Doa setelah Membaca Surat Al Waqiah, Muslim Harus Tahu

Kabar Harian
Menyajikan beragam informasi terbaru, terkini dan mengedukasi.
Konten dari Pengguna
4 April 2024 20:28 WIB
·
waktu baca 7 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Kabar Harian tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Doa setelah Membaca Surat Al Waqiah. Unsplash/T Foz
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Doa setelah Membaca Surat Al Waqiah. Unsplash/T Foz
ADVERTISEMENT
Surat Al Waqiah merupakan salah satu surat yang terdapat dalam Al-Quran dan mempunyai banyak keutaan apabila dibaca secara rutin. Setelah membaca surat ini, umat Islam dianjurkan agar memanjatkan doa setelah membaca surat Al-Waqiah supaya mendapat keutamaan dari surat tersebut.
ADVERTISEMENT
Setelah membaca doa tersebut, umat Islam dapat meminta atau memohon kepada Allah Swt. agar dikabulkan semua keinginannya. Akan tetapi, masih banyak umat Islam yang belum mengetahui bagaimana bacaan doa setelah membaca surat Al-Waqiah.

Mengenal Surat Al-Waqiah

Ilustrasi Doa setelah Membaca Surat Al-Waqiah. Unsplash/Anis Coquelet
Sebelum mengetaui bacaan doa setelah membaca surat Al-Waqiah, ketahui terlebih dahulu tentang surat Al-Waqiah. Berdasarkan buku yang berjudul Rahasial Dahsyat Al-Fatihah, Ayat Kursi dan Al-Waqiah untuk Kesuksesan Karies dan Bisnis, Ustadz Ramadan AM, (2020:104), surat Al-Waqiah ini tergolong ke dalam surat Makkiyah yang terdiri dari 96 ayat. Surat Al-Waqiah terletak pada juz ke-27.
Dinamakan Al-Waqiah karena diambil dari lafal Al-Waqiah yang terdapat pada ayat pertama surah ini, yang artinya kiamat. Meski demikian, surat Al-Waqiah tidak hanya memaparkan tentang yaumil akhir, tetapi juga hadiah bagi para umat muslim yang taat serta balasan bagi orang-orang kafir. Selain itu, surat Al-Waqiah juga menerangkan tentang kekuasaan Allah Swt.
ADVERTISEMENT
Sedangkan menurut buku yang berjudul Risalah Doa & Zikir Keluarga, Tim Madinatul Ilmi dan Muhammad Auli, (2017:8), surat Al-Waqiah merupakan salah satu surat "istimewa" yang memiliki beberapa fadhilah (keutamaan) seperti, menghindarkan diri dari sifat lupa, terhindar dari kemelaratan, surat mahabbah kepada Allah dan suratnya orang-orang yang merindukan surga.
Dalam kaitannya dengan hajat yang berupa ekonomi, jika surat Al-Waqiah dibaca tiap malam insyaaallah tidak akan tertimpa kefakiran selamanya. Nabi Muhammad saw. Bersabda:
مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْوَاقِعَةِ فِي كُلِّ لَيْلَةٍ لَمْ تُصِبْهُ فَاقَةٌ أبداً. (رواه البيهقي)
Barangsiapa membaca surat Al-Waqiah setiap malam, maka tidak akan menimpa kepadanya kepapaan. Dan surat Al-Waqiah adalah surat kaya, maka bacalah dan ajarkanlah kepada anak-anak kamu. (HR. Abu Ubaid, Al-Harits, Abu Ya'la, Ibnu Murdaweh dan al-Baihaqi)
ADVERTISEMENT
Imam Ja'far dalam salah satu kitab berjudul Khazinatul Asrar Kubro, juga menjelaskan bahwa:
Barangsiapa membaca surat Al-Waqiah pada waktu pagi ketika keluar dari rumahnya untuk bekerja atau untuk mencari nafkah maka Allah Ta'ala mempermudah rezekinya dan mendatangkan hajatnya. Dan barangsiapa menbaca surat Al-Waqiah di waktu pagi dan sore, maka ia tidak akan kelaparan atau kehausan, dan tidak akan takut terhadap orang yang akan memfitnah, sedangkan fitnahnya kembali pada orang itu.
Dalam hadits lain, Nabi Muhammad saw. juga bersabda yang artinya: Ajarkanlah kepada istri-istri kalian surat Al-Waqiah, karena ia surat kekayaan.
Dengan demikian, jelaslah bahwa, selain mampu mendatangkan pahala dan rida Allah ta'ala, surat Al-Waqiah juga bisa menjadi solusi bagi umat yang dilanda kesusahan Allah Swt senantiasa memberikan jalan keluar bagi hambanya yang berusaha.
ADVERTISEMENT

Keutamaan Surat Al-Waqiah

Ilustrasi Doa setelah Membaca Surat Al-Waqiah. Unsplash/GR Stocks
Berdasarkan buku yang berjudul Rahasia Rahasial Dahsyat Al-Fatihah, Ayat Kursi dan Al-Waqiah untuk Kesuksesan Karies dan Bisnis, Ustadz Ramadan AM, (2020:115), terdapat banyak keutamaan yang terkandung dalam surat Al-Waqiah.
Selain telah mendapatkan pahala karena sudah membaca Al-Quran, umat Islam yang membaca serta mengamalkan surat Al Waqiah secara istiqomah akan dicukupkan rezekinya oleh Allah Swt. Berikut adalah beberapa keutamaan surat Al-Waqiah:

1. Untuk Mendatangkan Rezeki

Keutamaan surat Al-Waqiah yang pertama adalah untuk mendatangkan rezeki. Kaitannya dengan keutamaan tersebut, terdapat sebuah hadit yakni dari Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu, bahwasannya Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda yang artinya: Ajarilah istri-istri kalian surat waqiah, karena ia adalah suratul ghina (surat penjemput kekayaan).
Kaitannya Al-Waqiah sebagai surat penjemput rezeki, terdapat hadis lain, yang diriwayatkan dari Ad-Dailamiy dari Anas bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:
ADVERTISEMENT
Surat Al-Waqiah adalah surat kekayaan maka bacalah dan ajarkanlah ia kepada anak-anakmu. (HR. Ad-Dailamiy)
Berdasarkan dua hadis di atas, jelaslah bahwa salah satu keutamaan dari Al-Waqiah adalah sebagai surat untuk menjemput rezeki.
Meski demikian bukan berarti kemudian mengabaikan aspek kerja keras. Kerja keras penting, namun akan jauh lebih utama, jika bisa menyeimbangkannya, yakni bekerja dan berdoa.

2. Terhindar dari Golongan Ghofilin

Keutamaan surat Al-Waqiah yang kedua adalah mampu menghindarkan umat Islam dari golongan ghofilin yaitu golongan orang-orang yang lalai dan pelupa.
Semoga umat Islam yang membaca dan mengamalkan surat Al-Waqiah termasuk ke dalam orang yang arif.
Orang arif adalah orang yang memandang aib-aib dirinya dan kemudian menyesali. Sedangkan orang lalai adalah orang yang menyoroti aib-aib orang lain.
ADVERTISEMENT

3. Dijauhkan dari Kemiskinan

Keutamaan yang ketiga yakni senantiasaa dijauhkan dari kemiskinan. Apabila setiap hamba membiasakan istikomah membaca surat Al-Waqiah satu kali setiap malamnya, maka akan mandapatkan pahala yang sangat besar dan akan dijauhkan dari kemiskinan untuk selama- lamanya.

4. Memperoleh Kekayaan Berlimpah

Keutamaan yang berikutnya aadalah mendapatkan kekayaan yaang melimpah.
Jika seseorang setelah selesai menunaikan salat ashar membiasakan dan istikomah membaca surat Al-Waqiah 14 kali, maka akan mendapatkan balasan berupa kekayaan yang berlimpah dan tidak ada habisnya.

Doa setelah Membaca Surat Al Waqiah

Ilustrasi Doa setelah Membaca Surat Al-Waqiah. Unsplash/Ali Burhan
Berikut merupakan doa setelah membaca surat Al-Waqiah berdasarkan buku dengan judul Rahasia Dahsyat Al-Fatihah, Ayat Kursi, dan Al-Waqiah karya Ramadhan AM (2020:137).
الّلهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ بِحَقِّ سُوْرَةِ الْوَاقِعَةِ وَأَسْرَارِهَا أنْ تُيَسِّرَلِيْ رِزْقِي كَمَا يَسَّرْتَهُ لِكَثِيْرٍ مِن خَلْقِكَ يَا ألله يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ
ADVERTISEMENT
Allahumma inni as aluka bihaqqi suuratil waaqi’ah wa asroorihaa antu yassiroli rizki kamaa yassartahu li katsiirin min kholqika yaa Alloh yaa robbal ‘aalamiin.
Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu dengan kebenaran surat waqiah dan rahasia-rahasianya, agar Engkau berkenan memudahkan rezekiku sebagaimana Engkau memudahkannya untuk kebanyakan makhluk-Mu, ya Allah, ya robbal ‘alamin."
Selain doa di atas, umat Islam juga dapat membaca doa berikut ini:
اَللَّهُمَّ صُنْ وُجُوْهَنَا بِاْليَسَارِ,وَلاَتُوهِنَّابِاْلاِقْتَارِ , فَنَسْتَرْزِقَ طَالِبِيْ رِزْقِكَ وَنَسْتَعْطِفَ شِرَارَخَلْقِكَ وَنَشْتَغِلَ بِحَمْدِ مَنْ اَعْطَانَاوَنُبْتَلَى بِذَمِّ مَنْ مَنَعَنَاوَاَنْتَ مِنْ وَرَاءِذَلِكَ كُلِّهِ اَهْلُ اْلعَطَاءِ وَاْلمَنْعِ . اَللَّهُمَّ كَمَاصُنْتَ وُجْوُ هَنَاعَنِ السُّجُوْدِاِلاَّلَكَ فَصُنَّاعَنِ اْلحاَجَةِاِلاَّاِلَيْكَ بِجُوْدِكَ وَكَرَمِكَ وَفَضْلِكَ , يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ (ثلاثا) اَغْنِنَا بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ . وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَامُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ
ADVERTISEMENT
Allahumma shun wujuhana bil yasar wala tuhinna bil iqtar fanastarziqa tholibi rizqika wa nasta'thifa syiroro kholqika wa nasytaghila bihamdi man a'thona wa nubtala bi zammi man mana'ana wa anta min wara-i zalika ahlul 'atho-i wal man-'i.
Allahumma kama shunta wujuhana 'anis sujudi illa laka fa shunna 'anil hajati illa ilaika bijudika wa karomika wa fadhlika ya arhamar rohimin wa shollallohu 'ala sayyidina muhammadin wa 'ala alihi wa shohbihi wa sallam.
Artinya: "Ya Allah, jagalah wajah kami dengan kekayaan, dan jangan hinakan kami dengan kemiskinan, sehingga kami harus mencari rizki dari para pencari rizki-Mu, dan minta dikasihani oleh manusia ciptaan-Mu yang berbudi buruk dan sibuk memuji orang yang memberi kami dan tergoda untuk mengecam yang tidak mau memberi kami. Padahal Engkau di balik semua itu adalah yang berwenang untuk memberi atau tidak memberi.
ADVERTISEMENT
Ya Allah, sebagaimana Engkau menjaga wajah kami dari sujud kecuali kepada-Mu, maka jagalah kami dari keperluan selain kepada-Mu, dengan kedermawanan-Mu, kemurahan-Mu, dan karunia-Mu, wahai Yang Paling Penyayang di antara semua penyayang. Cukupkanlah kami dengan karunia-Mu dari siapa pun selain Engkau. Semoga Allah merahmati junjungan kami Nabi Muhammad beserta keluarganya dan para sahabatnya, juga semoga Allah memberi keselamatan".
Sedangkan menurut laman nu.or.id, setelah membaca doa di atas dapat ditambahkan bacaan ini.
اللَّهُمَّ أَغْنِنَا بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ، وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ
Allâhumma aghninâ bi fadl-lika ‘amman siwâka, wa shallallahu ‘alâ sayyidinâ muḥammadin wa ‘alâ âlihi wa shaḥbihi wa sallam
Artinya: “Ya Allah, cukupkanlah kami dengan karunia-Mu sehingga tidak merasa butuh kepada siapa pun selain-Mu. Semoga Allah melimpahkan rahmat dan keselamatan kepada baginda Nabi Muhammad beserta keluarganya dan para sahabatnya.”
ADVERTISEMENT
Doa setelah membaca surat Al-Waqiah harus diketahui setiap muslim agar doanya diterima oleh Allah Swt. (Adm)