40 Ayat Alkitab Favorit Hikmat bagi Umat Kristen

Menyajikan beragam informasi terbaru, terkini dan mengedukasi.
Konten dari Pengguna
22 Juli 2022 17:38
·
waktu baca 6 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Kabar Harian tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Kumpulan ayat Alkitab favorit hikmat. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Kumpulan ayat Alkitab favorit hikmat. Foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
Bagi umat Nasrani, istilah hikmat kerap dijadikan sebagai pedoman untuk umatnya hidup benar secara moral dan takut akan Allah. Untuk meningkatkan perasaan hikmat, penting bagi umat Kristiani membekalinya dengan membaca ayat Alkitab favorit hikmat yang dapat mengubah pola pikir sekaligus mendekatkan diri dengan Allah.
ADVERTISEMENT
Menyadur buku Firman Kudus untuk Kebangunan Pagi: Bacaan bagi Pemula yang ditulis oleh Yasperin, hikmat bagi umat Kristen ialah memiliki keterkaitan dengan roh yang ada di dalam diri sendiri. Kendati demikian, hikmat ini bukan dimiliki oleh pikiran alamiah manusia, melainkan diperoleh dengan berdoa dan memohon.
Lantas, apa saja ayat Alkitab favorit hikmat yang bisa dijadikan bekal bagi umat Nasrani? Simak informasinya pada artikel di bawah ini.

Kumpulan Ayat Alkitab Favorit Hikmat

Dalam Alkitab disebutkan bahwa kehadiran Yesus adalah hikmat Allah bagi umat manusia. Tidak hanya Yesus, raja-raja dan pemimpin pada saat itu secara khusus diberikan hikmat dan kebijaksanaan oleh Tuhan seperti Yosua, Daud, dan Salomo.
Mereka dikaruniakan kebijaksanaan untuk memampukan kewajiban mereka dalam melaksanakan tugas-tugas resmi. Berikut adalah kumpulan ayat Alkitab favorit hikmat yang bisa dijadikan sebagai pedoman.
ADVERTISEMENT

1. Mazmur 19:7

"Kata pengantar : Banyak orang ingin tahu dari mana hikmat itu berasal? Baca dan renungkan ayat-ayat berikut untuk menemukan sumber hikmat! Taurat Tuhan itu sempurna, menyegarkan jiwa; peraturan Tuhan itu teguh, memberikan hikmat kepada orang yang tak berpengalaman."

2. Mazmur 147:5

"Besarlah Tuhan kita dan berlimpah kekuatan, kebijaksanaan-Nya tak terhingga."

3. Amsal 2:6

"Karena Tuhanlah yang memberikan hikmat, dari mulut-Nya datang pengetahuan dan kepandaian."

4. Daniel 2:20

"Berkatalah Daniel: "Terpujilah nama Allah dari selama-lamanya sampai selama-lamanya, sebab dari pada Dialah hikmat dan kekuatan!"

5. Pengkhotbah 7:19

"Hikmat memberi kepada yang memilikinya lebih banyak kekuatan dari pada sepuluh penguasa dalam kota."

6. Pengkhotbah 9:18

"Hikmat lebih baik dari pada alat-alat perang, tetapi satu orang yang keliru dapat merusakkan banyak hal yang baik."

7. Pengkhotbah 10:10

"Jika besi menjadi tumpul dan tidak diasah, maka orang harus memperbesar tenaga, tetapi yang terpenting untuk berhasil adalah hikmat."
ADVERTISEMENT

8. Pengkhotbah 10:12

"Perkataan mulut orang berhikmat menarik, tetapi bibir orang bodoh menelan orang itu sendiri."

9. Amsal 3:13-14

"Berbahagialah orang yang mendapat hikmat, orang yang memperoleh kepandaian, karena keuntungannya melebihi keuntungan perak, dan hasilnya melebihi emas."
Apa saja ayat Alkitab favorit hikmat? Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Apa saja ayat Alkitab favorit hikmat? Foto: Unsplash

10. Daniel 12:3

"Dan orang-orang bijaksana akan bercahaya seperti cahaya cakrawala, dan yang telah menuntun banyak orang kepada kebenaran seperti bintang-bintang, tetap untuk selama-lamanya."

11. Daniel 12:9-10

"Tetapi ia menjawab: "Pergilah, Daniel, sebab firman ini akan tinggal tersembunyi dan termeterai sampai akhir zaman. Banyak orang akan disucikan dan dimurnikan dan diuji, tetapi orang-orang fasik akan berlaku fasik; tidak seorang pun dari orang fasik itu akan memahaminya, tetapi orang-orang bijaksana akan memah."

12. Yakobus 1:5

"Tetapi apabila di antara kamu ada yang kekurangan hikmat, hendaklah ia memintakannya kepada Allah, yang memberikan kepada semua orang dengan murah hati dan dengan tidak membangkit-bangkit, maka hal itu akan diberikan kepadanya."
ADVERTISEMENT

13. 1 Korintus 1:25

"Sebab yang bodoh dari Allah lebih besar hikmatnya dari pada manusia dan yang lemah dari Allah lebih kuat dari pada manusia."

14. 2 Timotius 2:7

"Perhatikanlah apa yang kukatakan; Tuhan akan memberi kepadamu pengertian dalam segala sesuatu."

15. Amsal 3:11‭-‬12

"Hai anakku, janganlah engkau menolak didikan Tuhan, dan janganlah engkau bosan akan peringatan-Nya. Karena Tuhan memberi ajaran kepada yang dikasihi-Nya, seperti seorang ayah kepada anak yang disayangi."

16. Efesus 5: 15-16

"Karena itu, perhatikanlah dengan saksama, bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif, dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat."

17. Kolose 4: 5-6

"Hiduplah dengan penuh hikmat terhadap orang-orang luar, pergunakanlah waktu yang ada. Hendaklah kata-katamu senantiasa penuh kasih, jangan hambar, sehingga kamu tahu, bagaimana kamu harus memberi jawab kepada setiap orang."
ADVERTISEMENT

18. Yesaya 40:28

"Tidakkah kautahu, dan tidakkah kaudengar? Tuhan ialah Allah kekal yang menciptakan bumi dari ujung ke ujung; Ia tidak menjadi lelah dan tidak menjadi lesu, tidak terduga pengertian-Nya."

19. Korintus 3:18

"Jangan biarkan orang menipu dirinya sendiri. Jika ada orang di antara kamu yang nampak bijaksana di dunia ini, biarlah dia menjadi orang bodoh, supaya dia menjadi bijak."

20. Roma 14:5

"Satu orang menghargai satu hari di atas yang lain: yang lain menghargai setiap hari sama. Biarkan setiap orang diyakinkan sepenuhnya dalam pikirannya sendiri."

21. Pengkhotbah 1:18

"Karena dalam banyak hikmat banyak kesedihan, dan siapa yang menambah pengetahuan, menambah kesedihan."

22. Mazmur 111:10

"Permulaan hikmat adalah takut akan Tuhan, semua orang yang melakukannya berakal budi yang baik. Puji-pujian kepada-Nya tetap untuk selamanya."

23. Mazmur 107:43

"Siapa yang mempunyai hikmat? Biarlah ia berpegang pada semuanya ini, dan memperhatikan segala kemurahan Tuhan."
ADVERTISEMENT

24. Yesaya 33:6

"Masa keamanan akan tiba bagimu; kekayaan yang menyelamatkan ialah hikmat dan pengetahuan; takut akan Tuhan, itulah harta benda Sion."

25. Yeremia 50:35

"Pedang akan menimpa orang-orang Kasdim, demikianlah firman Tuhan, menimpa penduduk Babel, menimpa pemuka-pemukanya dan orang-orangnya yang berhikmat!"

26. Yehezkiel 28:12

"Hai anak manusia, ucapkanlah suatu ratapan mengenai raja Tirus dan katakanlah kepadanya: Beginilah firman Tuhan Allah: Gambar dari kesempurnaan engkau, penuh hikmat dan maha indah."

27. Efesus 1:17

"Dan meminta kepada Allah Tuhan kita Yesus Kristus, yaitu Bapa yang mulia itu, supaya Ia memberikan kepadamu Roh hikmat dan wahyu untuk mengenal Dia dengan benar."

28. Kolose 1:9

"Sebab itu sejak waktu kami mendengarnya, kami tiada berhenti-henti berdoa untuk kamu. Kami meminta, supaya kamu menerima segala hikmat dan pengertian yang benar, untuk mengetahui kehendak Tuhan dengan sempurna."
ADVERTISEMENT

29. 2 Petrus 3:15

"Anggaplah kesabaran Tuhan kita sebagai kesempatan bagimu untuk beroleh selamat, seperti juga Paulus, saudara kita yang kekasih, telah menulis kepadamu menurut hikmat yang dikaruniakan kepadanya."

30. 1 Raja-Raja 4:29

"Dan Allah memberikan kepada Salomo hikmat dan pengertian yang amat besar, serta akal yang luas seperti dataran pasir di tepi laut."

31. Amsal 4:7

"Permulaan hikmat ialah: perolehlah hikmat dan dengan segala yang kauperoleh perolehlah pengertian."

32. Amsal 9:10

"Permulaan hikmat adalah takut akan Tuhan, dan mengenal Yang Mahakudus adalah pengertian."

33. Amsal 14:29

"Orang yang sabar besar pengertiannya, tetapi siapa cepat marah membesarkan kebodohan."

34. Efesus 1:18

"Dan supaya Ia menjadikan mata hatimu terang, agar kamu mengerti pengharapan apakah yang terkandung dalam panggilan-Nya: betapa kayanya kemuliaan bagian yang ditentukan-Nya bagi orang-orang kudus."

35. Kolose 4:6

"Hendaklah kata-katamu senantiasa penuh kasih, jangan hambar, sehingga kamu tahu, bagaimana kamu harus memberi jawab kepada setiap orang."
ADVERTISEMENT

36. Amsal 14:8

"Mengerti jalannya sendiri adalah hikmat orang cerdik, tetapi orang bebal ditipu oleh kebodohannya."

37. Yakobus 3:17

"Tetapi hikmat yang dari atas adalah pertama-tama murni, selanjutnya pendamai, peramah, penurut, penuh belas kasihan dan buah-buah yang baik, tidak memihak dan tidak munafik."

38. Roma 11:33-35

"O, alangkah dalamnya kekayaan, hikmat dan pengetahuan Allah! Sungguh tak terselidiki keputusan-keputusan-Nya dan sungguh tak terselami jalan-jalan-Nya! Sebab, siapakah yang mengetahui pikiran Tuhan? Atau siapakah yang pernah menjadi penasihat-Nya? Atau siapakah yang pernah memberikan sesuatu kepada-Nya, sehingga Ia harus menggantikannya?"

39. 1 Korintus 1:27

"Tetapi apa yang bodoh bagi dunia, dipilih Allah untuk memalukan orang-orang yang berhikmat, dan apa yang lemah bagi dunia, dipilih Allah untuk memalukan apa yang kuat."

40. Kolose 2:3

"Sebab di dalam Dialah tersembunyi segala harta hikmat dan pengetahuan."
ADVERTISEMENT
(JA)
Apa bunyi Alkitab Amsal 14:8
chevron-down
Apa isi Yakobus 3:17
chevron-down
Apa isi Roma 11:33-35
chevron-down
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020