Konten dari Pengguna

Apa yang Dimaksud dengan Makanan Khas Daerah?

Kabar Harian
Menyajikan beragam informasi terbaru, terkini dan mengedukasi.
13 Oktober 2021 13:26 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Kabar Harian tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Makanan khas daerah memiliki cita rasanya masing-masing. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Makanan khas daerah memiliki cita rasanya masing-masing. Foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Setiap daerah memiliki makanan khasnya masing-masing yang bisa dibanggakan dari daerah tersebut.
ADVERTISEMENT
Oleh karena itu, muncul istilah makanan khas daerah. Istilah tersebut muncul karena memang makanan yang ada di setiap daerah memiliki cita rasa yang berbeda-beda.
Makanan khas juga berhubungan dengan pariwisata yang ada pada daerah tersebut. Mengutip jurnal tentang Pembuatan Video Makanan Khas Jawa Timur karya Rapha Natanael, dkk, kelestarian makanan khas daerah sangat penting bagi suatu daerah untuk mendongkrak sektor pariwisatanya.
Hal ini tentunya tidak lepas dari perkembangan zaman yang sudah memanfaatkan media digital dengan baik. Sosial media contohnya, cukup banyak akun Instagram atau TikTok dari berbagai daerah yang mempromosikan makanannya di platform tersebut.
Akibatnya, secara tidak langsung hal tersebut mengundang rasa penasaran netizen untuk mencicipinya. Lantas, satu-satunya cara untuk bisa mencicipi makanan tersebut adalah dengan mendatangi daerahnya langsung.
ADVERTISEMENT
Misalnya, sate maranggi yang ada di Bandung, Jawa Barat. Supaya bisa mencicipi sate maranggi khas Bandung, netizen perlu mendatangi lokasi tersebut agar cita rasa yang didapatkan bisa sesuai dengan yang diinginkannya.
Itulah mengapa makanan khas dan pariwisata memiliki hubungan satu sama lain untuk saling berkembang. Lantas, apa yang dimaksud dengan makanan khas daerah? Berikut penjelasannya!

Pengertian Makanan Khas Daerah

Apa yang dimaksud dengan makanan khas daerah? Foto: Unsplash
Makanan khas daerah adalah makanan yang biasa dikonsumsi di suatu daerah dan cocok dengan lidah masyarakat setempat. Biasanya, setiap daerah memiliki cita rasanya masing-masing yang membuatnya menjadi suatu ciri khas dari daerah tersebut.
Keberadaan makanan khas daerah juga tidak lepas dari rempah-rempah yang dimlikinya. Sebab, pada dasarnya makanan dipengaruhi oleh ketersediaan bahan mentah dari alam sekitar, sehingga setiap daerah memiliki ciri khas makanannya masing- masing.
ADVERTISEMENT
Hal ini juga diungkapkan di dalam buku Pengelolaan dan Penyajian Makanan karya Haryono, bahwa makanan di daerah pegunungan dengan di daerah pesisir pantai tentunya memiliki perbedaan.
Daerah pegunungan memiliki ketersediaan bahan makanan berupa variasi jenis tumbuhan yang dominan. Sementara itu, makanan yang tersedia di daerah pantai tentu lebih didominasi dengan varian ikan atau makanan laut.

Daftar Makanan Khas Daerah Indonesia

Daftar makanan khas daerah Indonesia. Foto: Unsplash
Setelah mengetahui pengertian dari makanan khas daerah, mari membahas apa saja makanan khas yang ada di setiap daerah di Indonesia. Berikut daftarnya seperti yang dikutip dari buku Jelajah 34 Makanan Khas Provinsi di Indonesia karya Kiki Ratnaning Arimbi.
ADVERTISEMENT
(JA)