Apa Itu Server? Ini Pengertian, Fungsi, Manfaat, dan Jenis-jenisnya

Menyajikan beragam informasi terbaru, terkini dan mengedukasi.
Konten dari Pengguna
1 Maret 2022 17:39
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Kabar Harian tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Apa Itu Server? Ini Pengertian, Fungsi, Manfaat, dan Jenis-jenisnya (112880)
zoom-in-whitePerbesar
Illustrasi Apa Itu Server. Foto: Freepik
ADVERTISEMENT
Para pengguna komputer tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah server. Lantas, apa itu server? Secara umum, server adalah suatu sistem yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer.
ADVERTISEMENT
Server di dalam komputer biasanya didukung dengan prosesor yang bersifat capable (terukur) dan RAM yang besar. Selain itu, server juga dilengkapi dengan sistem operasi khusus yang disebut sebagai sistem operasi jaringan atau network operating system.
Terdapat beberapa fungsi utama dari server pada komputer. Apa sajakah itu? Simak ulasan artikel di bawah ini untuk mengetahui jawaban selengkapnya.

Fungsi Server

Apa Itu Server? Ini Pengertian, Fungsi, Manfaat, dan Jenis-jenisnya (112881)
zoom-in-whitePerbesar
Illustrasi Fungsi Server. Foto: Freepik
Mengutip buku Membangun Server dan Jaringan Komputer dengan Linux Ubuntu oleh Zakaria Husen dan M.Syukri Surbakti, beberapa fungsi server pada komputer adalah sebagai berikut:
  1. Melayani dan bertanggung jawab penuh terhadap permintaan data dari komputer klien.
  2. Menyediakan berbagai macam resource untuk dapat digunakan semua komputer klien yang masuk dalam jaringan, baik itu berupa perangkat keras mau pun perangkat lunak/aplikasi.
  3. Bertanggung jawab dalam mengatur lalu-lintas data.
  4. Menyimpan berbagai file dan data untuk dapat diakses bersama-sama meng gunakan protokol FTP.
  5. Mengatur hak akses (permissions) ke dalam sebuah jaringan, sehingga tidak semua klien mampu mengakses data yang terdapat dalam komputer server.
  6. Menyediakan aplikasi dan database yang mampu dijalankan di semua komputer klien.
  7. Memberikan perlindungan untuk komputer klien dengan pemasangan firewall atau anti malware di komputer klien.
ADVERTISEMENT
Setelah mengetahui pengertian dan fungsi server, ketahui juga manfaat dan jenis-jenis server berikut ini.

Manfaat Server

Apa Itu Server? Ini Pengertian, Fungsi, Manfaat, dan Jenis-jenisnya (112882)
zoom-in-whitePerbesar
Illustrasi Manfaat Server. Foto: Freepik
Terdapat banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari mengelola jaringan komputer dengan menggunakan server. Merujuk buku Mahir Berkomputer karya Lia Kuswayatno, dkk di bawah ini merupakan beberapa manfaat server komputer:
1. Dapat berbagi perangkat keras atau sharing resources
Penggunaan server bisa memungkinkan para pemakainya untuk dapat mengakses suatu komputer, printer, hard disk, dan perangkat keras lainnya secara bersama-sama.
Artinya, satu perangkat keras dapat dipakai bersama-sama oleh semua pemakai dalam satu jaringan. Misalnya, pemakai komputer di ruangan A dapat memakai printer yang ada di ruangan B.
2. Sebagai media komunikasi yang cepat
Dengan adanya dukungan server komputer, komunikasi dapat dilakukan lebih cepat. Para pemakai komputer dapat mengirimkan surat elektronik (email) dengan mudah. Adanya server pada komputer juga dapat memungkinkan terjadinya teleconference.
ADVERTISEMENT
Teleconference adalah teknologi komunikasi yang memungkinkan seseorang di daerah lain atau negara lain untuk dapat saling bertatap muka secara langsung melalui komputer dan melakukan interaksi dan komunikasi.
3. Integrasi data
Proses pertukaran data dengan menggunakan server pada komputer memungkinkan pengolahan data dapat dikerjakan serta didistribusikan ke beberapa komputer secara bersamaan. Dengan kata lain, integrasi data pun bisa diakses secara cepat, tepat, dan akurat.
4. Keamanan data
Adanya server dalam komputer dapat memberikan keamanan bagi para pemakainya. Ini karena hanya pemakai tertentu saja yang dapat menggunakan komputer yang telah diberi server. Maka dari itu, server dapat menjaga keamanan data yang ada di dalam komputer tersebut.
5. Menghemat biaya
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa server pada komputer dapat dimanfaatkan sebagai sharing resource atau berbagi perangkat keras.
ADVERTISEMENT
hal ini dapat menghemat biaya pengadaan perangkat keras (hardware). Misalnya, suatu perusahaan tidak perlu membeli 10 printer untuk 10 komputer, tapi cukup membeli 1 printer untuk 10 komputer.

Jenis-Jenis Server

Apa Itu Server? Ini Pengertian, Fungsi, Manfaat, dan Jenis-jenisnya (112883)
zoom-in-whitePerbesar
Illustrasi Jenis-Jenis Server. Foto: Freepik
Menukil buku Basic Computer Networking karangan Nathan Gusti Ryan, berikut adalah jenis-jenis server beserta penjelasan dan fungsinya.
1. Fax Server
Fax server digunakan untuk melayani servis fax bagi client. Dengan adanya server fax, segala permintaan pengiriman maupun penerimaan fax akan melalui server fax ini. Server fax juga dilengkapi dengan modem yang mendukung fungsi fax.
2. FTP Server
Server ini mempunyai layanan protokol FTP. Artinya, server FTP ini dapat berfungsi untuk melayani segala permintaan FTP akan terlaksana. FTP sendiri merupakan protokol untuk layanan transfer data.
ADVERTISEMENT
3. Mail Server
Apa itu mail server? Mail server mempunyai peran untuk melayani client dalam hal mail (surat). Dalam hal ini, client bisa mengirimkan pesan ke client yang lain tanpa perlu ke kantor pos. Selain itu, surat tersebut juga nantinya akan disimpan dalam server mail itu sendiri.
Selain sebagai tempat untuk mengirim dan menyimpan surat, server mail juga menyediakan layanan pelengkap mail servis. Seperti web interface untuk memudahkan client menulis surat dan mengorganisir suratnya.
4. Database Server
Server ini melayani servis bagi client yang membutuhkan layanan penyimpanan database. Dalam server database tersebut, bisa berisi ratusan ataupun ribuan database dari banyak user.
Biasanya, database tersebut dikelompokkan atau disimpan per user yang memakai layanan database tersebut.
ADVERTISEMENT
5. Proxy Server
Proxy server berfungsi untuk memperkuat keamanan pada sebuah jaringan. Server ini bisa digunakan untuk memfilter permintaan servis masuk maupun keluar dari sebuah client. Selain itu, server ini juga bisa digunakan untuk memblokir atau menangguhkan suatu IP.
6. Web Server
Apa itu web server? Web server berfungsi untuk memproses file pada web seperti html, php, atau asp sebelum file tersebut dikirimkan ke client. Web server juga melayani request servis dengan protokol HTTP, IMAP ataupun FTP.
7. File Server
Apa itu file server? File server bisa berarti server pada komputer yang digunakan untuk menampung data-data yang dimiliki oleh sejumlah client. Kapasitas penyimpanan file server tergantung dari kapasitas HDD yang dimiliki oleh server tersebut.
ADVERTISEMENT
8. Game Server
Game server merupakan server yang digunakan sebagai pusat penghubung antar pemain (client) dengan pemain yang lainnya dalam sebuah game. Selain merupakan server tersendiri, game server juga bisa diadakan pada komputer client yang bermain game tersebut.
9. DHCP Server
DHCP server merupakan server yang dapat menyewakan alamat IP dan informasi TCP/IP lainnya kepada semua klien yang memintanya.
10 DNS Server
DNS server berguna untuk menerjemahkan alamat domain sebuah komputer ke dalam bentuk IP. Oleh sebab itu, apabila tidak menentukan DNS server pada settingan IP Address, pengguna akan kesulitan untuk membuka situs seperti Google.
(NDA)
Apa yang dimaksud dengan server?
chevron-down
Apa fungsi dari sebuah server?
chevron-down
Bagaimana cara kerja file server?
chevron-down
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020