kumparan
search-gray
Tekno & Sains29 Juni 2020 11:33

5 Tips untuk Menemukan Hobi selama di Rumah Saja

Konten Redaksi Karja
image.png
Ilustrasi di rumah saja | Foto: Pexels/Artem Podrez
Selain bekerja dan belajar dari rumah saja di tengah pandemi COVID-19, kita jadi memiliki waktu yang sedikit lebih luang dibanding biasanya. Waktu tersebut pun bisa kita manfaatkan untuk banyak hal, mulai dari rehat sampai mencoba berbagai hobi baru.
ADVERTISEMENT
Tak jarang kita melihat teman-teman membagikan momen saat melakukan hobinya di media sosial. Mulai dari memasak, bermain alat musik, melukis, hingga berolahraga.
Namun, tidak semua orang mengetahui apa hobi mereka. Terlebih, di tengah pandemi ini aktivitas pun menjadi terbatas karena harus berkegiatan di rumah saja. Kita pun mungkin menjadi bingung untuk menentukan hobi apa yang sebenarnya dimiliki dan bisa dikembangkan.
Melansir dari Bustle, berikut adalah beberapa tips yang bisa kita coba untuk menemukan hobi yang mungkin masih terpendam. Yuk, dicek!
1. Coba hal yang disukai saat masih anak-anak
image.png
Ilustrasi hobi | Foto: Pexels/cottonbro
Untuk mengetahui hobi apa yang kita sukai saat dewasa mungkin sedikit sulit. Oleh karena itu, jika kita tidak tahu harus mulai dari mana, cobalah untuk memikirkan hal yang kita sukai saat masih kecil. Karena saat masih menjadi anak-anak, kebanyakan hal-hal yang kita lakukan adalah hal yang disukai. Maka kemungkinannya, kita masih memiliki minat yang sama saat dewasa.
ADVERTISEMENT
2. Coba berbagai hal
image.png
Ilustrasi melukis | Foto: Pexels/cottonbro
Ada beragam kegiatan yang bisa kita coba selama di rumah saja. Tapi jika kita merasa bingung menentukan pilihan, maka cobalah untuk melakukan banyak hal. Mulai dari melukis, bermain alat musik, memasak, olahraga, berkebun, hingga menulis. Dari sekian banyak kegiatan, lihatlah kegiatan mana yang paling menyenangkan dan membuat kita merasa bersemangat.
3. Pilihlah sesuatu yang bisa membuat lupa waktu
image.png
Ilustrasi membaca buku | Foto: Pexels/Min An
Jika kita tidak hanya ingin memanfaatkan hobi untuk mengisi waktu luang, coba pikirkan suatu kegiatan yang bisa membuat kita melupakan rasa stres dan khawatir. Tidak hanya itu, carilah sesuatu yang sesuai dengan minat dan hal yang disukai.
Ketika kita menemukan hobi yang sesuai dengan kepribadian dan minat, maka kita akan menemukan hal yang lebih dari sekadar untuk mengisi waktu luang. Hal ini juga dapat membantu meningkatkan kualitas hidup yang dimiliki.
ADVERTISEMENT
Elsie Larson, seorang blogger, menyarankan, “Bagi saya, berlari adalah hobi ‘me-time’ yang sempurna. Saya suka berlari sambil mendengarkan musik. Saya punya waktu untuk berpikir dan lupa masalah pekerjaan. Ketika saya selesai berlari, saya merasa seperti baru dan itu menjadi sumber motivasi yang sangat besar bagi saya.”
4. Pikirkan kembali hobi lama yang terlupakan
image.png
Ilustrasi bermain gitar | Foto: Pexels/Karolina Grabowska
Mungkin selama ini kita sudah memiliki hobi, hanya saja kita lupa karena kesibukan sehari-hari. Atau mungkin saja, hobi kita ada di dalam kegiatan sehari-hari yang kita lakukan. Namun karena terasa seperti rutinitas atau pekerjaan, kita pun tidak menyadarinya. Cobalah untuk melihat ke sekitar dan pikirkan apakah ada hobi yang mungkin kita abaikan.
5. Perhatikan barang-barang yang gemar dibeli
image.png
Ilustrasi menjahit | Foto: Pexels/cottonbro
Saat berbelanja, perhatikan barang-barang yang dibeli. Apakah ada hal tertentu yang tidak bisa tidak kita beli setiap berbelanja? Bisa jadi barang tersebut menjadi petunjuk untuk menemukan hobi.
ADVERTISEMENT
“Apakah kalian selalu memeriksa tren mode terbaru? Pertimbangkan untuk merajut atau menjahit. Apakah kalian suka lilin beraroma? Mungkin kalian bisa membuatnya sendiri. Atau apakah dinding di rumah dihiasi dengan berbagai seni? Cobalah untuk melukis,” ucap Deborah, seorang blogger.
Menemukan hobi yang bisa dilakukan dan ditekuni di tengah pandemi mungkin menjadi tantangan tersendiri. Namun, cobalah untuk melihat ke dalam diri dan meluangkan waktu untuk memikirkannya, Sobat!
#terusberkarya
Karja, we share creative and up to date content (entrepreneurship, inspiration, and social issues) for Indonesia’s millennials. Support and follow us on kumparan (click here) and Instagram (click here).
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white