Niat Sholat Tahajud 2 Rakaat dan Keutamaannya

Kabar Harian
Menyajikan beragam informasi terbaru, terkini dan mengedukasi.
Konten dari Pengguna
2 April 2024 6:14 WIB
·
waktu baca 7 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Kabar Harian tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Niat Sholat Tahajud 2 Rakaat. Unsplash/Afiq Fatah.
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Niat Sholat Tahajud 2 Rakaat. Unsplash/Afiq Fatah.
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Bacaan niat sholat tahajud 2 rakaat penting untuk diketahui umat Islam sesuai dengan tuntunan dari Rasulullah saw. Salat tahajud menjadi salah satu salat sunnah muakad yang memiliki segudang keutamaan.
ADVERTISEMENT
Mengutip dari buku Shalat Tahajud dalam Al-Qur'an, Muhafizah el-Feyza, (hal:21), tahajud adalah salat sunnah yang dilakukan pada malam hari dan diawali dengan tidur terlebih dulu. Tahajud memiliki arti yaitu melawan atau meninggalkan tidur.
Salat tahajud memiliki banyak keutamaan karena disebut lebih indah daripada dunia dan isinya, salah satunya adalah Allah Swt akan menghapuskan dosa-dosa kita dan terhindar dari perbuatan yang dapat merugikan manusia.

Niat Sholat Tahajud 2 Rakaat

Ilustrasi Niat Sholat Tahajud 2 Rakaat. Unsplash/afiq fatah.
Dalam menunaikan salat tahajud, tidak ada batasan maksimal jumlah rakaat. Dalam pelaksanaannya, salat tahajud dapat dilakukan dengan mendirikan 2 atau 4 rakaat. Adapun niat sholat tahajud 2 rakaat adalah sebagai berikut:

Niat Salat Tahajud

Berikut adalah niat salat tahajud sendiri di rumah sesuai dengan sunnah nabi:
ADVERTISEMENT
اُصَلِّى سُنَّةً التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى
Ushallii sunnatan tahajjudi rak’ataini mustaqbilal qiblati lillahi ta’alla.
Artinya: Aku niat salat sunnah tahajud 2 rakaat, menghadap kiblat, karena Allah Ta’ala.

Tata Cara Salat Tahajud

Seperti yang telah disebutkan di atas, salat tahajud diawali dengan membaca niat. Berikut tata cara salat tahajud dengan benar selengkapnya:
ADVERTISEMENT
Sedangkan, jika ingin melakukan cara salat tahajud 4 rakaat, maka bisa dikerjakan dua kali, masing-masing 2 rakaat sekali salam.

Bacaan Doa Setelah Salat Tahajud

Setelah melaksanakan salat tahajud, umat Muslim disunahkan untuk berzikir dan berdoa. Mengutip dari situs mui.or.id, berikut adalah bacaan doa setelah salat tahajud:
اَللهُمَّ رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْححَمْدُ اَنْتَ مَلِكُ السَّمَوَاتِ واْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِييُّوْنَ حَقٌّ وَمُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ. اَللهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ. اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ
ADVERTISEMENT
Allahumma rabbana lakal hamdu anta qayyimus samawati wal ardhi wa man fii hinna. Wa lakal hamdu anta malikus samawati wal ardhi wa man fii hinna. Wa lakal hamdu anta nurus samawati wal ardhi wa man fii hinna. Wa lakal hamdu antal haq. Wa wa‘dukal haq. Wa liqa’uka haq. Wa qauluka haq. Wal jannatu haq. Wan naru haq. Wan nabiyyuna haq. Wa Muhammadun shallallahu ‘alaihi wasallama haq. Was sa‘atu haq.
Allahumma laka aslamtu. Wa bika amantu. Wa alaika tawakkaltu. Wa ilaika anabtu. Wa bika khashamtu. Wa ilaika hakamtu. Fagfirli ma qaddamtu, wa ma akhkhartu, wa ma asrartu, wa ma a‘lantu, wa ma anta a‘lamu bihi minni. Antal muqaddimu wa antal mu’akhkhiru. La ilaha illa anta. Wa la haula, wa la quwwata illa billah.
ADVERTISEMENT
Artinya: “Ya Allah, Tuhan kami, segala puji bagi-Mu, Engkau penegak langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau penguasa langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau cahaya langit, bumi, dan makhluk di dalamnya.
Segala puji bagi-Mu, Engkau Maha Benar. Janji-Mu benar. Pertemuan dengan-Mu kelak itu benar. Firman-Mu benar adanya. Surga itu nyata. Neraka pun demikian. Para nabi itu benar. Demikian pula Nabi Muhammad SAW itu benar. Hari Kiamat itu benar. Ya Tuhanku, hanya kepada-Mu aku berserah. Hanya kepada-Mu juga aku beriman. Kepada-Mu aku pasrah. Hanya kepada-Mu aku kembali. Karena-Mu aku rela bertikai. Hanya pada-Mu dasar putusanku.
Karenanya ampuni dosaku yang telah lalu dan yang terkemudian, dosa yang kusembunyikan dan yang kunyatakan, dan dosa lain yang lebih Kau ketahui ketimbang aku. Engkau Yang Mahaterdahulu dan Engkau Yang Maha Terkemudian. Tiada Tuhan selain Engkau. Tiada daya upaya dan kekuatan selain pertolongan Allah.” (HR Bukhari dan Muslim)
ADVERTISEMENT

Keutamaan Sholat Tahajud

Ilustrasi Niat Sholat Tahajud 2 Rakaat. Unsplash/Arun Anoop.
Seperti yang diketahui, salat tahajud merupakan salah satu salat sunnah yang dianjurkan dan memiliki banyak keutamaan. Hal ini sebagaimana Allah Swt berfirman dalam Surat Adz Dzariyat ayat 15-18:
اِنَّ الۡمُتَّقِيۡنَ فِىۡ جَنّٰتٍ وَّعُيُوۡنٍۙ‏ اٰخِذِيۡنَ مَاۤ اٰتٰٮهُمۡ رَبُّهُمۡ​ؕ اِنَّهُمۡ كَانُوۡا قَبۡلَ ذٰلِكَ مُحۡسِنِيۡنَؕ‏  كَانُوۡا قَلِيۡلًا مِّنَ الَّيۡلِ مَا يَهۡجَعُوۡنَ‏ وَبِالۡاَسۡحَارِ هُمۡ يَسۡتَغۡفِرُوۡنَ‏ ١٨١٧١٦١٥
Ainn alۡmuttaqiۡn fiaۡ jannt wwaeuyuۡninۙ‏ akhidhiۡn maۤ atٮhumۡ rabbuhumۡ​ؕ ainnahumۡ kanuۡa qabۡl dhlik muhۡsiniۡnaؕ‏  kanuۡa qaliۡlan mmin allayۡl ma yahۡjaeuۡna‏ wabialۡaasۡhar humۡ yasۡtaghۡfiruۡna‏
Artinya, "Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa itu berada dalam taman-taman (syurga) dan mata air-mata air, sambil menerima segala pemberian Rabb mereka. Sesungguhnya mereka sebelum itu di dunia adalah orang-orang yang berbuat kebaikan. Di dunia mereka sedikit sekali tidur di waktu malam. Dan selalu memohonkan ampunan di waktu pagi sebelum fajar.”
ADVERTISEMENT
Adapun beberapa keutamaan yang akan didapatkan jika melaksanakan salat tahajud ini adalah sebagai berikut.

1. Penghapus dan Pencegah Dosa

Salat tahajud memiliki keutamaan untuk menghapuskan dosa-dosa kita. Setiap manusia pasti memiliki dosa. Istimewanya, saat kita berdoa dan memohon ampunan kepada Allah Swt, dosa-dosa kita yang telah kita lakukan sebelumnya akan diampuni oleh Allah Swt.
Salat tahajud juga bisa mencegah manusia dari perbuatan maksiat dan dosa. Seseorang yang rutin melaksanakan tahajud akan mendapatkan taufik dan hidayah dari Allah Swt sehingga dirinya terhindar dari maksiat dan dosa.

2. Mendapatkan Surga

Keutamaan salat malam pastinya sangat istimewa untuk umat muslim yang menjalankannya, salah satunya adalah mendapatkan surga-Nya Allah Swt. Rasulullah saw bersabda:
"Wahai manusia, sebarkanlah salam, berilah makan (orang-orang yang membutuhkan), sambungkanlah silaturahmi, dan salatlah pada malam hari ketika orang lain sedang tidur; niscaya kalian akan masuk surga dengan selamat." (HR. Ibnu Majah)
ADVERTISEMENT

3. Doanya Dikabulkan

Seorang yang mengerjakan salat tahajud kemudian berdoa, maka doanya akan dikabulkan oleh Allah Swt. Apalagi jika melaksanakan salat tahajud ini di sepertiga malam yang terakhir.
Hal ini sebagaimana Rasulullah saw bersabda:
إِنَّ فِي اللَّيْلِ لَسَاعَةً لَا يُوَافِقُهَا رَجُلٌ مُسْلِمٌ، يَسْأَلُ اللهَ خَيْرًا مِنْ أَمْرِ الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ، إِلَّا أَعْطَاهُ إِيَّاهُ، وَذَلِكَ كُلَّ لَيْلَةٍ
'Inn fi alllayl lasaeatan la yuafiquha rajul muslimun, yas'al allh khayran min 'amr alddunya walakhirati, 'illa 'aetah 'iiaahu, wadhalik kull layla
Artinya: "Sesungguhnya di dalam malam terdapat waktu yang jika ada seorang muslim meminta kepada Allah dengan kebaikan baik urusan dunia maupun akhirat, pasti Allah akan memberikannya. Dan waktu tersebut adalah sepanjang malam." (HR Muslim)

4. Kebiasaan Orang Salih

Salat tahajud merupakan kebiasaan orang-orang salih. Maka, siapapun yang senantiasa mengerjakannya, ia akan tercatat sebagai orang-orang yang salih. Hal ini sebagaimana ada dalam hadis berikut:
ADVERTISEMENT
عَلَيْكُمْ بِقِيَامِ اللَّيْلِ فَإِنَّهُ دَأَبُ الصَّالِحِينَ قَبْلَكُمْ، وَإِنَّ قِيَامَ اللَّيْلِ قُرْبَةٌ إِلَى اللهِ، وَمَنْهَاةٌ عَنِ الإِثْمِ، وَتَكْفِيرٌ لِلسَّيِّئَاتِ، وَمَطْرَدَةٌ لِلدَّاءِ عَنِ الجَسَدِ
Alaykum biqiam alllayl fa'innah da'ab alssalihin qablakum, wa'inn qiam alllayl qurbat 'iilaa allhi, wamanhat ean al'iithmi, watakfir lilssayiyaati, wamatradat lildda' ean aljasad
Artinya: "Hendaknya kalian melakukan shalat malam, karena shalat malam adalah kebiasaan orang-orang shalih sebelum kalian, dan sesungguhnya shalat malam mendekatkan kepada Allah, serta menghalangi dari dosa, menghapus kesalahan, dan menolak penyakit dari badan." (Surat At-Tirmidzi: 3549)

5. Lebih Utama

Salat malam itu seperti keutamaan sedekah yang dilakukan secara sirr (rahasia) dibanding dengan salat siang yang seperti sedekah secara terang-terangan di depan publik. Keduanya memiliki selisih perbandingan sekitar 70 kali lipat. Rasulullah saw bersabda:
ADVERTISEMENT
فَضْلُ صَلَاةِ اللَّيْلِ عَلَى صَلَاةِ النَّهَارِ كَفَضْلِ صَدَقَةِ السِّرِّ عَلَى صَدَقَةِ الْعَلَانِيَةِ
Fadl salat alllayl ealaa salat alnnahar kafadl sadaqat alssrr ealaa sadaqat alealania
Artinya: Keutamaan shalat malam dibanding shalat siang seperti keutamaan sedekah sirr dibandikan dengan sedekah terang-terangan.
Demikian penjelasan mengenai bacaan niat sholat tahajud 2 rakaat dan keutamaannya secara lengkap. (HEN)