Terlibat Jaringan Kokain di Bali, 3 WNA dari 3 Negara Dicokok BNNP

Konten Media Partner
5 Agustus 2022 10:56
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Kepala BNN Bali menunjukkan barang bukti - Rob
zoom-in-whitePerbesar
Kepala BNN Bali menunjukkan barang bukti - Rob
ADVERTISEMENT
DENPASAR, Kanalbali.com -- Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Bali berhasil membongkar jaringan pengedar kokain di Bali yang berpusat di Canggu, Kuta. 3 WNA diduga terlibat dalam jaringan itu.
ADVERTISEMENT
Mereka adalah adalah CHR seorang Warga Ingris, WN Mexico berinisial JO serta seorang WN Brasil berinisial PED. Dari tangan mereka petugas berhasil menyita kokain seberat 900 gram beserta barang bukti narkoba jenis lain.
"Mereka dikenal dengan jaringan Kokain Canggu karena sering beroperasi di kawasan Wisata Canggu, Kita Utara, Bali," kata Kepala BNNP Bali I Gede Sugianyar dalam keterangan pers, Jumat (5/8).
Untuk tersangka CHR, dia ditangkap pada 21 Juli 2022 silam di villa tempatnya menginap di Villa yang beralamat di Jalan Yeh Tumbak Bayuh, Desa Pererenan, Mengwi, Badung, Bali. Dari tangan CHR petugas mengamankan heroin seberat 443,56 gram netto.
"Pada saat petugas masuk ke dalam villa tersebut, petugas menemukan seorang laki-laki warga Negara Inggris, dari tangannya disita 30 plastik klip yang didalamnya berisi bubuk berwarna putih yang diduga mengandung Kokain," ujarnya.
Tiga WNA yang dicokok BNNP Bali - IST
zoom-in-whitePerbesar
Tiga WNA yang dicokok BNNP Bali - IST
Selanjutnya pada hari yang sama di 21 Juli 2022 petugas bergerak ke sebuah rumah di Banjar Pelambingan, Desa Tibubeneng, Kuta Utara. Di tempat ini petugas mengamankan tersangka PED.
ADVERTISEMENT
Sehari-hari PED diketahui bekerja sebagai koki di salah satu restoran di sekitar wilayah Tibubeneng. Dari tangan PED petugas mengamankan barsng bukti berupa Kokain seberat 194,81 gram netto , hasis seberat 9,26 gram netto serta Ganja seberat 1,52 gram netto.
Tidak berhenti sampai di sana, petugas lalu menelusuri sumber barang haram tersebut. Hingga pada Jumat, 22 Juli 2022 sehari setelah penangkapan terhadap CHR dan PED, petugas BNNP mendatangi sebuah villa yang beralamat di Jalan Pura Warung, Banjar. Babakan, Desa Canggu. Di sini petugas berhasil mengamankan seorang bandar JO.
"Saat masuk ke dalam villa petugas mengamankan seorang warga negara Mexico JO. Dari hasil penggeledahan juga ditemukan barang bukti narkotika," ucap Sugianyar.
Dari operasi terhadap tiga WNA ini petugas berhasil menyita barang bukti berupa kokain 844,59 gram netto, Ganja 5.950,10 gram netto, MDMA 36,40 gram netto, hasish 9,26 gram netto serta Shabu seberat 0,41 gram netto. Terhadap ketiganya dikenakan Pasal 114 ayat (2) atau Pasal 112 Ayat (2) UU. RI N Narkotika, dengan ancaman hukuman penjara minimal 5 tahun maksimal hukuman mati.
ADVERTISEMENT
"Dengan berhasil diungkapnya kasus ini mampu menyelamatkan sekitar 10 ribu pengguna," ungkap Sugianyar. (KanalBali/ROB)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·