kumparan
25 Agu 2019 15:07 WIB

Koster Hentikan Reklamasi di Area Pelabuhan Benoa oleh Pelindo

Gubernur Bali Wayan Koster saat menunjukkan surat permintaan penghentian reklamasi (kanalbali/KAD)
DENPASAR, kanalbali - Langkah berani dilakukan Gubernur Bali Wayan Koster yang meminta PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III untuk segera menghentikan reklamasi di areal seluas 85 hektar di sekeliling Pelabuhan Benoa, Bali.
ADVERTISEMENT
"Harus secapatnya juga dilakukan pemulihan terhadap kerusakan lingkungan dan ekosistem mangrove,"kata Koster saat menggelar konferensi pers di Rumah Jabatan Gubernur Bali Jayasabha, Minggu (25/8).
Lebih keras lagi, bila permintaan itu tak diperhatikan, Koster mengancam akan melaporkannya ke pihak kepolisian. "Kendati di Pelabuhan Benoa Bali, ada proyek pengembangan dan itu proyek nasional. Namun jika merusak lingkungan kami tidak akan memberikan toleransi," katanya.
"Itu dampaknya kayak begitu, 17 hektare, udah banyak (ekosistem rusak). Dan lihat sendiri kalau lewat sana para masyarakat atau penumpang yang menuju Bandara Ngurah Rai yang lewat sana itu marah," ungkapnya.
Saat ditanya oleh awak media, kenapa baru saat ini mengentikan meminta proyek reklamasi. Koster juga menegaskan bahwa proyek tersebut bukan dirinya saat jadi Gubernur Bali. Namun Gubernur sebelumnya. "Karena dari dulu ini barangnya (Reklamasi) dan bikinnya sebelum saya," jelas Koster.
ADVERTISEMENT
Koster juga menjelaskan, jika ada proyek apapun yang merusak alam di Bali, Koster meminta untuk dikaji ulang agar tidak merusak alam Bali. Selain itu, dengan penghentian proyek reklamasi tersebut ia juga belum mengetahui berapa nilai kerugiannya.
"Kalau bertentangan tidak, kalau merusak alam, iya tidak cocok. (Kerugian) belum dihitung. Pokoknya pemandangan (Kawasan Benoa) jadi jelek saja. Kalau pariwisata ditempat lain, tidak boleh merusak lingkungan," tegasnya.(kanalbali/KAD/KR13)
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·