Cara Mendapatkan Malam Lailatul Qadar bagi Wanita yang Sedang Haid

Kabar Harian
Menyajikan beragam informasi terbaru, terkini dan mengedukasi.
Konten dari Pengguna
19 Maret 2024 9:34 WIB
·
waktu baca 7 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Kabar Harian tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Cara mendapatkan malam Lailatul Qadar bagi wanita yang haid Foto: Unsplash/Fahrul Azmi
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Cara mendapatkan malam Lailatul Qadar bagi wanita yang haid Foto: Unsplash/Fahrul Azmi
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Lailatul Qadar adalah hari yang istimewa pada bulan Ramadan, sehingga semua umat muslim, laki-laki maupun wanita berlomba-lomba untuk memperbanyak ibadah, menambah pahala. Namun, terkadang perempuan terhalang dengan masa period atau menstruasi, yang tidak memperkenankan untuk berpuasa, salat, atau membaca Al-Qur'an. Bagaiana cara mendapatkan malam lailatul qadar bagi wanita yang sedang haid?
ADVERTISEMENT
Sebagaimana dikutip dari www.nu.or.id tentang pernyataan Ketua Lembaga Bahtsul Masail Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LBM PBNU) KH Mahbub Ma’afi, meskipun terhalang untuk menjalankan ibadah salat, perempuan yang sedang haid tetap bisa memperoleh keberkahan malam lailatul qadar dengan mendekatkan diri kepada Allah Swt.

Pengertian dan Cara Mendapatkan Malam Lailatul Qadar Bagi Wanita Yang Sedang Haid

Cara mendapatkan malam Lailatul Qadar , Foto:Unsplash/The Dancing Rain
Apa itu Lailatul Qadar?
Lailatul Qadar terdiri dari 2 kata, yaitu Lail yang artinya malam dan Qadar yang punya banyak arti. Lailatul Qadar adalah malam yang dipenuhi dengan rahmat dan keberkahan dari Allah Swt.
Malam Lailatul Qadar lebih baik dari seribu bulan dan kesempatan baik umat muslim untuk mendapatkan keberkahan, ampunan, dan rahmat dari Allah Swt.
ADVERTISEMENT
Keistimewaan Lailatul Qadar dinyatakan pada surat Al-Qadr, yaitu Allah Swt berfirman :
إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ، وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ, لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ، تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ، سَلَامٌ هِيَ حَتَّىٰ مَطْلَعِ الْفَجْرِ
Beberapa keutamaan malam Lailatul Qadar antara lain :
ADVERTISEMENT
Oleh karena itu, menjelang malam Lailatul Qadar dan pada malamnya, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak ibadah seperti berdoa, bertafakur, dan berzikir.
Bahkan, banyak yang melakukan i'tikaf (beribadah di masjid) pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadan, untuk mencari Lailatul Qadr.
Lalu, adakah caramendapatkan malam lailatul qadar bagi wanita yang sedang haid?
Wanita yang sedang haid memiliki keterbatasan dalam menjalankan ibadah tertentu dalam ajaran Islam. Hal ini disebabkan oleh ketentuan agama yang menjaga kesucian ritual ibadah dari najis fisik. Selama masa haid, wanita tidak diperbolehkan untuk melakukan salat dan puasa.
Meskipun ada keterbatasan tersebut, wanita yang sedang haid tetap memiliki kesempatan untuk mendapatkan keberkahan dari malam Lailatul Qadar karena diperbolehkan untuk melakukan beberapa amalan yang tidak memerlukan kesucian fisik.
ADVERTISEMENT
Hal ini diungkapkan oleh Syekh Ahmad bin Salamah Al-Qalyubi (wafat 1069 H) dalam kitabnya:
وَتُثَابُ الْحَائِضُ عَلَى تَرْكِ مَا حَرُمَ عَلَيْهَا إذَا قَصَدَتْ امْتِثَالَ الشَّارِعِ فِي تَرْكِهِ
Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan wanita yang sedang haid untuk mendapatkan keberkahan malam Lailatul Qadar.

1. Zikir dan Doa

Memperbanyak zikir dan doa pada malam Lailatul Qadar, salah satu cara yang bisa dilakukan perempuan yang sedang menstruasi.
Zikir bisa dilakukan dalam hati, mengucapkan istighfar, serta memanjatkan doa-doa permohonan ampunan, keselamatan, dan keberkahan.
ADVERTISEMENT
Sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Aisyah RA, yaitu
عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عنها قَالَتْ قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَرَأَيْتَ إِنْ عَلِمْتُ أَىُّ لَيْلَةٍ لَيْلَةُ الْقَدْرِ مَا أَقُولُ فِيهَا ؟ قَالَ قُولِى اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّى
ADVERTISEMENT

2. Istigfar

Mengucapkan istigfar bertujuan untuk memohon ampunan kepada Allah Swt, baik sebagai bentuk penyesalan atas dosa-dosa yang telah dilakukan maupun sebagai usaha untuk membersihkan diri dari dosa-dosa tersebut.
Perempuan yang sedang haid dapat selalu memohon ampun kepada Allah Swt dengan membaca Istigfar.
Istigfar
اَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ
Astaghfirullahal ‘adzim ( baca 100 kali )
Baca Allahu Akbar
اَللهُ أَكْبَرُ
Allahu Akbar (baca 33 kali)
– Baca Hamdalah
اَلْحَمْدُلِلَّهِ
Alhamdulillah (baca 33 kali)
– Membaca Subhanallah
سُبْحَانَ ٱللَّٰهِ
Subhanallah (baca 33 kali)
Istighfar Nabi Muhammad saw Sebelum Wafat
ADVERTISEMENT
سُبْحَانَ اللهِ وَبِحَمْدِهِ أَسْتَغْفِرُ اللهَ وَأَتُوبُ إِلَيْهِ
Subhanallahi wabihamdih, astaghfirullaha wa atuubu ilaih
Istighfar Pelebur Dosa
أستغفر الله الذي لا إله إلا هو الحي القيوم و أتوب إليه
Astaghfirullah, alladzi la ilaha illa huwal hayyul qayyumu wa atuubu ilaih

3. Membaca Al-Quran

Meskipun tidak diperbolehkan menyentuh mushaf Al-Quran, wanita yang sedang haid tetap bisa membaca Al-Quran dalam hati atau mendengarkan bacaan Al-Quran. Merenungkan ayat-ayat suci Al-Quran akan membawa keberkahan dan ketenangan pada malam Lailatul Qadar.
ADVERTISEMENT
Wanita yang sedang haid dapat memperdalam pemahaman mereka tentang malam Lailatul Qadar dengan mempelajari hadis-hadis yang relevan. Hadis-hadis yang merujuk pada keutamaan malam Lailatul Qadar dapat menjadi sumber inspirasi dan motivasi bagi mereka.

4. Sedekah

Malam Lailatul Qadar juga merupakan waktu yang tepat untuk berbuat kebaikan kepada sesama. Wanita yang sedang haid dapat memanfaatkan malam tersebut untuk melakukan sedekah atau memberikan bantuan kepada yang membutuhkan. Tindakan kebaikan ini juga akan mendatangkan keberkahan bagi mereka.
Hal itu dijelaskan dari hadis riwayat Tirmidzi, dari Anas, ia berkata:
Rasulullah saw ditanya “Puasa apakah yang lebih utama setelah Ramadan? Rasulullah saw bersabda (puasa di bulan) Sya’ban untuk mengagungkan Ramadhan, lalu sedekah apa yang paling utama? Sedekah di bulan Ramadhan” (HR. Tirmidzi)
ADVERTISEMENT

5. Menambah Ilmu Pengetahuan

Untuk mencari dan menambah ilmu pengetahuan, wanita haid di malam Lailatul Qadar dapat melakukan antara lain :
ADVERTISEMENT
Dari beberapa cara mendapatkan malam Lailatul Qadar bagi wanita yang haid seperti diulas di atas, perempuan tetap bisa melakukan amalan-amalan untuk meraih pahala dan keberkahan dari Allah Swt.
Keberkahan Allah tidak terbatas oleh kondisi fisik seseorang, tetapi lebih pada niat yang tulus dan usaha yang sungguh-sungguh dalam mendekatkan diri kepada-Nya. Dengan pemahaman yang mendalam, amalan yang diperbolehkan, dan penghayatan spiritual yang kuat, wanita yang sedang haid dapat memanfaatkan malam Lailatul Qadar sebagai kesempatan untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt dan meraih keberkahan yang dijanjikan.(erna)