News30 Oktober 2018 13:07

Indahnya Seni Keramik Saat Ekspresikan Terumbu Karang

Konten Redaksi Kanal Bali
Indahnya Seni Keramik Saat  Ekspresikan Terumbu Karang (34550)
DUTA Besar AS Jason R Donovan saat mengunjungi instalasi seni keramik di Pusat Konservasi Laut Coral Triangle Center (CTC) di Sanur, Denpasar, Selasa, 30/10
ADVERTISEMENT
DENPASAR, kanalbali.com -- Sebuah instalasi seni keramik yang mengekspresikan keindahan terumbu karang kini dipajang Pusat Konservasi Laut Coral Triangle Center (CTC) di Sanur, Denpasar.
Instalasi berukuran 18 x 2,5 meter itu merupakan hasil kolaborasi dari seniman Amerika Courtney Mattison bersama sejumlah seniman Indonesia serta sekitar 300 relawan. "Ini adalah kerjasama yang luar biasa dan kami saling belajar dalam proses pengerjaannya," kata Courtney, Selasa, 30/10.
Karya seni ini terdiri dari 2,000 keping keramik yang satu persatu dibentuk secara manual dengan dukungan Balai Teknologi Industri Kreatif Keramik dan Jenggala Keramik. Courtney berharap, karya ini akan menggugah kepedulian berbagai pihak karena kondisi terumbu karang saat ini terancam oleh kenaikan suhu air laut.
ADVERTISEMENT
Indahnya Seni Keramik Saat  Ekspresikan Terumbu Karang (34551)
Instalasi ini sekaligus didedikasikan untuk kawasan Coral Triangle sebagai daerah kawasan laut dunia yang paling kaya keanekaragaman hayatinya. Kawasan ini meliputi Indonesia, Malaysia, Papua Nugini, Filipina, Solomon Island dan Timor Leste.
Desainnya berupa lingkaran-lingkaran dengan aneka bentuk terumbu karang dalam berbagai warna yang terhubung satu dengan lainnya. Setiap lingkaran merupakan pusat kehidupan hayati dimana Coral Triangle merupakan rumah bagi 76 % spesies terumbu karang, dan habitat bagi 37 % ikan karang dunia.
Duta Besar Amerika Serikat (AS) Jason R Donovan yang mengunjungi karya ini menyatakan kekagumannya dan berharap karya itu bisa menjadi sarana pendidikan bagi banyak orang. Sebelumnya, karya Courtney Mattison juga sudah menghiasi kantor Kedutaan Besar AS di Jakarta. (kanalbali/RFH)
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white