kumparan
17 Mei 2019 14:17 WIB

AXA Mandiri ajak nasabah berwakaf lewat produk asuransi jiwa syariah

SURABAYA, kabarbisnis.com:Â PT AXA Mandiri Financial Services (AXA Mandiri)Â meluncurkan fitur wakaf yang memungkinkan nasabah untuk berwakaf melalui produk asuransi jiwa syariah yang akan memberikan keberkahan bagi nasabah, sekaligus memberikan manfaat berkelanjutan bagi sesama.
ADVERTISEMENT
Fitur tersebut merupakan komitmen perusahaan yang senantiasa berupaya dalam berinovasi mengembangkan produk dan layanan, khususnya dalam unit Syariah.
Presiden Direktur AXA Mandiri, Handojo G. Kusuma mengatakan, saat ini tingkat literasi dan prefensi masyarakat terhadap produk dan layanan keuangan syariah menjadi salah satu isu strategis dalam Roadmap IKNB Syariah Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dari fakta tersebut, AXA Mandiri unit syariah berkomitmen untuk berperan aktif mendukung pengembangan pasar asuransi jiwa syariah di Indonesia, salah satunya di wilayah Surabaya dan Jawa Timur dengan menghadirkan produk yang inovatif dan amanah.
“Dalam momentum bulan penuh kebaikan ini, AXA Mandiri unit Syariah bersyukur dapat menghadirkan produk Asuransi Jiwa Syariah dengan fitur Wakaf untuk melengkapi kesempurnaan ibadah nasabah,” jelas Handojo.
ADVERTISEMENT
Solusi Perlindungan dengan alokasi dana untuk WAKAF merupakan fitur yang sesuai dengan Fatwa Dewan Syariah Nasional MUI No.106/DSN-MUI/X/2016 tentang Wakaf Manfaat Asuransi dan Manfaat Investasi pada Asuransi Jiwa Syariah, yang mengatur ketentuan wakaf pada Asuransi Jiwa Syariah bagi masyarakat. Menurut Badan Wakaf Indonesia dalam Indonesia Wakaf Summit 2019 mencatat potensi aset wakaf per tahun mencapai Rp 2.000 triliun dengan luas tanah wakaf mencapai 420 ribu hektar. Terkait potensi wakaf berupa uang tunai, mencapai kisaran Rp 188 triliun per tahun.
Handojo menyampaikan, kehadiran fitur Wakaf selain merupakan wujud nyata komitmen AXA Mandiri Unit Syariah dalam membantu nasabah yang ingin menjalankan ibadah amal jariyah.
 Menurut hasil survei Indeks Literasi dan Inklusi Keuangan Syariah yang dilakukan oleh OJK pada 2016 menunjukkan, Indeks Literasi Keuangan Syariah di Jawa Timur tercatat sebesar 29,35 persen atau tertinggi di seluruh Indonesia, mengalahkan Provinsi Aceh yang hanya sebesar 21,09 persen.
ADVERTISEMENT
“Pemahaman keuangan syariah masyarakat di Jawa Timur menunjukkan potensi yang sangat besar untuk terus dikembangkan. Oleh karena itu AXA Mandiri siap hadir salah satunya melalui fitur wakaf dalam berasuransi untuk memenuhi kebutuhan proteksi, serta kemudahan beribadah bagi masyarakat Jawa Timur. Ditambah lagi dari kondisi demografis Jawa Timur yang mayoritas muslim,” tutur Handojo.
Chief of Sharia AXA Mandiri, Srikandi Utami menjelaskan, solusi perlindungan dengan alokasi dana untuk WAKAF memiliki tiga kelebihan utama yakni memberikan manfaat asuransi yang menyeluruh, memaksimalkan perencanaan keuangan yang tepat untuk memastikan manfaat perlindungan bagi keluarga/ahli waris di masa depan, serta menyediakan fitur wakaf secara sistematis untuk membantu sesama sesuai dengan prinsip syariah. AXA Mandiri unit Syariah didukung oleh lembaga wakaf yang terpercaya di Indonesia yakni Dompet Dhuafa dan Mandiri Amal Insani untuk mengelola dan menyalurkan dana wakaf para nasabah dan menghibahkan sebagian manfaatnya untuk kesejahteraan umat, khususnya dalam inisiatif pembangunan Masjid, Rumah Sakit serta tempat pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang kurang mampu.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan