Satgas Pantai Kuta Mulai Siaga Tangani Sampah Kiriman

Konten Media Partner
13 Oktober 2022 7:53 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi ' sampah kiriman - dok DLHK
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi ' sampah kiriman - dok DLHK
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
KUTA, Kanalbali.com - Fenomema sampah kiriman terjadi hampir setiap tahun di Pantai Kuta. Selain akibat tingginya hujan, arah angin dari barat juga menjadi penyebabnya.
ADVERTISEMENT
"Dari kemarin sudah ada sampah kiriman itu, cuma biasanya puncak kirimannya ada di akhir bulan November," tutur Ketua Satgas Pantai Kuta, I Wayan Sirna, Rabu, (12/10/2022).
Jika melihat dari tahun-tahun sebelumnya, puncak fenomena sampah kiriman ini terjadi pada akhir November, dan akan berlangsung hingga pertengahan bulan Mei. Adapun jenis dari sampah tersebut dominan berupa ranting pohon, sampah plastik, dan sampah daun-daunan.
"Untuk mengatasi permasalahan ini, biasanya kami koordinasi dengan dinas terkait agar sampah bisa langsung dibersihkan. Karena per hari jumlah sampah bisa mencapai 8 truk sampai 10 truk pengangkut," jelasnya.
Meski mendapatkan kiriman sampah dari berbagai lokasi, Sirna mengungkapkan bahwa Pantai Kuta selalu ramai dikunjungi wisatawan. Bahkan berdasarkan pemantauannya, beberapa wisatawan tetap melakukan aktivitas di air saat banyaknya sampah yang datang, seperti berselancar.
ADVERTISEMENT
"Tidak ada pengaruhnya sampah kiriman ini dengan jumlah kunjungan wisatawan, karena mereka sudah tahu tentang fenomena angin barat dan intensitas hujan di akhir tahun yang dapat membawa sampah ke pantai ini," jelasnya.
Selain Pantai Kuta, petugas dari DLHK Kota Denpasar juga mengungkapkan telah melakukan pembersihan sampah di Pantai Sanur pada Selasa, (11/10/2022). Hal ini menyusul adanya hujan dan angin kencang yang melanda Bali selama beberapa hari terakhir. (Kanalbali/LSU)