Pencarian populer

3 Tempat Wisata Alam Tersembunyi di Surabaya

Sebagai kota kedua terbesar di Indonesia setelah Jakarta, Surabaya menyimpan banyak tempat-tempat wisata unik yang belum semuanya terekspos. Banyak orang yang merasa telah sepenuhnya menjelajahi Surabaya, ketika sudah pernah mengunjungi tempat-tempat seperti Museum Kapal Selam, Surabaya Night Carnival, dan tempat hiburan lainnya yang sangat identik dengan Kota Pahlawan ini.
ADVERTISEMENT
Tapi tahukah kamu bahwa di Surabaya juga ada beberapa tempat wisata yang tidak terlalu populer, namun sangat patut untuk dikunjungi?
Tidak semua tempat wisata di Surabaya itu bersejarah atau hiburan, banyak juga yang berada di alam. Bila berkunjung ke Surabaya, sempatkan juga mengunjungi 3 tempat wisata di bawah ini, khususnya bila anda mencari tempat hiburan yang jauh dari kebisingan.

1. Hutan Bambu

Hutan Bambu Keputih | Photo by @inijawatimur via Instagram
Sebelum menjadi Hutan Bambu, area seluas 8,5 hektare yang yang terletak di daerah Sukolilo, Keputih ini, dulunya merupakan tempat pembuangan akhir sampah-sampah di Surabaya. Area ini mulai diubah dan direvitalisasi oleh Pemerintah Kota Surabaya dibawah era kepemimpinan Tri Rismaharini.
Kini, area tersebut telah beralih fungsi sebagai tempat wisata sekaligus taman. Bagi yang ingin mengunjungi, disarankan untuk pergi tidak pada saat musim hujan karena keindahannya baru terlihat di saat cuaca terik. Saat itu kamu dapat menyaksikan daun-daun yang menguning jatuh berguguran, menciptakan kesan indah bak hutan-hutan di Eropa saat musim gugur.
ADVERTISEMENT
Jangan takut kebosanan apabila berkunjung ke sini. Karena di area ini tidak hanya ada tanaman bambu, namun juga ada kebun bunga yang tidak kalah indahnya.
Perlu diingat, karena daerah ini masih baru dan alami, tidak banyak fasilitas yang tersedia di lokasi ini. Jadi jangan berharap adanya kafe atau restoran, ya.
Pastikan untuk membawa bekal sendiri dan berangkat dalam keadaan perut terisi. Tempat wisata ini juga ramah di kantong karena untuk masuk ke Hutan Bambu, tidak dipungut biaya. Selain itu, lokasi Hutan Bambu ini cocok bagi kamu yang mencari pemandangan untuk dijadikan latar pemotretan atau swafoto.
Alamat: Jl. Keputih Tegal Timur II No.249 Keputih, Sukolilo, Kota Surabaya Jam Buka: Senin – Minggu, Pukul 06.00 – 18.00
ADVERTISEMENT

2. Wisata Mangrove

Hutan Mangrove Surabaya | Photo by @nananonu10 via Instagram
Jika mencari tempat wisata di Surabaya yang kental dengan suasana alam namun juga dikelilingi oleh tempat-tempat untuk makan dan bersantai, Wisata Mangrove Wonorejo bisa jadi tempat yang sesuai. Nama lain dari tempat wisata yang berlokasi di kawasan Wonorejo ini adalah Ekowisata Mangrove Wonorejo.
Lokasinya yang jauh dari kebisingan dan hiruk-pikuk kota cocok dipilih sebagai destinasi untuk melepas penat bagi para pengunjung yang suka traveling di alam terbuka tanpa harus mengorbankan waktu dan tenaga untuk jauh-jauh berlibur di luar Surabaya.
Pemerintah Kota Surabaya terus mengembangkan kawasan yang merupakan salah satu hutan Mangrove terbesar di Jawa Timur itu. Area yang awalnya tidak begitu mendapat perhatian dari pemerintah itu, kini berhasil dikembangkan sedemikian rupa. Hingga saat ini, terdapat area peristirahatan dan makan, broadwalk trail, dan juga kayak atau perahu motor yang bisa dinikmati melalui persewaan.
ADVERTISEMENT
Wisata Mangrove Wonorejo merupakan salah satu dari serangkaian proyek pembangunan Wisata Mangrove oleh pemerintah. Tiga lokasi lainnya berada di Keputih, Gunung Anyar, dan Medoan Ayu.
Alamat: Jalan Raya Wonorejo no. 1, Kecamatan Rungkut, Kota Surabaya. Jam Buka: Senin – Jumat, Pk. 08:00 – 18:00

3. Kebun Bibit Wonorejo

Kebun Bibit Wonorejo | Photo by @toystoya via Instagram
Salah satu tempat wisata yang jarang diketahui masyarakat meskipun sebenarnya sudah cukup lama ada ialah Kebun Bibit Wonorejo. Tempat yang berlokasi di Jalan Kendalsari Wonorejo, Rungkut ini, awalnya merupakan tempat pengembangbiakan bibit-bibit tumbuhan yang nantinya akan digunakan untuk penghijauan kota.
Tak heran jika daya tarik utama dari tempat rekreasi ini adalah kawasan teduh yang dikelilingi pepohonan rindang dan wisata edukasi mengenai tumbuhan. Pengunjung bisa bersantai atau duduk menikmati pemandangan di area sekitar danau yang terletak di tengah taman, berolahraga lari menyusuri jogging track, atau sekadar menghabiskan waktu menyusuri pepohonan rimbun sembari belajar tentang asal-usul dan kegunaan tanaman-tanaman yang ada di area itu.
ADVERTISEMENT
Apabila ingin beristirahat sesudah menjelajah area seluas 5,9 hektare ini, pengunjung bisa menuju ke area tempat makan yang ada. Fasilitas di tempat yang dulunya tidak dibuka untuk publik ini semakin lengkap dengan adanya toilet, tempat bermain anak, lapangan parkir yang luas, dan juga area khusus pengunjung yang bisa digunakan untuk kegiatan berolahraga seperti senam, bersepeda, dan lain lain.
Alamat: Jl. Raya Kendalsari Blok RK No.70, Wonorejo, Kota Surabaya Buka Pukul: Senin – Jumat, Pk. 08:00 – 18:00
Gimana sobat entrepreneurs, apakah destinasi wisata di atas bisa jadi inspirasi kamu untuk memulai sebuah bisnis?
#terusberkarja
Writer: Cintya Cayani
Editor: SEP
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.86