Pola Hidup Sehat: Pengertian, Manfaat, dan Cara Penerapannya

Menyajikan beragam informasi terbaru, terkini dan mengedukasi.
Konten dari Pengguna
2 Februari 2022 18:28
·
waktu baca 6 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Kabar Harian tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Pola Hidup Sehat: Pengertian, Manfaat, dan Cara Penerapannya (177231)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi penerapan pola hidup sehat. Foto: iStock
ADVERTISEMENT
Pola hidup sehat merupakan suatu kebutuhan yang tidak dapat ditinggalkan oleh semua orang. Pola hidup sehat sekarang menjadi tren di kalangan masyarakat. Hal ini disebabkan oleh semakin banyaknya penyakit-penyakit baru yang muncul.
ADVERTISEMENT
Kebanyakan orang menganggap bahwa pola hidup sehat adalah pola hidup yang sulit dijalani. Namun, sebenarnya ada banyak cara yang dapat dilakukan dengan mudah untuk menjaga diri tetap sehat.
Artikel ini akan membahas lebih lanjut mengenai pola hidup sehat, mulai dari pengertian, manfaat, tujuan, contoh, dan cara menerapkan pola hidup sehat termasuk selama pandemi Covid-19.

Pengertian Pola Hidup Sehat

Pola Hidup Sehat: Pengertian, Manfaat, dan Cara Penerapannya (177232)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi sebuah keluarga menjalani pola hidup sehat. Foto: iStock
Apa yang dimaksud dengan pola hidup sehat? Dikutip dari Filosofi Hidup Sehat oleh Destri Lestari Widodo, pola hidup sehat adalah jalan yang harus dijalani untuk memperoleh fisik yang sehat serta jasmani dan rohani yang sehat juga.
Sehat dalam arti mendasar adalah segala hal yang dilakukan seseorang untuk memberikan hasil atau dampak yang baik bagi tubuh. Memiliki pola hidup sehat adalah suatu pilihan yang sangat tepat untuk melangsungkan kehidupan.
ADVERTISEMENT
Pola hidup sehat berhubungan dengan gaya hidup yang telah ditetapkan seseorang di dalam kehidupannya. Dikutip dari Asuhan Kehamilan oleh Diki Retno Yuliani dkk., pola hidup sehat merupakan gaya hidup sehat dengan memerhatikan beberapa faktor yang dapat memengaruhi kesehatan, di antaranya olahraga dan makanan.

Manfaat Pola Hidup Sehat

Pola Hidup Sehat: Pengertian, Manfaat, dan Cara Penerapannya (177233)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi salah satu manfaat pola hidup sehat adalah memperbaiki kualitas tidur. Foto: iStock
Pola hidup sehat memiliki banyak manfaat yang sangat penting untuk kesehatan tubuh, baik secara fisik maupun mental. Adapun manfaat pola hidup sehat antara lain sebagai berikut.
1. Menjaga Imunitas Tubuh
Pola hidup sehat yang dibangun secara berkelanjutan akan berpengaruh langsung pada kondisi daya tahan tubuh. Menjaga kesehatan tubuh dapat menekan paparan virus dan bakteri yang berpotensi menyerang sistem imunitas tubuh.
Jadi, ketika seseorang konsisten menjalankan pola hidup sehat, imunitas yang kuat pun bisa menghindari dirinya dari berbagai risiko penyakit yang tidak diharapkan.
ADVERTISEMENT
2. Memelihara Berat Badan Ideal
Tubuh yang terlalu kurus memang tidak baik, tetapi tubuh yang kegemukan adalah pemicu dari berbagai penyakit kronis.
Penyakit yang berhubungan dengan jantung dan pembuluh darah, dari diabetes sampai stroke, tidak jarang ditimbulkan oleh kondisi berat badan obesitas atau tidak ideal.
Membiasakan diri menjalani pola hidup sehat dapat mendatangkan manfaat berupa pemeliharaan berat badan ideal.
3. Meningkatkan Stamina dan Energi
Pola makan yang teratur dan rajin berolahraga yang diterapkan selama menjalani pola hidup sehat dapat membuat produksi energi meningkat. Pasalnya, keteraturan tersebut membuat proses metabolisme tubuh lebih optimal sehingga meningkatkan energi dan stamina tubuh.
4. Memperbaiki Kualitas Tidur
Salah satu pola hidup sehat adalah beristirahat yang cukup. Istirahat yang cukup bukan hanya mengacu pada kuantitas, tetapi juga kualitas.
ADVERTISEMENT
Menjalani pola hidup sehat dapat memperbaiki kualitas tidur yang baik yang biasanya dipengaruhi oleh aktivitas yang dilakukan, berat badan, dan kebiasaan mengonsumsi makanan tertentu.
5. Menjaga Kesehatan Mental
Budaya hidup sehat yang dijalani mampu menjaga dan meningkatkan kesejahteraan mental. Orang-orang yang konsisten menjalankan budaya hidup sehat cenderung lebih mampu mengelola stres dan menjaga suasana hati.
Hal tersebut terjadi karena ketika seseorang makan teratur dan cukup beristirahat, suasana hati akan lebih terkendali. Apalagi jika ditambah berolahraga, bisa memperoleh peningkatan produksi hormon endorfin yang membuat hati merasa lebih gembira.

Tujuan Pola Hidup Sehat

Pola Hidup Sehat: Pengertian, Manfaat, dan Cara Penerapannya (177234)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi sepasang lansia yang memiliki tubuh sehat. Foto: iStock
Dapat hidup sehat dan awet muda tentunya menjadi keinginan setiap orang. Namun, tidak banyak orang yang mendapatkannya, salah satu alasannya karena sering kali melakukan kebiasaan buruk yang menimbulkan berbagai masalah kesehatan.
ADVERTISEMENT
Jika menginginkan tubuh sehat dan tetap awet muda, harus didukung dengan usaha. Seperti yang diketahui, pola hidup sehat merupakan suatu usaha seseorang untuk menjaga tubuhnya tetap sehat dengan cara mengubah gaya hidup.
Pola hidup sehat dilakukan dengan beberapa tujuan utama, antara lain:
  • Memiliki tubuh yang sehat.
  • Terhindar dari suatu penyakit sehingga dapat membuat pikiran lebih tenang.
  • Sehat jasmani dan rohani.

Contoh Pola Hidup Sehat

Pola Hidup Sehat: Pengertian, Manfaat, dan Cara Penerapannya (177235)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi salah satu contoh pola hidup sehat adalah olahraga teratur. Foto: iStock
Supaya tujuan dari pola hidup sehat bisa tercapai, berikut beberapa langkah atau contoh pola hidup sehat yang bisa diterapkan.
  • Olahraga teratur
  • Hidup bersih
  • Sarapan pagi
  • Berhenti merokok
  • Mencukupi kebutuhan air putih
  • Membiasakan cara makan yang benar
  • Mengendalikan stres
  • Mengalokasikan waktu untuk absen dari media sosial
  • Menjaga hubungan baik dengan orang banyak
  • Mempelajari hal-hal baru, termasuk dari komunitas dan interaksi sosial
  • Tidur yang cukup, yaitu sekitar 7-9 jam dalam satu hari
  • Mengalokasikan waktu di luar rumah dengan kembali ke alam
ADVERTISEMENT

Cara Menerapkan Pola Hidup Sehat

Pola Hidup Sehat: Pengertian, Manfaat, dan Cara Penerapannya (177236)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi melakukan pemeriksaan kondisi kesehatan untuk menentukan pola hidup sehat yang tepat. Foto: iStock
Menerapkan pola hidup sehat perlu dilakukan dengan komitmen jangka panjang. Mengapa kita harus menjaga pola hidup sehat? Hal ini utamanya agar manfaat dan tujuan pola hidup sehat dapat tercapai.
Meskipun tidak mudah mengubah kebiasaan lama, ada beberapa cara menerapkan pola hidup sehat yang bisa dilakukan, antara lain:
1. Mengetahui Kondisi Kesehatan
Dengan mengetahui keadaan tubuh, dapat merancang dan menentukan pola hidup sehat yang tepat dan sesuai. Sebelumnya, bisa melakukan pemeriksaan dan berkonsultasi kepada dokter sebelum memulai perubahan pola hidup baru.
2. Evaluasi Aktivitas Fisik
Seberapa sering kita berolahraga? Seberapa jauh kita bisa berjalan mengelilingi perumahan? Mengevaluasi kebiasaan fisik bisa membantu menentukan berapa lama durasi olahraga yang baik bagi tubuh. Sebab, terlalu memaksakan kemampuan tubuh bisa berakibat fatal.
ADVERTISEMENT
3. Periksa Kesehatan Sosial
Memastikan diri selalu dikelilingi oleh keluarga dan teman yang mendukung memiliki pengaruh terhadap kualitas kesehatan. Hal ini karena tanpa disadari, memiliki hubungan kurang harmonis dapat berdampak pada kesehatan tubuh, terutama kesehatan mental.

Pola Hidup Sehat di Masa Pandemi

Pola Hidup Sehat: Pengertian, Manfaat, dan Cara Penerapannya (177237)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi salah satu penerapan pola hidup sehat selama pandemi Covid-19 adalah mengonsumsi makanan bergizi. Foto: iStock
Sejak Maret 2020 lalu, pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia masih belum berakhir. Untuk melindungi diri dari paparan Covid-19, sangat penting agar menerapkan protokol kesehatan dan menjalani pola hidup sehat untuk meningkatkan imunitas tubuh.
Dikutip dari laman resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul, berikut beberapa cara menerapkan pola hidup sehat di masa pandemi Covid-19 yang bisa dilakukan.
1. Konsumsi Makanan Bergizi
Di masa pandemi ini, ada baiknya memperbanyak konsumsi makanan bergizi seimbang dengan sayur, buah-buahan, dan vitamin. Nutrisi yang terkandung di dalam sayur dan buah dapat membuat tubuh kuat sehingga tidak mudah terserang penyakit.
ADVERTISEMENT
2. Tidur yang Cukup
Tidur yang cukup akan membantu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jadi, usahakan untuk tidur sebanyak 7-9 jam setiap hari.
3. Aktif Bergerak dan Rutin Berolahraga
Di rumah saja bukan berarti bisa bermalas-malasan, tapi harus lebih aktif dan banyak bergerak. Cara yang bisa dilakukan untuk tetap aktif bergerak adalah dengan melakukan yoga, bersepeda, atau sekadar berjalan kaki mengelilingi area rumah selama 15 menit setiap harinya.
4. Jaga Higienitas
Pastikan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama minimal 20 detik secara berkala, seperti sebelum dan setelah makan, setelah dari toilet, jika tangan kotor, dan setelah beraktivitas.
Jika batuk atau bersin, tutupi hidung dan mulut dengan tisu. Setelahnya, segera buang tisu ke tempat sampah dan mencuci tangan hingga bersih.
ADVERTISEMENT
5. Berpikir Positif
Pola hidup sehat tidak hanya tentang fisik, tetapi juga tentang kesehatan mental. Memiliki banyak tekanan selama pandemi akan membuat pikiran menjadi stress. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan untuk selalu berpikir positif.
Dengan mengubah cara berpikir menjadi positif, maka kesehatan mental akan menjadi lebih baik. Berpikir positif dapat membuat hati menjadi tentram dan dapat mengalahkan berbagai penyakit, termasuk saat sedang mengalami tekanan.
(SFR)
Apa tujuan melakukan pola hidup sehat?
chevron-down
Apa yang dimaksud dengan pola hidup sehat?
chevron-down
Apa manfaat berpikir positif?
chevron-down
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020