Konten dari Pengguna

Contoh Energi Listrik dan Pengertiannya

Kabar Harian
Menyajikan beragam informasi terbaru, terkini dan mengedukasi.
8 Oktober 2021 13:15 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Kabar Harian tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Pengertian dan contoh energi listrik. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Pengertian dan contoh energi listrik. Foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Listrik merupakan salah satu energi yang keberadaannya dibutuhkan oleh makhluk hidup.
ADVERTISEMENT
Hal ini karena pemanfaatannya yang terus berkembang dan bisa digunakan bahkan untuk teknologi maju sekalipun. Selain itu, energi listrik termasuk energi yang memiliki banyak sumber.
Oleh karena itu, keberadaannya terus ada dan jarang sekali mengalami kepunahan. Beberapa sumber yang bisa dimanfaatkan menjadi energi listrik, yakni fosil, minyak bumi, air, dan sebagainya.
Ingin mengetahui lebih lanjut pengertian dan apa saja contoh energi listrik? Berikut penjelasannya seperti yang dikutip dari buku Ensiklopedia Sains : Atmosfer , Cahaya , Energi , Listrik , Benda & Sifatnya karya Mulyadi.

Pengertian Energi Listrik

Pengertian dan contoh energi listrik. Foto: Unsplash
Energi listrik adalah energi utama yang dibutuhkan bagi peralatan listrik/energi yang tersimpan dalam arus listrik dengan satuan amper (A) dan tegangan listrik dengan satuan Volt (V) dengan ketentuan kebutuhan konsumsi daya listrik dengan satuan Watt (W).
ADVERTISEMENT
Tujuan keberadaan energi listrik ini bisa dimanfaatkan dengan baik, misalnya menggerakkan motor, lampu penerangan, memanaskan, mendinginkan ataupun untuk menggerakkan kembali suatu peralatan mekanik untuk menghasilkan bentuk energi yang lain.
Energi listrik diketahui memang bisa dihasilkan melalui berbagai sumber. Berikut beberapa sumber yang bisa dimanfaatkan dengan baik untuk menciptakan energi listrik, seperti yang dikutip dari buku Energi dan Perubahannya karya Drs. Kandi, M.A.
ADVERTISEMENT

Contoh Energi Listrik

Pengertian dan contoh energi listrik. Foto: Unsplash
Energi listrik sering kali mengalami perubahan ketika dimanfaatkan. Hal tersebut sesuai dengan hukum kekekalan energi yang menyebutkan bahwa setiap bentuk energi bisa mengalami perubahan.
Salah satu energi yang sering mengalami perubahan adalah energi listrik. Pasalnya karena energi listrik yang bisa berubah menjadi energi panas, energi cahaya, dan lain sebagainya.
Berikut contoh energi listrik dan bentuk-bentuk perubahannya:
1. Energi listrik menjadi energi panas
Contoh energi listrik yang menjadi energi panas sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, yakni setrika, penanak nasi, oven, hingga kompor listrik. Barang-barang tersebut bisa menghasilkan energi panas berkat pengaruh listrik di dalamnya.
2. Energi listrik menjadi energi gerak
Tidak hanya energi panas, energi listrik juga bisa berubah menjadi energi gerak. Salah satu contohnya adalah motor atau mobil baterai yang membutuhkan listrik untuk menggerakkannya.
ADVERTISEMENT
Ketika baterai sudah terisi penuh berkat listrik, barulah mobil atau motor tersebut bisa digerakkan.
3. Energi listrik menjadi energi bunyi
Energi listrik menjadi energi bunyi juga sering ditemui pada alat elektronik yang ada di rumah. Misalnya saja radio atau televisi, kedua alat itu memerlukan listrik sebelum akhirnya mengeluarkan suara untuk memberi hiburan.
(JA)