Konten Media Partner

1614 Ilmuawan Muda Ikuti Pimnas ke-32 di Universitas Udayana

5 Agustus 2019 17:18 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Konferensi Pers Pimnas ke-32 di Universitas Udayana (kanalbali/GAN)
zoom-in-whitePerbesar
Konferensi Pers Pimnas ke-32 di Universitas Udayana (kanalbali/GAN)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
BADUNG, kanalbali.com --- Sebanyak 1614 Ilmuwan muda ambil bagian dalam ajang bergengsi Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-32 yang berlangsung di Bali 27-31 Agustus 2019, tepatnya di Universitas Udayana.
ADVERTISEMENT
"Persiapan sudah 90 persen, akomodasi dan hal lainnya berkaitan acara sudah siap, termasuk memfasilitasi para peserta dengan disabilitas,"ungkap Prof. Dr. dr. A.A. Raka Sudewi, Sp.S (K) Rektor Universitas Udayana. Senin (5/8).
Lebih lanjut disampaikan, sebanyak 1614 peserta itu berasal dari 126 perguruan tingfi diseluruh Indonesia yang berada dibawah naungan Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenrstekdikti). Mereka akan mempresentasikan sebanyak 460 judul karya ilmiah dan melibatkan sebanyak 71 juri.
Mengambil tema "Mewujudkan Mahasiswa Indonesia yang Kreatif, Inovatif, Unggul dan Mandiri Berlandaskan Budaya Nasional dalam Bingkai Kebhinekaan", Prof. Raka Sadewi mengharapkan mampu menciptakan sumber daya manusia yang unggul disegela bidang. "Tidak hanya di hard skill saja tapi juga aspek lainnya,"ujarnya.
Ia juga merasa bangga, Bali dipilih menjadi tuan rumah penyelenggaraan PIMNAS 2019. Agenda utama PIMNAS sendiri adalah presentasi Progran Kreativitas Mahasiswa (PKM) lima bidang, PKM Gagasan tertulis (PKM-GT), PKM Gagasan Futuristik Konstruktif (PKM-GFK) serta Lomba Poster dan Gelar Produk PKM.
ADVERTISEMENT
Tidak hanya itu, dalam kegiatan ini juga akan diisi dengan agenda ilmiah penunjang seperti Studium General, Sarasehan Pimpinan Perguruan Tinggi Bidang Kemahasiswaan, Lomba PIMNAS Non-PKM, SMA goes to Casmpus dan lainnya. "Ini merupakan program Direktorat Jendral Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi di bidang penalaran dan kreativitas mahasiswa,"sambungnya.
Disisi lain, Ainun Na'im selaku Sekretaris Jendral (Sekjen) Kemenristekdikti menyampaikan diselenggarakannya PIMNAS sebagai tujuan untuk menciptakan iklim ilmiah di kalangan mahasiswa, sehingga tercipta mashasiswa Indonesia yang kreatif, unggul, mandiri yang berlandaskan budaya nasional dalam bingkai kebhinekaan.
"Kami harap dengan adanya event ini, bisa menciptakan SDM berkuwalitas,"katanya. Dalam kesempatan itu juga diisi dengan launching website resmi PIMNAS yakni www.pimnas32.unud.ac.id. (kanalbali/GAN)
ADVERTISEMENT
ASA Coffee & Resto, Jl Cok Tresna 49, Denpasar. Dimana rasa bertemu logika. Klik Videonya. Baca infonya di https://bit.ly/2LXQsWG (ADV-2)