50 Contoh Seloka Nasehat yang Menarik

Kabar Harian
Menyajikan beragam informasi terbaru, terkini dan mengedukasi.
Konten dari Pengguna
22 Mei 2024 11:03 WIB
·
waktu baca 7 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Kabar Harian tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Contoh Seloka Nasehat. Foto: Unsplash/Patrick Tomasso
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Contoh Seloka Nasehat. Foto: Unsplash/Patrick Tomasso
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Contoh seloka nasehat berfungsi untuk memberi nasihat kepada seseorang. Puisi lama ini diharapkan dapat menjadi pelajaran bagi seseorang untuk mendengarkan nasihat yang diberikan.
ADVERTISEMENT
Seloka dapat disebarkan secara lisan maupun tulisan. Umumnya, satu bait seloka terdiri dari empat baris. Namun, ada pula seloka yang ditulis lebih dari empat baris.
Perlu diketahui, seloka merupakan salah satu jenis puisi lama yang menjadi salah satu warisan budaya Indonesia dan sering ditemui di mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Pengertian Seloka

Ilustrasi Contoh Seloka Nasehat. Foto: Unsplash/Mel Poole
Seloka merupakan satu di antara dari sekian banyak puisi klasik yang ada. Namun, tidak banyak orang yang mengetahui tentang seloka.
Dikutip dari buku Mengenal Lebih Dekat, Sri Khairani Lubis, dkk, (2020:74), seloka berasal dari bahasa Sanskerta yaitu sloka. Seloka adalah bentuk puisi Melayu Klasik, berisi pepatah maupun perumpamaan yang mengandung senda gurau, sindiran, bahkan ejekan.
Seloka adalah jenis puisi lama yang terdiri atas empat larik, terkadang bisa juga ditemui seloka yang ditulis lebih dari empat larik. Tiap-tiap larik terdiri atas empat kata atau 8-11 suku kata. Bersajak aa-aa sama halnya syair. Hubungan larik- lariknya seperti pantun. Larik pertama dan kedua merupakan sampiran. Larik ketiga dan keempat merupakan isi.
ADVERTISEMENT
Dari pengertian di atas, dapat dikatakan karakter seloka mirip dengan pantun, hanya seloka lebih mendekati puisi melayu klasik. Selain itu, seloka tergolong sebagai puisi bebas, di mana terkadang rima bisa muncul, tetapi ada juga seloka yang tidak memakai rima. Seloka mempunyai keunikan, yaitu beberapa bait yang saling berhubungan.
Fungsi seloka yaitu untuk mengkritik semua sikap negatif dari anggota masyarakat tanpa harus menyinggung perasaan dari anggota masyarakat tersebut. Seloka juga bisa menjadi panduan atau pengajaran bagi individu yang terkait.
Selain itu fungsi seloka sangat bergantung kepada isinya yaitu untuk menyindir, mengejek, menempelak, melahirkan rasa benci karena sikap manusia, memberi pengajaran dan panduan, serta sebagai alat protes sosial.

Ciri-Ciri Seloka

Ilustrasi Contoh Seloka Nasehat. Foto: Unsplash/Rey Seven
Untuk membedakannya dengan jenis puisi yang lain, seloka dapat dikenali dengan ciri-ciri sebagai berikut:
ADVERTISEMENT

1. Seloka Asli India

2. Seloka Umum

Contoh Seloka Nasehat yang Menarik

Ilustrasi Contoh Seloka Nasehat. Foto: Unsplash/Annie Spratt
Berikut merupakan contoh seloka nasehat yang menarik.
ADVERTISEMENT
Itulah beberapa contoh seloka nasehat yang bisa dijadikan referensi untuk tugas sekolah.(glg)