Pengertian Era Digital dan Dampaknya untuk Kehidupan Manusia

Kabar Harian
Menyajikan beragam informasi terbaru, terkini dan mengedukasi.
Konten dari Pengguna
16 November 2021 13:59 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Kabar Harian tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Pengertian era digital dan dampaknya untuk kehidupan manusia. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Pengertian era digital dan dampaknya untuk kehidupan manusia. Foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Era digital adalah masa di mana aktivitas masyarakat hingga informasi disebarluaskan dengan menggunakan teknologi digital.
ADVERTISEMENT
Memang tidak bisa dipungkiri bahwa perkembangan era digital memberikan pengaruh yang cukup besar, karena segala sesuatu bisa menjadi lebih praktis.
Mengutip laman resmi Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, peran pemuda Indonesia sebetulnya memberikan pengaruh besar dalam perkembangan era digital.
Hal itu dilihat dari banyaknya ide kreatif yang diberikan oleh anak muda untuk menciptakan sebuah inovasi baru. Maka tidak heran apabila ada begitu banyak perusahaan yang dipimpin oleh anak muda atau generasi milenial.
Salah satu contoh era digital yang kini berkembang di perusahaan adalah aplikasi GoJek atau Grab yang bisa memudahkan para penggunanya, baik dalam hal transportasi atau kuliner.
Tidak hanya aplikasi transportasi, seperti GoJek atau Grab, ada pun perusahaan lainnya yang bekerja sama antara teknologi dan juga bisnis, seperti e-commerce, Shopee, Lazada, Tokopedia, dan lain sebagainya.
ADVERTISEMENT
Banyaknya perusahaan yang kini sudah mengikuti perkembangan era digital membuat masyarakat di sekitar menjadi lebih mudah dan efisien.
Lebih lanjut, lantas apa yang sebetulnya pengertian dan apa saja dampak era digital untuk kehidupan sehari-hari? Simak penjelasannya di bawah ini.

Pengertian Era Digital

Pengertian dari era digital. Foto: unsplash
Mengutip jurnal yang berjudul Pengaruh Era Digital Terhadap Perkembangan Bahasa Anak karya Puji Rahayu, era digital merupakan suatu masa di mana sebagian besar masyarakat pada era tersebut menggunakan sistem digital dalam kehidupan sehari-harinya.
Awalnya, teknologi komunikasi dari media elektronik masih menggunakan sistem analog, dan baru beralih ke sistem digital dengan ditandai hadirnya transformasi produk media seperti e-book, internet, koran digital, e-library, e-shop, dsb.
Masa tersebut biasanya disebut dengan revolusi digital yang dimulai sejak tahun 1990-an. Perkembangan era digital sendiri ditandai dengan aliran informasi melalui media-media komunikasi sudah bersifat jelas, akurat dan cepat.
ADVERTISEMENT
Kini, era digital sudah menjadi salah satu faktor yang bisa berpengaruh pada kehidupan manusia. Terlebih di masa pandemi ini, teknologi digital, seperti laptop, komputer, hingga ponsel, menjadi salah satu perangkat yang cukup sering untuk digunakan.

Dampak Positif Perkembangan Era Digital di Kehidupan Manusia

Menurut buku Teknopreneur Indonesia karya Iskandar Alisjahbana, kemajuan teknologi memang pada dasarnya bertujuan untuk mendorong manusia untuk hidup lebih nyaman, makmur, dan juga sejahtera.
Berikut beberapa dampak positif perkembangan era digital di kehidupan manusia.
ADVERTISEMENT
(JA)