Kerajinan dari Limbah Plastik: Vas Bunga Gantung hingga Celengan Anak

Menyajikan beragam informasi terbaru, terkini dan mengedukasi.
Konten dari Pengguna
14 Januari 2022 13:38
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Kabar Harian tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi limbah plastik yang bisa dijadikan kerajinan tangan. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi limbah plastik yang bisa dijadikan kerajinan tangan. Foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
Produk kerajinan dari limbah plastik bisa menjadi sumber pendapatan bagi sebagian orang. Di Indonesia, limbah atau sampah plastik dapat diproduksi dalam jumlah yang cukup banyak. Menurut Databoks Kata Data, Indonesia menghasilkan 67,8 juta ton sampah pada 2020.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan data dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), 37,3% sampah di Indonesia berasal dari aktivitas rumah tangga. Sumber sampah terbesar berikutnya berasal dari pasar tradisional yakni 16,4%, lalu 15,9% sampah berasal dari kawasan.
Banyaknya sampah plastik tentunya memberikan dampak yang tidak baik untuk lingkungan di sekitar. Dampak negatifnya, seperti munculnya penyakit, bencana alam, hingga keindahan lingkungan yang mulai berkurang.
Untuk mengurangi pengurangan limbah atau sampah plastik ini, ada beberapa kerajinan bahan limbah plastik yang bisa diikuti. Namun sebelum itu, simak penjelasan berikut ini.

Jenis-Jenis Sampah atau Limbah Plastik

Jenis-jenis sampah atau limbah plastik. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Jenis-jenis sampah atau limbah plastik. Foto: Shutterstock
Menyadur dari buku Jadi Jutawan Modal Sampah Plastik karya Asih Nuryani, berikut adalah jenis-jenis sampah atau limbah plastik yang perlu untuk dikenali terlebih dahulu sebelum membuat kerajinan dari bahan tersebut.
ADVERTISEMENT
  1. PET atau PETE adalah polyethylene terephtalate. Plastik ini digunakan untuk membuat sebagai besar botol plastik dan kontainer dari minuman.
  2. HDPE adalah polyethylene densitas tinggi yaitu plastik serbaguna yang dapat didaur ulang. Digunakan untuk membuat botol deterjen dan pemutih, botol jus, botol oli motor, dan lainnya.
  3. Vinyl atau PVC adalah polyvinyl chloride memiliki tekstur yang keras dan juga tahan cuaca. Biasanya digunakan untuk membuat kontainer, botol deterjen dan minyak goreng.
  4. LDPE adalah low density polyethylene yang memiliki banyak aplikasi. Biasanya sering digunakan sebagai bahan untuk pembuat botol dan dapat didaur ulang untuk tong penyimpan pupuk kompos, bahan pembuat lantai, dan bahan bangunan.
  5. PP adalah polypropylene yang umum ditemukan dalam tutup botol, botol saus, dan sedotan.
  6. PS adalah polystyrene yang biasa dikenal dengan stereofoam.
  7. Other/lainnya/polycarbonate, klasifikasi ini meliputi berbagai plastik nonresin yang masuk ke dalam kategori lainnya.
ADVERTISEMENT

Kerajinan dari Sampah atau Limbah Plastik

Menyadur dari buku Kreatif Tematik Tema 5 Ekosistem Kelas V untuk SD/MI yang diterbitkan oleh Tim Tunas Karya Guru, ada beberapa contoh kreasi atau kerajinan daur ulang yang berbahan dasar dari limbah pabrik. Berikut contoh kerajinannya:
  1. Vas bunga gantung
  2. Tempat pensil
  3. Mainan robot
  4. Celengan anak dari plastik
  5. Gantungan kunci
  6. Wadah aksesoris
  7. Pot kebun berbentuk vertikal
Dengan diolahnya limbah plastik bekas menjadi barang-barang yang lebih bermanfaat, hal ini akan mengurangi jumlah plastik yang beredar setiap harinya.
Pencemaran tanah dan air pun dapat berkurang. Selain itu, barang-barang hasil daur limbah plastik ini dapat dipasarkan, sehingga menjadi sumber pendapatan untuk beberapa orang yang memang fokus menciptakan kerajinan limbah plastik.
(JA)