasih ke seluruh panitia atas kerja keras dan waktunya demi terselenggaranya acara Halal bi Halal. Semoga Allah membalas setiap tenaga, waktu, dan pikiran yang tercurah dengan pahala yang berlimpah.
Dan tak lupa juga ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh donatur yang telah menyisihkan sebagaian rezekinya untuk kepentingan acara Halal Bi Halal ini. Semoga Allah SWT senantiasa menjadikan hal tersebut menjadi pahala yang berlipat ganda.
ADVERTISEMENT
Acara hari ini akan diisi dengan tausiah dari Ustaz Muhammad Rizki, semoga apa yang beliau sampaikan bisa bermanfaat bagi kehidupan kita semua. Aamiin Ya Rabbal Alamiin.
Baiklah, mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan, mohon maaf apabila ada salah dalam perbuatan dan ucapan saya kali ini. Wabillahi taufiq wal hidayah. Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Contoh Sambutan Halal Bihalal di Sekolah 2

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Dewan guru yang saya hormati dan murid-muridku yang berbahagia. Marilah panjatkan puji dan syukur atas kehadirat Allah SWT, berkat rahmat dan hidayah-Nya pada hari yang berbahagia ini kita masih bisa diberi kenikmatan sehingga dapat berkumpul untuk bersilaturahmi dalam acara halal bihalal.
Hadirin dan hadirat yang berbahagia, saya selaku Kepala Sekolah mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada hadirin, yang dengan penuh keikhlasan telah sudi meluangkan waktu untuk menghadiri acara Halal Bihalal ini.
ADVERTISEMENT
Sebagai umat yang suka membuat khilaf, sudah selayaknya kita berlapang dada dan saling bermaaf-maafan. Untuk itu dalam kesempatan yang berbahagia ini saya mengajak hadirin dan hadirat, untuk berlapang dada, atas rida Allah meminta dan memberi maaf atas kesalahan yang telah diperbuat, baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja.
Pada kesempatan ini juga akan diisi oleh siraman rohani dengan tema “Hikmah dari Halal Bihalal” yang akan disampaikan oleh Bapak Ustaz Hakim.
Demikian, sekali lagi, saya selaku pribadi dan Kepala Sekolah, meminta maaf kepada hadirin jika ada sesuatu yang kurang berkenan. Semoga Allah mengampuni dosa dan kesalahan di antara kita semua dan memberikan kekuatan lahir dan batin, aamiin.
Akhirulkalam, Wabilahitauiqwalhidayah, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
ADVERTISEMENT

Contoh Sambutan Halal Bihalal di Sekolah 3

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Segala puji bagi Allah yang telah memberikan anugerah, nikmat dan karunianya secara terus menerus di setiap waktunya. Tak ada ungkapan yang pernah cukup untuk menggambarkan keagungan dan kemuliaannya.
Selawat dan salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad SAW, beserta seluruh keluarganya, sahabatnya-tabi'in nya dan semoga kita semua selaku umatnya.
Hadirin yang berbahagia,
Pada acara halal bihalal yang diselenggarakan setiap tahun ini saya selaku ketua panitia acara mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya yang telah meluangkan waktu dan tenaganya sehingga acara halal bihalal ini dapat berlangsung lancar.
Di waktu dan tempat istimewa ini, saya mewakili panitia acara mengucapkan selamat hari raya Idulfitri mohon maaf lahir batin, minal aidzin wal faidzin.
ADVERTISEMENT
Saya juga ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas pengorbanan waktu, tenaga, atau bahkan harta dalam mengupayakan acara halal bihalal ini agar berjalan dengan lancar.
Tak lupa saya pribadi meminta maaf yang sebesar-besarnya jika masih banyak kekurangan. Seperti yang telah kita ketahui bahwa acara halal bihalal ini ditujukan untuk merekatkan tali persaudaraan antar-staf dan murid di sekolahh ini.
Di momen yang langka ini marilah kita merekatkan kembali tali persaudaraan antara umat Islam agar menjadi saling peduli dan tolong menolong. Pada kesempatan ini marilah kita tundukkan hati untuk saling meminta maaf dan saling melepaskan keangkuhan agar menjadi damai.
Marilah singsingkan kesombongan, tanggalkan kebencian, lepaskan dendam, dan hilangkan keangkuhan untuk saling meminta dan menerima maaf.
ADVERTISEMENT
Tak dapat dimungkiri bahwa banyak sekali kesalahan dan kekhilafan baik yang disengaja atau yang tidak sengaja. Untuk itu marilah kita jadikan momen halal bihalal ini untuk merekatkan persaudaraan yang barangkali telah tergores oleh bertambahnya masa.
Demikianlah yang dapat saya sampaikan, kurang dan lebihnya mohon dimaklumi dan dimaafkan. Billahi Taufik Wal Hidayah Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Itulah tiga contoh sambutan halal bihalal di sekolah, semoga membantu!
(ZHR)
Apa yang dimaksud dengan halal bihalal?
chevron-down
Apa tujuan halal bihalal?
chevron-down
Bagaimana paragraf pembuka dalam sambutan halal bihalal di sekolah?
chevron-down
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020